Ini 3 Penyebab Mengapa Daya Beli Menurun

0
1435
Daya Beli Menurun

Ekonomi Indonesia sedang tidak baik-baik saja, terbukti dari menurunnya daya beli masyarakat. Isu ini menjadi sebuah topik yang hangat karena hal ini menjadi tulang punggung dalam perekonomian Indonesia. Apalagi Indonesia tidak bisa mengharapkan dari proses Export karena Pasar Global pun sedang lesu.

Pada akhir tahun 2019, pertumbuhan ekonomi ada di angka 5,02 %. Proyeksi perlambatan ini diperkuat dengan adanya peningkatan harga di barang, namun di barang lain harga malah menjadi stuck. Hal tersebut juga dibuktikan dengan menurunnya daya beli masyarakat Indonesia.

lalu apa saja sih penyebab dari daya beli yang menurun di Indonesia?

Penyebab Daya Beli Menurun di Indonesia

  • Terbatasnya Lapangan Pekerjaan

Efek dari terbatasnya lapangan pekerjaan adalah tingginya angka pengangguran yang pada akhirnya mengurangi tingkat kemakmuran. Semakin turunnya kesejahteraan masyarakat karena menganggur tentunya akan menurunkan keinginan seseorang dalam membeli barang.

  • Kenaikan Harga di Beberapa Komponen

Perekonomian adalah hal yang sensitif sehingga apabila ada hal kecil yang berjalan tidak semestinya akan membuat pengaruh yang besar kepada perekonomian. Masalah harga ini contohnya, jika seseorang yang biasa membeli barang A dengan harga 100,000 kemudian barang itu naik menjadi 120,000.

Sudah dipastikan banyak masyarakat memikirkan alternatif barang lain yang harganya tetap stabil. Nah, ketika hal ini terjadi tentunya barang alternatif itu yang menjadi fokus. Daya beli masyarakat menurun terhadap barang A akan tetapi meningkat pada barang B. Ini yang membuat kacau perekonomian Indonesia.

  • Inflasi

Inflasi merupakan proses naiknya harga secara terus menerus. Jadi, inflasi ini juga bisa dikatakan suatu proses turunnya nilai mata uang secara berkesinambungan. Inflasi menjadi suatu permasalahan yang cukup pelik yang dirasakan oleh berbagai macam negara. mengingat banyak faktor yang membuat inflasi ini terjadi, nah kamu harus tau nih beberapa faktor penyebab inflasi di indonesia seperti.

karena itu, Kenaikan harga secara terus menerus ini tentu dapat menyebabkan inflasi. Secara umum ada beberapa faktor penyebab inflasi Meningkatnya jumlah kebutuhan namun stok terbatas, Biaya produksi atau jasa mengalami kenaikan, Jumlah uang yang beredar di masyarakat cukup tinggi.

Baca juga: Contoh Inflasi Dalam Barang Konsumsi Sehari-Hari!

beberapa poin di atas adalah penyebab daya beli menurun di Indonesia. namun, untuk kembali meningkatkan daya beli tersebut, setidaknya pemerintah dapat melakukan beberapa hal seperti di bawah ini.

Cara Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

  • Meningkatkan Batas Penghasilan Tak Kena Pajak (PTKP)

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pernah memberikan saran agar pemerintah dapat meningkatkan batas PTKP. Dari batas PTKP di angka 4,5 juta rupiah meningkat menjadi 4,8 juta rupiah. Hal tersebut diharapkan masyarakat dapat menggunakan pendapatannya tersebut untuk meningkatkan daya belinya.

Di samping itu pemerintah juga akan menerima peningkatan dari jumlah pajak konsumsi masyarakat.

  • Program Pembangunan Infrastruktur Desa

salah satu upaya lainnya untuk meningkatkan daya beli menurun dari masyarakat ini adalah membangun beberapa infrastruktur desa-desa di Indonesia. Karena memang selama ini desa-desa yang berada di pelosok Indonesia memiliki keterbatasan akses maupun infrastruktur yang kurang memadai.

Mulai dari jalanan yang rusak, fasilitas umum yang minim hingga keterbatasan dalam mendapatkan pasokan yang timpang dibandingkan mereka yang berada di kota ini masih menjadi masalah utama mereka.

Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur yang merata hingga ke desa-desa juga diprediksi dapat mempengaruhi daya beli menurun menjadi meningkat.

  • Membuka Lapangan Kerja Baru

Terakhir adalah membuka lapangan pekerjaan yang baru. Jumlah pengangguran yang sedikit pada sebuah negara tentu membuktikan bahwa negara tersebut memiliki daya beli yang lebih baik dibandingkan negara yang memiliki tingkat pengangguran yang tinggi.

Keberadaan lapangan pekerjaan yang baru dapat mengurangi jumlah pengangguran sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Peningkatan pendapatan ini tentu akan memiliki dampak yang positif pada daya beli masyarakat secara keseluruhan.

Upaya meningkatkan daya beli masyarakat ini harus melibatkan seluruh kalangan masyarakat, pebisnis dan pemerintah. Beberapa hal di atas dapat diimplementasikan agar dapat mendukung pertumbuhan sektor ekonomi secara pesat di masa kini hingga masa mendatang.

Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Dengan bunga hingga 21% per tahun, kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]