Digital Banking: Solusi Investasi Modern yang Mudah dan Efisien

2
269
Digital Banking

Pertumbuhan digital banking di Indonesia membawa dampak positif bagi kehidupan manusia. Salah satunya dalam bidang perbankan. Teknologi ini jadi solusi tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi tanpa perlu datang ke kantor bank, mengantre lama dan berdesakan dan menyita waktu Anda yang berharga.

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah teknologi ini, tenang saja, karena kami akan mengulas informasi seputar:

  • Pengertian bank digital
  • Keuntungan dan kekurangan layanan bank digital
  • Langkah berinvestasi dan nama-nama bank digital yang sudah eksis

Simak pembahasannya di sini.

Definisi Bank Digital

Bank digital adalah bank yang menjalankan kegiatan perbankan melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik. Kegiatan usaha bank digital ini berjalan melalui saluran elektronik secara daring

Bila sebelumnya Anda melakukan aktivitas transaksi perbankan melalui kantor bank atau cabangnya, kini Anda bisa melakukannya hanya melalui ponsel yang Anda miliki. Perkembangan teknologi ini menawarkan kemudahan, kecepatan dan efisiensi bagi penggunanya tanpa batas ruang dan waktu.

Keuntungan Menggunakan Digital Banking

Terdapat beberapa keuntungan memanfaatkan bank digital, yaitu:

1. Biaya Administrasi Sangat Terjangkau

Keuntungan pertama memanfaatkan bank digital itu potongan biaya administrasi sangat terjangkau. Bila sebelumnya Anda melakukan aktivitas perbankan, seperti

  • Transfer antar bank
  • Membayar tagihan lewat ATM

Anda harus datang ke teller bank atau ke ATM. Kini, Anda membayar biaya administrasi yang dibebankan pada rekening secara otomatis. Melalui bank digital, Anda berpeluang memperoleh biaya administrasi murah dan terjangkau.

Beberapa bank digital yang baru beroperasi menjalankan masa promosi nyaris bebas biaya administrasi. Memanfaatkan peluang ini akan menekan pengeluaran dari rekening Anda.

2. Memperoleh Pelayanan Finansial Inklusif

Memanfaatkan layanan bank konvensional, Anda perlu datang ke kantor, mengantre dan menyita banyak waktu Anda. Namun saat memanfaatkan pelayanan bank digital, Anda berpeluang memperoleh layanan maksimal. Walaupun Anda tinggal di desa sekalipun.

Nyaris tak ada beda antara nasabah yang tinggal di pedesaan atau perkotaan. Semua berpeluang memperoleh pelayanan yang sama.

3. Layanan Maksimal 24 Jam

Bank digital menyelenggarakan pelayanannya secara daring, tentu nasabah bisa memanfaatkan semua pelayanannya nyaris tanpa batas. Mereka bisa mengakses pelayanan bank ini 24 jam nonstop tanpa perlu mengantre. 

Layanan yang sebelumnya perlu datang ke kantor, ke ATM, kini bisa Anda lakukan hanya dari ponsel Anda. Misalnya saja, membayar tagihan, pembuka rekening, melakukan transfer dan menghubungi customer service bank tersebut.

Baca juga: Akseleran Selalu Memberikan Peace of Mind Kepada Seluruh Penggunanya

4. Kecepatan Dan Kemudahan Transaksi

Memanfaatkan layanan digital bank, Anda tak perlu datang ke kantor bank dan lama mengantre. Anda cukup melakukan transaksi dari ponsel Anda dari rumah.

Kekurangan Digital Banking

Sebagai sebuah layanan terbaru, tentu bank digital memiliki kekurangan dan kelemahan yang melekat. Di antaranya, yaitu:

1. Butuh Koneksi Internet Stabil

Sebagai layanan berbasis daring, bank digital sangat butuh koneksi internet yang kuat dan stabil. Internet yang lambat, koneksi kurang stabil, daerah terpencil berpotensi mengganggu aktivitas perbankan yang Anda lakukan. Misalnya saja,  melakukan transfer, membayar tagihan dan aktivitas finansial yang lainnya.

2. Risiko Keamanan

Aktivitas finansial itu butuh keamanan  tingkat tinggi. Internet menjadi salah satu ladang  bagi cyber Crime, hacking dan scam untuk melancarkan aksi kejahatannya. Anda perlu waspada, bagaimana tetap bisa bertransaksi aman melalui digital.

Pihak perbankan telah melengkapi sistem keamanannya secara berlapis. Namun, seringkali para hacker  mencari dan menemukan celah dan memanipulasinya. Celah paling rentan itu ada pada user (pengguna). 

Misalnya saja dengan mengirimkan email scam. Saat pengguna mengklik link ini, hacker akan meretas akun Anda dan menjalankan aksi kejahatan.

Untuk meningkatkan keamanan rekening Anda, Anda bisa memaksimalkan dengan PIN (personal identification number) memasukkan sidik jari dan memanfaatkan OTP (one time password) untuk login ke rekening Anda secara aman.

