5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Lengkap dengan Strukturnya

0
1803
contoh teks eksplanasi

Dengan melihat contoh teks eksplanasi, Anda akan lebih mudah untuk memahami jenis teks ini. Sebab, jika melihat dari pengertian saja, teks eksplanasi seperti tidak berbeda dari teks kebanyakan lainnya.

Padahal, teks eksplanasi memiliki struktur yang harus Anda perhatikan ketika ingin membuatnya.

Lalu, bagaimana contoh dan struktur dari teks eksplanasi? Silakan baca pembahasan berikut hingga tuntas untuk mendapatkan jawabannya!

Pengertian dan Struktur dari Teks Eksplanasi

Singkatnya, teks eksplanasi adalah jenis teks yang berisi tentang penjelasan terhadap suatu fenomena tertentu. Fenomena tersebut dapat berupa kejadian alam, sosial maupun hal-hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman detail mengenai suatu fenomena terhadap pembaca. Dengan begitu, pembaca dapat mengerti mengenai suatu fenomena tanpa perlu hadir langsung ketika fenomena tersebut terjadi.

Berikut ini adalah struktur teks eksplanasi yang perlu Anda perhatikan:

1. Pernyataan Umum

Bagian awal dari sebuah teks eksplanasi adalah pernyataan umum atau identifikasi fenomena. Pada bagian ini, pembaca akan mengenal suatu fenomena sebelum masuk ke pembahasan yang lebih detail.

Ciri dari bagian ini adalah menggunakan jenis kata populer di dalamnya. Dua contoh kata populer yang sering digunakan di dalam teks eksplanasi yaitu ‘adalah’ dan ‘ialah’.

2. Urutan Sebab Akibat

Untuk membantu pembaca dalam memahami suatu fenomena, Anda perlu menjelaskannya secara urut. Dengan begitu, pembaca dapat memahami fenomena secara jelas dan rinci.

Selain itu, Anda juga perlu memberikan penjelasan yang menjadi jawaban atas pertanyaan “bagaimana” atau “mengapa”. Contoh di antaranya seperti mengapa kejadian tersebut dapat terjadi, bagaimana proses terjadinya kejadian tersebut, dan beberapa pertanyaan lainnya.

3. Ulasan

Bagian akhir dari teks eksplanasi adalah ulasan. Bagian ini juga sering disebut sebagai interpretasi karena berisi simpulan terhadap suatu fenomena yang Anda telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, bagian ini juga menjelaskan konsekuensi atas fenomena tersebut.

Baca juga: Pentingnya Mengetahui Apa Itu Credit Scoring

Contoh Ragam Teks Eksplanasi Berbagai Tema

Setelah memahami penjelasan mengenai struktur dari sebuah teks eksplanasi, maka Anda juga perlu melihat contohnya. Berikut adalah lima contoh teks eksplanasi singkat yang bisa Anda jadikan inspirasi:

1. Teks Eksplanasi tentang Kabupaten Bandung

Pemerintahan Kabupaten Bandung telah dimulai sejak 20 April 1641 yang termuat di dalam Piagam Sultan Agung Mataram. Tanggal inilah yang kemudian menjadi hari jadi Kabupaten Bandung hingga hari ini.

Kabupaten Bandung terus mengalami perkembangan kekuasaan seiring zaman hingga akhirnya mencapai bentuk yang sekarang. Sekitar abad 15 hingga 16, di masa Kerajaan Pajajaran, bentuk pemerintahan saat itu adalah keprabuan, bukan kabupaten.

Hingga pada tahun 1575, kekuasaan di daerah Pajajaran adalah pemerintahan islam yang dilanjutkan oleh kerajaan Mataram pada tahun 1621 – 1677. Pada saat masa pemerintahan Mataram inilah terjadi perubahan nama keprabuan menjadi kabupaten.

Pemerintahan Kabupaten Bandung berpusat di daerah Krapyak atau Bojongasih. Namun, nama Krapyak kemudian berubah menjadi Citeureup. Hingga kini, nama Citeureup masih ada dan menjadi salah satu desa di daerah ini.

2. Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi hampir di setiap tempat. Peristiwa hujan terjadi dengan presipitasi atau jatuhnya cairan yang berasal dari atmosfer dengan wujud cair atau padat (beku) ke permukaan bumi.

