5 Contoh Teks Prosedur Sederhana Beserta Strukturnya

0
2667
Contoh Teks Prosedur

Teks prosedur merupakan jenis teks yang bisa Anda temukan di dalam kehidupan sehari-hari. Meski begitu, tidak semua orang menyadari bahwa teks yang dibaca merupakan teks prosedur. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui contoh teks prosedur agar Anda bisa mengenalinya.

Selain itu, mengetahui contoh dari jenis teks yang satu ini akan mempermudah Anda ketika membuatnya. Lalu, seperti apa sebenarnya teks prosedur itu serta struktur dalam membuatnya? Silakan simak jawabannya berikut ini.

Kenali Teks Prosedur

Meski biasa dijumpai di kehidupan sehari-hari, tidak semua orang mengetahui apa itu teks prosedur.

Singkatnya, teks prosedur merupakan jenis teks yang berisi tentang cara atau langkah-langkah dalam melakukan sesuatu. Oleh karena itu, tujuan dari teks ini adalah agar pembaca memahami cara dalam melakukan suatu hal.

Untuk mempermudah pembaca, teks prosedur akan berisi langkah-langkah sesuai urutan. Dengan begitu, pembaca dapat segera memahami hal-hal yang perlu mereka lakukan sesuai tahapannya.

Struktur Teks Prosedur

Anda akan lebih mudah membuat jenis teks ini ketika memahami contoh teks prosedur beserta strukturnya. Adapun struktur dari teks prosedur mencakup beberapa hal berikut ini:

1. Pembuka

Bagian awal teks prosedur biasanya berisi judul dan pembuka atau pengantar. Pada bagian pembuka ini, pembaca dapat memahami topik atau kegiatan yang akan dijelaskan. Selain itu, bagian pembuka biasanya juga menunjukkan manfaat dan tujuan penulisan teks prosedur tersebut.

2. Material

Pada kegiatan yang membutuhkan material atau bahan, biasanya akan diuraikan di dalam teks prosedur. Kebutuhan material atau bahan tersebut menggunakan takaran yang pas sehingga mempermudah pembaca dalam menyiapkannya.

Contoh pada kegiatan membuat kerajinan tangan. Maka material yang dibutuhkan serta ukuran dan jumlahnya akan dituliskan pada bagian ini. Dengan begitu, pembaca dapat menyiapkan seluruh material tersebut sebelum memulai proses membuat kerajinan tangan.

3. Tahapan Cara

Bagian inti dari teks prosedur yaitu tahapan cara atau langkah-langkah. Pada bagian inilah setiap tahapan akan diuraikan secara detail sehingga pembaca dapat memahaminya dengan mudah.

Biasanya, bagian ini akan ditulis menggunakan urutan nomor untuk mempermudah pembaca. Meski dalam beberapa teks prosedur lainnya, penulis tidak membuatnya dalam bentuk urutan nomor atau poin.

4. Kesimpulan

Bagian penutup dari teks prosedur adalah kesimpulan yang berisi tentang simpulan atas seluruh kegiatan yang telah dilakukan. Biasanya penulis juga memberikan saran tambahan kepada pembaca di bagian ini.

Baca juga: 5 Contoh Surat Rekomendasi yang Baik dan Benar

Beberapa Contoh Teks Prosedur

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan teks prosedur serta strukturnya, maka selanjutnya Anda bisa memahami contohnya.

Berikut ini telah kami rangkum delapan contoh yang bisa Anda gunakan sebagai inspirasi ketika membuat teks prosedur.

1. Teks Prosedur: Cara Memainkan Angklung

Angklung adalah salah satu seni tradisional Indonesia yang telah dikenal dunia. Sebagai warisan budaya yang begitu berharga, hendaknya kita mampu memainkan alat musik ini. Berikut adalah tahapan dalam memainkan alat musik angklung:

  1. pegang angklung di bagian pertemuan tiang vertikal dan horizontal menggunakan tangan kiri.
  2. Pegang bagian bawah angklung menggunakan tangan kanan dengan telapak menghadap ke atas dan punggung tangan ke bawah.
  3. Posisikan angklung berada di bagian depan sejajar dengan tubuh. Jarak angklung dan tubuh sebaiknya tidak terlalu dekat.
  4. Getarkan angklung dengan menggoyangkan tangan kanan sehingga suaranya dapat terdengar.

Sekarang Anda sudah bisa menjadi bagian dari pemain angklung untuk memainkan musik tertentu.

