Customer Value adalah: Definisi dan Jenisnya

1
148
Customer Value adalah: Definisi dan Jenisnya

Customer Value merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Customer Value merupakan salah satu aspek yang membuat bisnismu sukses karena mempertimbangkan manfaat yang akan diterima oleh konsumen secara menyeluruh, baik itu aset berwujud ataupun aset tak berwujud yang dikurangi dengan pengorbanan yang sudah dikeluarkan. Produk atau jasa yang memiliki nilai bagi konsumen tentu akan jauh lebih dilirik. Agar dapat menerapkan Customer Value, simak beberapa jenisnya berikut ini.

1. Functional Value

Ketika berbisnis, usahakan produk yang ditawarkan bisa mengatasi masalah pelanggan sehingga menjadi sebuah solusi.  Kemudian, pelanggan akan merasa butuh akan solusi tersebut sehingga akan membeli produkmu. Hal ini akan mendatangkan keuntungan kepada konsumen sekaligus penjual karena produknya sama-sama berguna.

2. Monetary Value

Perhatikan kesesuaian harga dengan kualitas produk yang ditawarkan. Konsumen akan rela membeli produk yang mahal jika memang kualitas produknya sesuai dengan yang diinginkan dan tidak sia-sia dalam mengeluarkan uang. Sebagai pebisnis, kamu harus bisa menghitung keseluruhan biaya produksi hingga keuntungan yang didapatkan agar sebanding. Jangan lupa untuk membandingkan harga jual dengan competitor yang menawarkan produk sejenis.

3. Social Value

Nilai yang satu ini menunjukan bagaimana produkmu mampu membuat konsumen merasa lebih spesial dan merasa mampu membantu sesama. Pada nilai ini biasanya konsumen tidak lagi memikirkan barang dan manfaat bagi diri sendiri tetapi memikirkan dampak bagi sesama. Kamu harus bisa mempromosikan produkmu dengan sangat baik dan mengedepankan dampak sosial bagi sesama.

4. Psychological Value

Yang terakhir adalah bagaimana produk mu bisa membuat para konsumen merasa lebih baik daripada sebelumnya. Dengan membeli produk mu, pelanggan merasa puas dan merasa lebih baik. Contohnya jika kamu menjual skincare, maka konsumen merasa lebih baik lagi dalam masalah kulitnya dan merasa lebih percaya diri.

Dengan memahami empat Customer Value dalam berbisnis, bisnis diharapkan berjalan dengan lebih mulus baik dari sisi pembeli dan penjual.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut