15 Contoh Usaha Kecil-Kecilan dengan Keuntungan yang Maksimal

1
2739
Contoh Usaha Kecil-Kecilan

Mendirikan sebuah bisnis memang bukan hal mudah, tapi bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Apalagi saat ini ada banyak sekali jenis usaha yang bisa dirintis dengan modal minimal.  Sebagai referensi, berikut 15 contoh usaha kecil-kecilan dengan potensi keuntungan maksimal.

15 Contoh Usaha Kecil-Kecilan

1. Bisnis Waralaba Minuman 

Modal untuk usaha semacam ini biasanya berkisar antara Rp5 – Rp20 juta dengan peluang keuntungan mencapai dua kali lipat. Selain lumayan diminati, franchise minuman seperti kopi, boba, susu, cokelat, dan teh juga tidak membutuhkan tempat luas. Kamu hanya perlu menyewa sepetak tempat di halaman mini market atau food court sebuah mal.

2. Loket Pulsa dan PPOB Online

Dengan modal sekitar Rp1 – Rp5 juta dan smartphone, kamu sudah bisa menjalankan usaha loket pulsa dan PPOB online di mana dan kapan saja selama ada jaringan internet memadai. Keuntungan yang didapat biasanya berasal dari biaya administrasi pembayaran yang besarannya bervariasi, sekitar Rp1000 – Rp3500 per transaksi. Jadi bisa dibayangkan bukan berapa besar potensinya?

3. Hampers dan Bouquet Gift

Keterbatasan jarak membuat bisnis hampers dan bouquet gift banyak dibutuhkan saat ulang tahun, lebaran, natal, atau tahun baru. Dengan modal sekitar Rp50.000 – Rp1.000.000 saja, kamu sudah bisa membangun bisnis dan berpeluang mendapatkan keuntungan maksimal

Selain modal uang, untuk membangun bisnis ini kita juga membutuhkan sejumlah ATK, kertas hias, dan barang yang dijadikan hampers atau gift. Tapi biasanya, modal barang tersebut telah terbantu dengan adanya DP dari pembeli. Jadi secara teknis, modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

4. Dropship Toko Online

Menjamurnya marketplace membuat setiap orang bisa mendirikan usaha tanpa harus memiliki toko. Nah, bagi kamu yang sedang mencari contoh usaha-kecil-kecilan tanpa modal tapi menguntungkan, menjadi dropshipper merupakan pilihan bijaksana. Kita hanya memerlukan paket data dan media sosial untuk menjalankan bisnis ini.

Untuk mengenalkan bisnis, kamu tinggal mengunggah sejumlah foto barang yang dijual di media sosial atau toko online. Jika ada pembeli, hubungi toko online yang menjadi distributor dan minta mereka untuk mengirimkan barang yang diinginkan konsumen.

Baca juga: Dropship dan Reseller, Mana yang Lebih Menguntungkan?

5. Usaha Catering Rumahan

Makanan termasuk salah satu hal yang sering dibutuhkan dan dicari. Sebagai referensi, kamu bisa membangun bisnis catering rumahan dengan modal sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000 setiap harinya. Selain lebih cepat balik modal, bisnis semacam ini juga memiliki potensi keuntungan maksimal.  Apalagi jika wilayah tempat tinggal dekat indekos atau perkantoran. 

6. Usaha Kue Kering atau Dessert Box

Sama dengan usaha catering, untuk membuka bisnis kue kering kamu tidak perlu toko atau tempat yang luas. Pemasarannya pun bisa dilakukan di media sosial atau marketplace. Dengan strategi dan kemasan tepat, bukan tidak mungkin bisnis dengan modal minimal ini bisa memancing keuntungan maksimal.

Untuk membuat usaha kue kering dibutuhkan dana sekitar Rp500.000 sampai Rp1.000.000. Biaya tersebut sudah termasuk alat dan bahan untuk membuat produk. Sedangkan estimasi keuntungannya bisa mencapai Rp1.000.000 sampai Rp5.000.000 tergantung strategi yang digunakan.

7. Usaha Frozen Food

Contoh usaha kecil-kecilan lain yang cukup menjanjikan adalah bisnis makanan beku atau frozen food. Belakangan, makanan beku jadi salah satu komoditas paling digemari. Untuk membuka usaha ini, dibutuhkan satu atau dua unit freezer sebagai tempat menyimpan stock dengan Total modal usaha sekitar Rp5 sampai Rp10 juta.

Sedangkan potensi keuntungannya bisa mencapai dua kali lipat modal dengan strategi penjualan yang tepat. Misalnya, memilih distributor yang sesuai dan memasarkannya melalui media sosial WhatsApp dan Instagram.