2. Teks Prosedur: Membuat Agar-Agar

Agar-agar atau sering disebut jelly merupakan salah satu makanan ringan yang memiliki tekstur lembut dan kenyal. Kudapan yang satu ini sangat populer dan disukai oleh banyak kalangan, terlebih anak-anak. Berikut adalah cara untuk membuat agar-agar nikmat yang bisa Anda lakukan di rumah:

Bahan-bahan:

  • Agar-agar: 1 bungkus
  • Gula pasir: 160 gr
  • Air: 600 ml
  • Buah-buahan sesuai selera (opsional)

Cara memasak:

  1. Persiapkan seluruh bahan yang diperlukan.
  2. Potong buah-buahan menjadi bentuk dadu.
  3. Panaskan air lalu masukkan agar-agar dan gula. 
  4. Biarkan hingga larutan agar-agar mendidih.
  5. Sambil menunggu, Anda bisa memasukkan buah-buahan ke dalam cetakan atau cup kecil.
  6. Masukkan larutan agar-agar yang telah mendidih ke dalam cetakan atau cup
  7. Diamkan dan tunggu di suhu ruangan hingga agar-agar dingin dan mengeras.
  8. Simpan agar-agar di lemari es agar lebih nikmat.

Agar-agar siap untuk Anda nikmati selagi dingin.

3. Contoh Teks Prosedur Sederhana: Menggunakan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan salah satu alat yang mampu membersihkan debu dengan cepat. Berikut adalah cara untuk menggunakan vacuum cleaner:

  1. Masukkan soket vacuum cleaner ke stop kontak di dalam rumah.
  2. Nyalakan vacuum cleaner dengan menekan tombol ON.
  3. Arahkan bagian penghisap debu pada bagian atau sudut yang kotor di dalam ruangan.
  4. Tekan tombol OFF untuk mematikan daya vacuum cleaner.
  5. Cabut soket vacuum cleaner dan simpan kembali ke tempat semula.

Dengan mengikuti langkah di atas, proses membersihkan rumah akan menjadi lebih mudah.

4. Teks Prosedur: Mengirimkan Lamaran Menggunakan Email

Di zaman serba teknologi seperti sekarang, proses melamar kerja bisa Anda lakukan melalui laptop. Yaitu dengan mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email ke perusahaan yang Anda inginkan. Berikut adalah cara untuk mengirim lamaran pekerjaan menggunakan email:

  1. Siapkan seluruh berkas yang dibutuhkan. Scan seluruh berkas tersebut dan jadikan ke dalam satu file dengan format PDF.
  2. Masukkan alamat email penerima.
  3. Tulis subjek email. Biasanya setiap perusahaan sudah menentukan subjek email. Namun jika tidak, Anda bisa menggunakan format Nama – Posisi/Jabatan yang dilamar.
  4. Tulis body email berupa pengantar, perkenalan diri dan tujuan mengirim email.
  5. Cantumkan berkas yang sudah disiapkan ke dalam email.
  6. 6. Cek kembali seluruh kelengkapan serta penulisan email.
  7. 7. Klik pada tombol “kirim” untuk mengirim surat lamaran pekerjaan ke email penerima.

Setelah itu, cukup tunggu balasan dari perusahaan Anda terkait lamaran pekerjaan yang Anda kirimkan.

5. Contoh Teks Prosedur Pendek: Mematikan Komputer dengan Benar

Proses mematikan komputer sering diabaikan oleh para pengguna. Padahal, hal ini dapat berpengaruh kepada performa komputer bahkan berpotensi menimbulkan kerusakan. Berikut adalah langkah-langkah mematikan komputer secara tepat untuk menghindari terjadinya kerusakan.

  1. Pastikan seluruh aplikasi sudah tertutup.
  2. Klik pada tombol windows di pojok kiri bawah.
  3. Klik pada menu power dan pilih shutdown untuk mematikan komputer.
  4. Tunggu hingga komputer benar-benar mati. Setelah itu, matikan perangkat lain seperti monitor dan speaker.
  5. Cabut kabel dari stopkontak jika diperlukan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, komputer Anda akan terhindar dari potensi kerusakan akibat proses mematikan yang keliru.

Kesimpulan

Proses pembuatan teks prosedur sebenarnya cukup sederhana. Satu hal penting yang harus menjadi perhatian adalah, pastikan Anda benar-benar memahami tahapan dalam melakukan kegiatan tersebut.Setelah memahami tahapan caranya, maka Anda bisa menggunakan contoh teks prosedur di atas sebagai patokan dalam membuatnya. Dengan begitu, Anda siap untuk membagikan cara bermanfaat dalam melakukan sesuatu menggunakan teks prosedur.

Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

BLOG100

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].