Proses hujan diawali dengan evaporasi yaitu penguapan air di bumi oleh sinar matahari. Air yang telah berubah wujud menjadi uap tersebut selanjutnya naik ke atmosfer dan mengalami kondensasi. Pada tahap ini, uap air tersebut berubah menjadi embun atau partikel es yang membentuk awan.

Proses presipitasi merupakan akhir dari proses terjadinya hujan. Embun atau partikel es yang berada di atmosfer tersebut akan mencair sehingga turun kembali ke bumi.

Hujan merupakan salah satu fenomena yang sangat penting bagi perkembangan berbagai makhluk hidup di bumi. Melalui hujan, kebutuhan air di setiap tempat dapat terpenuhi sehingga kelanjutan hidup dapat terjadi.

3. Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi ketika masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan pokoknya. Kebutuhan pokok tersebut mencakup kebutuhan makanan, tempat tinggal, pakaian, pendidikan, serta kesehatan.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab dari kondisi kemiskinan. Hal ini bisa berasal dari dalam individu maupun struktur sosial.

Pada kondisi individu, mentalitas seperti malas merupakan salah satu penyebab masalah ini. Selain itu, perilaku konsumtif serta ketidakpedulian terhadap pendidikan juga menjadi sumber terjadinya kemiskinan.

Meski begitu, kemiskinan juga dapat terjadi karena struktur sosial yang tidak baik. Contohnya seperti tidak meratanya akses dalam memenuhi kebutuhan, minimnya lapangan pekerjaan, hingga kurangnya perhatian lingkungan dan pemerintah terhadap kelompok miskin.

Oleh karena itu, kemiskinan harus diselesaikan dari dalam individu serta memberikan struktur sosial yang mendukung. Tanpa perhatian terhadap kedua hal tersebut, kemiskinan akan sangat sulit untuk diberantas.

4. Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Ngaben adalah salah satu tradisi khas yang berasal dari Pulau Bali. Tradisi ini berupa pembakaran atau kremasi jenazah seseorang yang telah meninggal dunia. Tradisi ngaben merupakan salah satu tradisi yang menjadi daya tarik bagi para turis.

Meski begitu, tidak sembarangan turis dapat melihat upacara ini. Para turis perlu mendapatkan izin dari pihak keluarga yang ditinggalkan untuk dapat melihatnya.

Tradisi ini memiliki tujuan agar keluarga yang telah ditinggalkan tidak bersedih. Selain itu, diharapkan arwah yang meninggal juga dapat bahagia di nirwana.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya untuk melakukan upacara ini terbilang cukup besar. Selain itu, proses tradisi ini juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tidak heran jika upacara ini dikenal sebagai tradisi mengurus jenazah paling mahal dan paling lama.

Walau begitu, ngaben tetap merupakan salah satu tradisi dari Bali yang perlu dijaga dan dilestarikan. Karena itulah, tradisi ini tetap dipertahankan khususnya oleh umat Hindu serta menjadi salah satu budaya khas dari Bali.

5. Teks Eksplanasi Seni Cadas

Seni cadas merupakan karya seni pada permukaan batu alam. Oleh karena itu, Anda akan bisa menemukan karya seni ini pada dinding gua ataupun tebung. Seni ini juga memiliki nama lain yaitu ukiran batu.

Salah satu seni cadas yang terkenal adalah piktograf. Piktograf merupakan karya seni lukis di permukaan baru. Contoh dari seni ini adalah cap tangan menggunakan pigmen warna merah di sekitar tangan.

Pigmen untuk membuat cat piktograf biasanya berasal dari oker, arang, kapur alami, mineral tanah, serta tanah diatom. Zat ini selanjutnya akan dicampur dengan cairan seperti telur dan darah untuk membuatnya berwarna merah, hitam, atau putih.

Kesimpulan

Proses pembuatan teks eksplanasi pada dasarnya tidak begitu sulit. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah penjelasan detail dari sebuah fenomena sehingga mudah bagi pembaca untuk dapat memahaminya.Teks ini dapat Anda gunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena seperti beberapa contoh teks eksplanasi di atas. Dengan begitu, kini Anda bisa membuat teks eksplanasi singkat untuk berbagai tujuan.

Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

BLOG100

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].