Apa itu Diderot Effect?

2
1275
Apa itu Diderot Effect?

Kalau kamu merasa sering membeli barang- barang yang ternyata tidak kamu butuhkan, mungkin kamu sedang mengalami Diderot Effect. Diderot effect adalah kondisi dimana seseorang terus membeli barang baru akibat dari kepemilikan terhadap barang baru. Sejatinya, banyak sekali contoh Diderot effect yang dekat dengan kejadian sehari-hari. Misalnya setelah membeli baju baru, kamu kemudian membeli sepatu, celana,  ataupun jam tangan yang baru pula agar bisa matching dengan baju barumu. Atau misalnya ketika kamu membeli mobil baru, kamu kemudian membeli sound system, mengganti velg, lampu baru, agar mobil barumu jadi terlihat lebih keren.

Diderot effect ini sendiri muncul sejak abad ke-18 dari seorang filsuf asal Prancis yang bernama Denis Diderot. Sang filsuf awalnya hidup dalam kemiskinan. Pada suatu waktu, dia mendadak kaya karena perpustakaannya dibeli oleh Ratu Rusia dengan nilai yang cukup besar saat itu yaitu 1000 poundsterling. Ketika mendadak kaya itulah, Diderot mulai terkena Diderot effect. Suatu ketika dia mendapatkan sebuah mantel sutra yang indah dari kawannya. Dia mengagumi keindahan mantel itu. Hingga suatu saat ia merasa jika perabotan di apartemennya tak cocok jika disandingkan dengan mantel itu. Beberapa perabot baru yang punya harga mahal ia beli seperti meja, sofa, kursi, hingga wallpaper dinding demi menyerasikan dengan sebuah mantel.

Apa yang dilakukan Diderot itu sampai menguras habis hartanya. Bahkan ia sampai rela berhutang untuk mengikuti gaya hidupnya ini. Akhirnya Diderot pun kembali jatuh miskin hanya karena ingin menyesuaikan penampilan rumah dengan mantel mewahnya. Inilah mendasari lahirnya prinsip Diderot effect. Supaya tidak terjebak dalam Diderot Effect, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum membeli barang baru.

  • Pikir dulu sebelum beli, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu memang membutuhkannya atau tidak?
  • Prediksi potensi biaya tambahan sebelum kamu membeli barang baru. Biaya tambahan juga harus sudah kamu siapkan di awal, ya!
  • Jangan membeli barang hanya karena gengsi. Belilah karena memang dibutuhkan.

Supaya keuanganmu tetap aman, hati-hati dengan Diderot effect ini, ya! Pikirkan kembali apakah barang baru yang mau kamu beli memang benar-benar kamu butuhkan atau tidak.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

2 COMMENTS

Comments are closed.