3. Kurang Kontrol Terhadap Uang

Salah satu tujuan bertransaksi melalui ranah digital adalah kemudahan dan kecepatan bertransaksi. Namun sayang,  banyak user (pengguna) yang emosional untuk bertransaksi.  

Saat melihat ada penawaran diskon, buru-buru Anda membeli dan melakukan transfer tanpa berpikir panjang apakah barang itu Anda butuhkan atau tidak. Akibatnya, uang yang ada di rekening Anda cepat berkurang dan habis. Akibatnya, terjadi keborosan tanpa Anda sadari.

blog100

4. Layanan Digital Banking

Layanan perbankan digital memberikan banyak kemudahan. Layanan digital banking itu meliputi; internet banking, sms banking, mobile banking.

Dengan layanan digital banking ini, Anda bisa melakukan aktivitas transaksi perbankan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Melakukan pengecekan saldo
  • Transfer dana
  • Mutasi rekening
  • Pembayaran  tagihan (PLN, asuransi, leasing, kartu kredit)
  • Pembelian (isi ulang pulsa)

Langkah-Langkah Memulai Berinvestasi Di Bank Digital

Satu peluang yang perlu Anda maksimalkan adalah berinvestasi melalui bank digital. Investasi adalah salah satu kunci agar Anda memperoleh income yang akan mengantarkan Anda menjadi orang kaya. 

Berikut cara memulai berinvestasi di bank digital yang bisa Anda tempuh, yaitu:

1. Mindset Kaya

Hal utama yang harus Anda dalam diri Anda adalah mindset kaya. Orang kaya itu bukan orang yang punya uang banyak, namun orang kaya adalah orang yang mampu menyisihkan sebagian penghasilannya untuk investasi. 

Dalam investasi itu bukan berapa besar nominal yang bisa Anda sisihkan, namun seberapa besar komitmen Anda untuk menyisihkan dan menginvestasikannya. Anda memilih berinvestasi yang tepat, maka Anda akan cepat menjadi orang kaya melalui investasi.

2. Temukan Tujuan Investasi

Sebelum memulai berinvestasi, Anda perlu tahu mengapa Anda berinvestasi. Investasi itu bukan mengumpulkan uang, saat banyak akan Anda gunakan untuk membeli sesuatu yang Anda inginkan. Bila Anda mengerjakannya, sama saja Anda orang konsumtif. 

Investasi itu lebih pada mengumpulkan uang untuk meningkatkan nilai uang itu di masa yang akan datang.  Dalam investasi Anda akan memperoleh return. Return ini bisa  berupa  bunga, deviden.

3. Mempelajari Produk Investasi

Ada banyak jenis produk investasi yang ditawarkan oleh bank digital. Sebelum memulai berinvestasi, Anda perlu mempelajari satu-satu jenis investasi itu agar Anda bisa memilih investasi yang tepat.

4. Membuka Rekening Investasi

Anda telah menemukan mindset yang tepat, memiliki tujuan investasi yang jelas, maka Anda bisa segera memilih instrumen investasi yang Anda inginkan. Pastikan Anda memilih produk investasi yang tepat dari bank yang tepercaya.

5. Rutin Berinvestasi Setiap Bulan

Untuk memperoleh return yang besar dari investasi Anda perlu memiliki investasi yang besar. Investasi yang besar selalu dimulai dari konsistensi dalam berinvestasi, baik dalam jumlahnya. Setiap bulan Anda perlu mengalokasikan dana untuk menambah nilai investasi Anda. 

Pastikan Anda segera memotong gaji Anda untuk investasi Anda sebelum menggunakannya untuk keperluan yang lainnya. Investasi itu harus jadi prioritas awal sebelum pengeluaran

6. Konsisten dengan Tujuan Investasi

Anda perlu punya komitmen yang kuat untuk sukses berinvestasi. Investasi adalah jalan orang-orang kaya membangun kekayaannya. Konsisten dalam investasi itu Anda tidak mudah menarik investasi dan menggunakannya untuk konsumtif.

Bank Digital di Indonesia

Indonesia mengalami transformasi cepat dalam dunia digital, termasuk layanan perbankan. Terbukti muncul banyak bank digital di Indonesia. 

Berikut contoh bank digital yang eksis dan beroperasi di Indonesia, yaitu:

  • Bank Jago
  • Jenius Bank
  • Digibank DBS
  • Livin by Mandiri
  • Neo Bank
  • Pemata ME
  • Sea Bank by SEA Group
  • MNC Bank
  • Blu by BCA
  • Allo bank

Daftar bank digital di Indonesia di atas berpeluang bertambah karena besarnya potensi pengguna (user). Salah satunya karena faktor wilayah, geografis dan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Kesimpulan

Digital banking bisa jadi solusi tepat untuk meningkatkan kesadaran Anda dalam bidang investasi. Investasi jadi salah satu faktor penting pertumbuhan ekonomi. Semakin cepat Anda berinvestasi, maka semakin besar potensi return yang Anda peroleh dan daya beli Anda akan meningkat. 

Bagaimana, Anda siap berinvestasi di era digital ini dengan mudah hanya lewat genggaman ponsel Anda?

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.