10 Denah dan Desain Rumah Minimalis 2022

0
175
Desain Rumah Minimalis

Rumah dengan konsep minimalis semakin digandrungi akhir-akhir ini. Sebab, desain tersebut lebih mengedepankan fungsi dan efisiensi dari sebuah rumah. Apalagi dengan ukuran tanah yang sangat terbatas. Namun, rancangan minimalis tidak hanya berfokus pada bagian luar rumah, tetapi juga interiornya, pemilihan warna cat, furniture yang dipilih, hingga pencahayaan. Nah, bagi Anda yang berencana membangun rumah bergaya minimalis, beberapa desain rumah minimalis berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi: 

Rumah Minimalis 1 Lantai

Inspirasi pertama bisa Anda lihat pada banyak hunian masa kini dengan dua kamar, sebuah kamar mandi, dapur dan teras serta carport. Biasanya, area depan digunakan untuk area ruang tamu, ruang keluarga, dan area dapur. Sisa lahan di bagian belakang bisa Anda gunakan untuk area cuci, menjemur, atau taman kecil. 

Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah minimalis dua lantai memungkinkan Anda untuk memiliki banyak ruangan dan bisa membagi area dengan lebih nyaman. Misalnya, lantai dasar untuk ruang tamu, dapur, dan kamar mandi untuk tamu. Lalu, lantai atas bisa Anda maksimalkan untuk aktivitas keluarga, seperti area baca, bermain anak, bersantai, kamar tidur, dan kamar mandi tambahan. 

Rumah Minimalis dengan 3 Kamar Tidur

Jika memiliki lahan yang cukup luas untuk rumah, Anda bisa memaksimalkannya untuk menambah sebuah kamar tidur ekstra. Memang benar, ukuran kamar bisa jadi tidak terlalu luas seperti halnya rumah dengan dua kamar tidur. Meski begitu, Anda tetap dapat membuat ruangan tersebut menjadi lebih nyaman dan terkesan luas dengan memilih furniture dan melakukan penataan yang tepat. 

Rumah Minimalis Type 36

Rumah type 36 memang menjadi tipe yang pas untuk pasangan yang baru menikah maupun keluarga yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Sebab, ukuran rumah ini bisa dibilang tidak besar, tetapi juga tidak terlalu kecil dan tetap bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Area ruangan juga tidak jauh berbeda, yaitu memiliki satu ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur. 

Rumah Minimalis Type 72

Sementara untuk Anda yang memiliki banyak anggota keluarga, desain rumah minimalis type 72 bisa menjadi pilihan yang pas. Sebab, Anda bisa memaksimalkan lahan yang ada dengan membuat lebih dari dua kamar tidur, dua kamar mandi, area dapur yang nyaman, juga ruang tamu yang terpisah dengan ruang keluarga. Selain itu, Anda juga bisa membuat area bersantai di belakang dan teras atau taman kecil pada sisi depan hunian. 

Rumah Minimalis Natural

Konsep minimalis yang dipadukan dengan nuansa natural juga sedang banyak diminati. Kesan natural bisa ditunjukkan dengan memilih material bangunan yang memiliki unsur alam, seperti kayu atau batu alam. Namun, Anda juga bisa menerapkan nuansa natural pada furniture di dalam ruangan, pencahayaan dan sirkulasi udara dengan membuat jendela besar serta langit-langit rumah yang tinggi. 

Baca juga: Persiapkan DP Rumah Dengan Pendanaan di Akseleran

Rumah Minimalis Scandinavia

Desain minimalis modern bergaya Scandinavia identik dengan pemilihan warna netral dan mengutamakan efisiensi dan fungsi ruangan tanpa menghilangkan kesan estetika. Misalnya, warna pastel, coklat, atau putih dengan furniture sederhana yang memiliki tampilan warna serupa. Tidak hanya bagian luar, konsep Scandinavia juga bisa Anda tampilkan pada area ruang tamu, dapur, dan kamar tidur. 

Rumah Minimalis ala Jepang

Kesan simpel dan natural dari desain rumah minimalis ala Jepang belakangan mulai banyak diterapkan di Indonesia. Pasalnya, hunian ala Jepang sangat menonjolkan nuansa alam, dengan pemilihan furniture di dalam ruangan juga sederhana tanpa melibatkan banyak aksen. Tak ketinggalan, warna cat yang digunakan juga tidak mencolok. 

Rumah Minimalis Industrial

Konsep desain rumah minimalis bergaya industrial biasanya mengarah pada rancangan yang seperti tidak selesai yang memang menjadi ciri khasnya. Misalnya, menampilkan beberapa bahan bangunan seperti besi maupun bata dengan dominasi warna hitam dan putih. Desain ini banyak diterapkan pada area dapur atau ruang keluarga. 

Rumah Minimalis Vintage

Desain rumah minimalis terakhir adalah mengusung gaya vintage yang kembali digandrungi oleh generasi milenial. Tampilan retro klasik yang sangat unik menjadi daya tarik utama pada konsep vintage. Selain itu, konsep ini bisa dikombinasikan dengan nuansa modern tanpa menghilangkan nuansa klasik yang dimilikinya. 

Demikian tadi beberapa inspirasi desain rumah minimalis untuk Anda. Kombinasikan desain rumah di atas untuk menghadirkan nuansa baru yang lebih fresh dan unik pada rumah impian. Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]