Apa itu Debitur? Istilah yang Sering Didengar dalam Dunia Finansial

1
25673
debitur adalah

Bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis maupun finansial tentu sudah mengenal banyak istilah di dalamnya. Tetapi, bagi beberapa orang yang baru dalam dunia finansial terutama mereka yang sering melakukan sebuah transaksi finansial namun tidak memahami istilah-istilahnya tentunya kadang kebingungan terkait istilah yang baru mereka dengar.

Untuk itu kita akan menjelaskan beberapa istilah dalam dunia finansial di bawah ini selengkapnya!

7 Istilah yang Paling Sering didengar dalam Dunia Finansial

Saat melakukan sebuah transaksi terutama melakukan proses pinjam-meminjam tentu kamus sering mendengar beberapa istilah. Tetapi, mungkin kamu sendiri tidak mengetahui arti dan maksud dari istilah tersebut. Padahal penting untuk kamu memahami serta mengetahui istilah tersebut agar proses pinjamn meminjam yang dilakukan berjalan dengan lancar sehingga risiko yang ada juga dapat dimengerti dengan baik.

Berikut beberapa istilah yang perlu kamu ketahui :

  • Kreditur

Kreditur merupakan pihak baik itu perorangan, perusahaan, organisasi atau pemerintah yang memiliki suatu tagihan kepada pihak lain (pihak kedua) atau singkatnya pihak yang memberikan kredit atau pinjaman kepada pihak lainnya.

  • Debitur

Debitur adalah pihak yang berhutang kepada pihak lain, biasanya dengan menerima sesuatu dari pihak lainnya (kreditur) yang dijanjikan oleh debitur untuk membayar kembali di waktu yang telah disepakati. Pemberian pinjamannya sendiri umumnya memerlukan sebuah jaminan atau agunan dari pihak debitur. Apabila seorang debitur gagal membayar pada tenggat waktu yang telah disepakati, maka akan ada suatu proses yang dapat melakukan penyitaan harta.

  • Kredit

Kredit juga bisa diartikan sebagai suatu dana yang didapatkan dari pihak pemberi pinjaman lalu dikembalikan secara berjangka beserta dengan bunga pinjaman yang telah disepakati di awal.

  • Limit Kredit

Limit kredit atau mudahnya batas kredit adalah suatan batasan dari jumlah maksimum kredit yang diberikan oleh kreditur kepada debitur. Kreditur merupakan pihak yang memberikan pinjaman atau kredit, kreditur bisa berupa lembaga penyedia pinjaman atau bank. 

  • Bunga Flat

Bunga flat merupakan suatu sistem penetapan bunga yang diberlakukan oleh institusi perbankan dan lembaga-lembaga pembiayaan yang dihitung berdasarkan pokok pinjaman awal. Dalam suku bunga jenis ini, porsi bunga angsuran akan tetap sama di setiap bulannya.

Baca juga: Nikmati Kemudahan Pinjaman Bunga Rendah di Akseleran!

  • Bunga Efektif

Sedangkan bunga efektif dihitung sesuai dengan pokok utang yang tersisa. Maka, porsi bunga dan pokok dalam angsuran tiap bulannya akan berbeda, meski besar angsuran per bulan akan tetap sama. 

Penggunaan sistem bunga efektif ini biasanya digunakan pada produk KPR atau kredit investasi. Nilai bunga yang dibayar debitur setiap bulannya akan semakin kecil. Hal tersebut karena bunga yang dibayar mengecil, sehingga angsuran per bulannya juga akan semakin menurun dari waktu ke waktu.

  • Bunga Fixed

Bunga fixed adalah sistem bunga yang fix dan tidak berubah selama beberapa periode. Contohnya bunga fix 10% selama 2 tahun, artinya dalam 2 tahun pertama bunga yang digunakan untuk perhitungan kredit adalah 10%. Setelah 2 tahun pertama tersebut maka perhitungan bunga yang digunakan adalah floating atau ini akan terus berubah-ubah selama periode kredit mengikuti acuan suku bunga Bank Indonesia.

Sekarang sedikit banyak sudah mulai mengetahui beberapa istilah-istilah dalam dunia finansial, bukan? Pastikan untuk memahami beberapa istilah di atas agar dapat mengoptimalkan rencana keuanganmu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.