8. Craft atau Kerajinan Tangan

Apabila kamu termasuk orang kreatif dan rajin, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan keahlian ini dengan membuka bisnis craft atau kerajinan tangan. Dengan modal sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000, bisnis ini berpotensi memberikan keuntungan maksimal hingga dua kali lebih besar dari modal.

Agar usaha kita menarik, buatlah produk-produk unik seperti paket DIY gelas keramik lukis, kaos tie dye, atau masker lucu. Jadi meskipun produk yang dijual tidak terlalu dibutuhkan, orang akan tertarik untuk membeli.

9. Bisnis Photocard K-Pop Idol

Siapa yang tidak mengakui popularitas K-Pop di Indonesia? Untuk mendapatkan keuntungan dari fenomena ini, cobalah membuka usaha kecil-kecilan berupa jual beli photocard idol K-Pop. Dengan kemasan unik dan bonus menarik, bisnis ini cukup menjanjikan mengingat modalnya mulai dari Rp50.000 saja. Sebagai saran, kamu bisa menjual photocard idol yang sedang populer seperti BTS agar potensi keuntungan yang didapatkan semakin besar.

10. Jasa Penitipan Anak

Di kota besar seperti Jakarta, jasa penitipan anak banyak dibutuhkan. Salah satu contoh usaha kecil-kecilan ini memang tidak membutuhkan banyak modal. Kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp5 hingga Rp50 juta untuk membeli mainan dan beberapa perabot. 

Untuk tempat, kita bisa menyewa atau memanfaatkan ruang dan lahan kosong di rumah. Karena banyak dibutuhkan, peluang keuntungan bisnis ini termasuk menjanjikan. Apalagi jika kita memberlakukan biaya jasa penitipan sekitar Rp75 – Rp100 ribu perjam.

Baca juga: Sulit Cari Pinjaman Modal Usaha? Ini Caranya!

11. Jasa Penerjemahan

Bagi yang memiliki kemampuan berbahasa asing, bisnis jasa penerjemahan bisa menjadi salah satu referensi. Selain sering dibutuhkan, usaha semacam ini tidak membutuhkan banyak modal dengan potensi keuntungan menjanjikan. Untuk memasarkan bisnis, jangan ragu menggunakan media sosial dan marketplace agar jangkauan target pasar semakin luas.

12. Jasa Penulisan Artikel

Selain jasa penerjemahan, kamu juga bisa membuka bisnis jasa penulisan artikel apabila tidak memiliki banyak modal. Untuk mengembangkan usaha ini, kamu hanya membutuhkan kemampuan menulis yang baik, wawasan luar, laptop atau PC, serta jaringan internet memadai. Soal keuntungan, jangan khawatir. Dengan modal minimal, potensi keuntungan bisnis ini cukup menjanjikan.

13. Jasa MUA

Tidak memiliki bakan menulis dan menerjemahkan? Jangan khawatir, kamu bisa membuka bisnis berbasis keahlian lain seperti menjadi perias atau MUA. Modal bisnis ini biasanya berupa perlengkapan kosmetik dan kemampuan merias memadai. Jika berhasil, potensi keuntungan yang didapat bisa berkali lipat. Tidak menutup kemungkinan di bisnis bisa berkembang pesat menjadi salon atau griya kecantikan. 

14. Jasa Fotografer dan Videografer

Seperti halnya MUA, salah satu contoh usaha kecil-kecilan ini juga berbasis keahlian. Bedanya, kamu membutuhkan alat dan properti memadai untuk mengembangkan bisnis. Tapi mengingat keuntungan yang didapat cukup menjanjikan, bisnis dengan modal sekitar Rp10 hingga Rp20 juta ini layak dicoba.

15. Jasa Desain Grafis

Bisnis jasa lain yang cukup menjanjikan adalah desain grafis. Bermodal PC atau laptop dan aplikasi memadai, kamu bisa mengembangkan bisnis ini dan berpotensi mendapat keuntungan melimpah. Sebagai media promosi, jangan ragu untuk menggunakan media sosial dan marketplace.

Kesimpulan

Apapun bisnisnya, dibutuhkan tekad dan ketelatenan untuk membangun agar usaha kecil-kecilan bisa memberikan keuntungan berlimpah. Selain itu dibutuhkan pula inovasi dan kreativitas agar bisnis bisa bertahan lama. Demikian ulasan tentang 15 contoh usaha kecil-kecilan, semoga bermanfaat.

Apapun Usaha yang Dijalani Pastikan Untuk Memiliki Modal yang Memadai Sehingga Kreatifitasmu Untuk Mengembangkan Usaha Juga Jadi Lebih Optimal!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.