Coreldraw Adalah : Fungsi, Kegunaan, dan Harganya

0
97
Coreldraw Adalah

Ada banyak aplikasi desain grafis yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan. Coreldraw adalah salah satu di antaranya. Aplikasi ini sangat populer di kalangan para desainer grafis dan telah digunakan oleh lebih dari 90 juta pekerja kreatif dalam menciptakan berbagai hasil karya. 

Keunggulan CorelDraw

CorelDraw pertama kali dirilis oleh Corel Corporation pada 1989. Menurut Techwalla, CorelDraw adalah salah satu perangkat lunak pertama yang memiliki kemampuan desain grafis berbasis vektor berwarna pada perangkat komputer. Berbeda dengan pengolah grafik raster, CorelDraw memanfaatkan kombinasi titik, garis, dan kurva menjadi sebuah ilustrasi. 

Dengan cara kerja berbasis vektor grafis, CorelDraw bisa Anda pakai untuk merancang gambar desain dengan kualitas tinggi. Anda bisa dengan mudah mengatur skala titik, garis, atau kurva secara proporsional. Di waktu yang sama, Anda bisa pula menggunakan CorelDraw untuk membuat gambar dalam ukuran yang kecil.

Fungsi CorelDraw

Fungsi utama dari CorelDraw adalah membantu Anda dalam mendesain gambar dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kemudahan dalam mengatur skala gambar, membuat Anda bisa mencetak gambar secara detail dan akurat dalam berbagai ukuran. Ditambah lagi, Anda bisa menemukan fitur lengkap yang memberi keleluasaan dalam berkreasi. 

Kegunaan CorelDraw

Banyak kegunaan yang bisa Anda peroleh dari aplikasi CorelDraw. Kegunaan tersebut di antaranya adalah: 

1. Membuat Poster

Kegunaan CorelDraw yang paling sering Anda jumpai adalah memanfaatkannya sebagai sarana membuat poster. Cara pembuatan poster menggunakan CorelDraw tidak terlalu sulit. Apalagi, Anda bisa mengimpor gambar yang telah ada dan mengeditnya di CorelDraw. Selain itu, Anda bisa pula memilih untuk membuat poster mulai dari nol. 

Hal yang membuat proses pembuatan poster di CorelDraw sangat menarik adalah keleluasaan dalam membuat gambar. Anda bisa mengatur ukuran poster sesuai dengan tingkat kebutuhan. Selanjutnya, Anda hanya perlu berlatih sehingga mahir membuat gambar poster dalam berbagai bentuk di CorelDraw. 

2. Gambar Vektor

CorelDraw adalah aplikasi pengolah gambar vektor. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat gambar vektor. Kalau sudah mencapai tingkat keahlian tinggi, Anda bisa menciptakan gambar vektor yang menarik dan bahkan menawarkan layanan jasa menggambar. Bisnis seperti ini sangat menarik dan banyak dicari pelanggan, lho. 

Kegunaan selanjutnya dari aplikasi CorelDraw adalah memanfaatkannya dalam proses pembuatan logo. Banyak desainer grafis yang telah menghasilkan logo menarik dan unik menggunakan CorelDraw. Apalagi, CorelDraw memberi kesempatan bagi Anda untuk menciptakan desain vektor berkualitas. 

4. Konversi Gambar Bitmap

Bitmap merupakan format berkas grafis yang umum digunakan untuk penyimpanan file gambar. Berbeda dengan vektor, berkas gambar yang tercipta lewat kombinasi titik-titik kecil. Titik-titik tersebut bisa mempunyai warna yang berbeda dan kemudian membentuk sebuah pola tertentu. 

Berkas bitmap memiliki kemampuan untuk menyimpan informasi dalam resolusi tinggi. Hanya saja, ada keterbatasan terkait ukuran. Gambar bitmap yang diperbesar akan terlihat buram. Alhasil, gambar tidak lagi terlihat bagus. Sebagai solusi, Anda bisa melakukan konversi berkas bitmap ke format berkas lain. 

CorelDraw bisa Anda manfaatkan untuk melakukan proses konversi bitmap tersebut. Anda bisa menggunakannya untuk mengonversi file bitmap menjadi gambar vektor. Selanjutnya, Anda bisa memperoleh kreasi gambar yang bagus dari hasil konversi tersebut.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Pamflet dan Leaflet

5. Membuat Dokumen yang Profesional

CorelDraw memang dikenal sebagai aplikasi pengolah grafis. Namun, Anda bisa pula memanfaatkannya untuk membuat dokumen layaknya Microsoft Word. Dengan CorelDraw, Anda bisa membuat dokumen yang tertata rapi dan terlihat profesional. 

Menariknya lagi, CorelDraw mempunyai opsi format teks yang beragam. Bahkan, Anda dapat pula melakukan pengaturan yang lebih variatif saat mencetak dokumen. 

Harga CorelDraw

Dengan berbagai kegunaan tersebut, Anda dapat memanfaatkan CorelDraw untuk beragam keperluan. Selanjutnya, Anda bisa memilih versi CorelDraw yang dipakai. Corel menyediakan 3 opsi aplikasi CorelDraw yang bisa Anda gunakan, yaitu: 

1. CorelDraw Graphics Suite

Versi ini mempunyai fitur paling lengkap, disertai dengan fitur kolaborasi. Alhasil, Anda bisa berkreasi dalam menciptakan desain gambar secara lebih bebas. Ada 2 skema harga yang diberlakukan oleh Corel. Anda bisa memilih untuk membelinya secara langsung seharga US$859 (setara Rp12,4 juta) atau memakai skema langganan per bulan US$36,58 atau setara Rp500 ribuan dan langganan per tahun US$439 per tahun atau setara Rp6,3 jutaan.

2. CorelDraw Standard 2021

Corel menyediakan CorelDraw Standard 2021 untuk Anda yang punya hobi menggambar atau memiliki bisnis rumahan. Pemakaiannya sesuai untuk pembuatan brosur, ilustrasi website, flyer, dan semacamnya. Versi aplikasi ini bisa Anda peroleh dengan banderol US$419 atau setara Rp6 jutaan. 

3. CorelDraw Essentials 2021

Versi yang satu ini merupakan aplikasi CorelDraw paling murah, seharga US$155.00 atau setara Rp2,254 juta. Pemakaiannya cocok bagi Anda yang ingin belajar menggambar secara mudah dan menyenangkan. 

Dari berbagai opsi versi CorelDraw tersebut, Anda bisa menentukan pilihan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]