8 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan!

0
7013
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Ketika akan melamar pekerjaan, baik untuk yang pertama kalinya (fresh graduate) maupun saat pindah kantor, Anda membutuhkan beberapa berkas. Salah satunya adalah surat lamaran pekerjaan. Contoh surat lamaran pekerjaan bisa Anda temukan dari berbagai sumber baik dari buku maupun internet.

Sebelum membahas mengenai contoh lamaran pekerjaan, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu surat lamaran kerja. Menurut Pedoman Lengkap Menulis Surat yang ditulis oleh Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran pekerjaan merupakan surat permohonan yang ditulis oleh pencari pekerjaan dan dikirimkan kepada instansi atau perusahaan tertentu dengan tujuan memperoleh pekerjaan berdasarkan lowongan yang tersedia.

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan

Sistematika surat lamaran pekerjaan umumnya terdiri dari tanggal dan tempat surat dibuat, salam pembuka, isi dan penutup. Adapun yang termasuk isi surat adalah nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, pendidikan serta berbagai informasi lain yang dibutuhkan terkait pengirim surat atau pelamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja umumnya dilengkapi dengan berbagai lampiran seperti ijazah, sertifikat dan berkas lain sebagai pertimbangan bagi perusahaan. Menulis surat lamaran kerja yang baik perlu dilakukan agar proses melamar pekerjaan semakin lancar.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Perlu diketahui bahwa stuktur surat lamaran pekerjaan untuk mereka yang berpengalaman dan baru lulus (fresh graduate) memiliki sejumlah perbedaan. Simak contohnya berikut ini!

  • Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

download contoh surat lamaran kerja untuk fresh graduate (doc file)

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Jakarta, 30 September 2021

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Lampiran: 6 Lembar

Kepada Yth.

HRD PT. Media Jaya Sejahtera

Kebayoran Lama, Jakarta

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang dibuat di situs pencari kerja Indeed yang diposting pada tanggal 23 September 2021 saya memperoleh informasi bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membutuhkan tenaga copywriter.

Sesuai kualifikasi dan persyaratan yang disebutkan dalam iklan, saya ingin melamar untuk mengisi posisi tersebut. Dalam surat lampiran ini saya sampaikan informasi pribadi dan kualifikasi saya sebagai berikut:

Nama : Irfan Ahmadi

Tempat/Tanggal Lahir : Bandung, 16 Agustus 1995

Alamat : Jalan Barokah No. 23

No. HP : 0811-6526-000

Pendidikan Terakhir : S1

Saya merupakan alumni Jurusan Sastra Indonesia yang punya ilmu serta pengalaman magang di sebuah agensi periklanan. Saya berharap ini dapat menjadi tambahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu untuk memberikan saya kesempatan mengisi posisi yang ada.

Bersama surat ini saya juga melampirkan berkas-berkas sebagai bahan pertimbangan:

  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Fotokopi Transkrip Nilai
  3. Fotokopi Ijazah S1
  4. Fotokopi Identitas Pribadi (KTP)
  5. Fotokopi SKCK
  6. Pas foto terbaru ukuran 3×4.

Demikianlah surat lamaran ini saya tulis. Saya berharap bisa memperkenalkan diri saya dengan lebih baik dalam tahap wawancara. Atas perhatiannya saja mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Irfan Ahmadi

Baca juga: Ini 13 Contoh Surat Kuasa yang Paling Sering Digunakan

  • Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk yang Berpengalaman

download contoh surat lamaran pekerjaan untuk yang berpengalaman (doc file)

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan untuk yang Berpengalaman

Semarang, 30 September 2021

Yth. 

HRD PT Media Cakra Buana

Jalan Sudirman, Semarang

Dengan hormat, 

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di harian Kompas pada hari Senin, 13 September 2021 disebutkan bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi editor.

Saya Rahma Anita merupakan lulusan Sastra Indonesia Universitas Indonesia tahun 2014 dan telah bekerja sebagai editor di sebuah perusahaan penerbitan besar di Jakarta (referensi terlampir). Saya memiliki kemampuan lisan dan tulisan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, terbiasa dengan proses editing hingga penerbitan buku.

Bersama dengan surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan agar dapat diterima sebagai karyawan di PT Media Cakra Buana yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai pertimbangan, saya juga melampirkan dokumen lain termasuk daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah dan kelengkapan lainnya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Rahma Anita.

  • Contoh Surat Lamaran CPNS

download contoh surat lamaran CPNS (doc file)

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan CPNS

  • Contoh Surat Lamaran Kerja ke Perusahaan BUMN

  • Contoh Surat Lamaran Magang

download contoh surat lamaran magang (doc file)

Contoh Surat Rekomendasi Magang

  • Contoh Surat Lamaran Kerja ke PT

  • Contoh Surat Lamaran Kerja ke Bank

download contoh surat lamaran kerja ke bank (doc file)

Contoh Surat Lamaran Kerja ke Bank

  • Contoh Surat Lamaran Kerja ke Sekolah

download contoh surat lamaran kerja ke sekolah (doc file)

Contoh Surat Lamaran Kerja ke Sekolah

Itulah 8 contoh surat lamaran pekerjaan ke berbagai instansi yang bisa Anda jadikan contoh. Semoga Anda segera mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].