CRM adalah: Pengertian, Manfaat, Hingga Penerapannya

1
163
CRM Adalah

Saat membicarakan bisnis, Anda tentu mendengar banyak istilah asing, salah satunya adalah Customer Relationship Management atau CRM. Mudahnya, CRM adalah salah satu metode pendekatan yang berkaitan dengan hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Diharapkan, CRM dapat membuat komunikasi maupun pemasaran produk bisa lebih maksimal, sehingga perusahaan dapat memberikan nilai tambah secara kontinu kepada pelanggan. 

Pengertian CRM

Perusahaan menggunakan CRM sebagai salah satu cara bisnis yang bertujuan untuk memaksimalkan relasi antara perusahaan dan konsumen. Tak berbeda seperti cara lainnya, CRM dilakukan untuk membantu menaikkan pendapatan perusahaan, mengurangi biaya produksi dan kerugian yang mungkin terjadi. 

Ciri paling khas dari CRM adalah lebih mengutamakan relasi perusahaan dan konsumen. Sementara itu, penerapannya memadukan peran manusia dan teknologi. Manusia akan bertindak sebagai pihak yang berinteraksi dengan konsumen, sedang teknologi bertugas untuk menganalisis data pelanggan yang didapat. Perpaduan ini akan memberikan informasi yang sangat berguna untuk kelangsungan dan kelanjutan bisnis.

Manfaat CRM

CRM sebagai salah satu strategi bisnis sebenarnya punya banyak manfaat untuk perusahaan. Beberapa di antaranya yaitu:

Biaya Produksi Lebih Efisien

Adanya bantuan teknologi dalam implementasi CRM membuat bisnis Anda tidak lagi perlu menghabiskan biaya yang besar. Ini karena analisis data yang membuat Anda bisa langsung mengacu pada semua hal yang memang perlu diperbaiki atau bahkan dihilangkan. Tak hanya itu, perusahaan juga bisa meningkatkan kualitas pelayanan pada konsumen.

Meningkatkan Pemasukan

Rencana bisnis dibuat tentu dengan tujuan supaya perusahaan dapat menghasilkan keuntungan maksimal, tak terkecuali CRM. Implementasi CRM yang benar akan membantu menekan biaya operasional dan produksi, membuat proses produksi menjadi efisien, dan membantu mendongkrak loyalitas konsumen. Jika semua aspek tersebut berhasil dipenuhi, tentu pendapatan perusahaan akan mengalami peningkatan. 

Mendongkrak Loyalitas Konsumen

Manfaat lainnya dari penerapan CRM adalah memudahkan perusahaan mendapatkan banyak informasi calon konsumen, misalnya bagaimana kebiasaan konsumen saat berbelanja sampai berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang konsumen untuk berbelanja. 

Berbagai informasi tadi bisa dipakai oleh perusahaan untuk menentukan strategi yang lebih efektif dan efisien. Dengan begitu, konsumen juga semakin loyal dengan produk perusahaan. 

Baca juga: Apa Itu Loyalitas dan Bagaimana Cara Membentuknya

Penerapan CRM dalam Bisnis

Lantas, bagaimana penerapan CRM dalam bisnis sehingga perusahaan bisa mendapatkan manfaatnya? Berikut cara yang bisa Anda coba:

Menarik Minat Konsumen 

Langkah awal penerapan CRM adalah menarik minat konsumen potensial dalam perusahaan. Bukan tanpa alasan, konsumen adalah salah satu komponen paling berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis dalam waktu yang lama. 

Inilah mengapa, perusahaan perlu meyakini reputasi yang telah dibangun sedemikian rupa memang sudah tepat dari sisi pasar, dalam hal ini konsumen. Dengan demikian, perusahaan pun memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan calon pelanggan baru. 

Meningkatkan Nilai Pelanggan

Langkah berikutnya yaitu meningkatkan nilai pelanggan atau disebut dengan enhancing. Langkah ini dilakukan dengan up dan cross selling. Up selling sendiri merupakan strategi bisnis dalam mempromosikan produk serupa kepada calon konsumen yang punya nilai lebih tinggi. Tujuannya yaitu mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi. 

Sementara itu, cross selling adalah cara bisnis dalam menjual produk dengan menawarkan barang yang melengkapi produk inti. Memanfaatkan dua cara penjualan tersebut, diharapkan nilai konsumen akan perusahaan turut mengalami peningkatan. 

Mempertahankan Konsumen

Langkah terakhir dalam implementasi CRM adalah membuat konsumen tetap bertahan dan loyal pada perusahaan. Tak hanya menarik minat calon konsumen baru, perusahaan juga perlu memberikan perhatian pada konsumen yang sudah lama setia dengan produk perusahaan. Bagaimana caranya? Bisa dengan memberikan respons positif terhadap masukan, kritik, maupun keluhan yang dilayangkan. 

Perlu diingat bahwa selalu ada peluang untuk membuat bisnis lebih maju dan berkembang. Akan tetapi, Anda tidak bisa melakukannya sendiri dan membutuhkan banyak pihak. Salah satunya yang cukup krusial adalah pelanggan. Menggunakan metode CRM menjadi strategi yang tepat karena memungkinkan perusahaan mengetahui timbal balik konsumen. 

Alhasil, perusahaan dapat melakukan penilaian atau evaluasi bisnis dan menentukan rencana yang lebih baik untuk keberlangsungan bisnis pada masa mendatang. Dengan demikian, bisnis pun semakin berkembang. Demikian tadi ulasan mengenai pengertian, manfaat, dan penerapan CRM dalam bisnis. Semoga bisa membantu Anda mengelola usaha dengan lebih maksimal. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]