Bagi kamu yang memiliki penghasilan, surat keterangan penghasilan sangat penting untuk dimiliki. Adanya surat ini biasanya kerap menjadi persyaratan untuk berbagai keperluan. Salah satunya ketika akan mengajukan kredit atau pinjaman ke bank. Lalu, bagaimana contoh surat keterangan penghasilan yang benar?
Sebelum membahas contoh surat keterangan penghasilan, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu surat keterangan penghasilan. Seperti namanya, surat ini merupakan lembaran keterangan yang dikeluarkan oleh pihak berwenang untuk menunjukkan bukti jumlah penghasilan yang kamu miliki setiap bulan. Tujuannya adalah untuk meyakinkan pihak lain yang berkepentingan terhadap informasi tersebut.
Apa Saja Komponen yang Wajib Ada dalam Surat Keterangan Penghasilan?
Surat keterangan penghasilan yang baik dan benar sebaiknya memiliki beberapa komponen di dalamnya. Apa saja?
- Rincian penghasilan. Ini adalah informasi vital yang harus ada di dalam surat keterangan penghasilan. Penghasilan yang dimaksud termasuk gaji pokok, tunjangan, yang transportasi, uang makan, insentif dan potongan PPh 21
- Identitas karyawan. Selanjutnya, surat juga harus berisi informasi lengkap dari karyawan yang bersangkutan. Selain nama, tuliskan juga jabatan dari pemohon surat
- Pengesahan dari perusahaan atau instansi yang mengeluarkan surat. Pengesahan ini adalah bukti bahwa informasi tentang penghasilan yang tertera dalam surat benar adanya
- Menuliskan tujuan penggunaan surat. Surat keterangan penghasilan dibuat dengan berbagai tujuan. Pastikan kamu menulis di dalam surat mengenai tujuan penggunaan surat tersebut agar tidak terjadi penyalahgunaan.
Contoh Surat Keterangan Penghasilan yang Baik dan Benar
Untuk memahami lebih jauh tentang cara membuat surat keterangan penghasilan, simak contohnya berikut ini!
PT. Angin Ribut
Jalan Halilintar Gang Petir No. 31, Bandung
SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Nomor: 101/XX/31/2021
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Budi
Jabatan : Manajer Personalia
Menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa:
Nama : Ani
Jabatan : Staf Administrasi
Hingga saat ini, tanggal 1 Juli 2021 masih aktif bekerja dan perusahaan memberikan gaji dengan rincian sebagai berikut:
Gaji Pokok : Rp6.000.000
Tunjangan : Rp500.000
Uang Makan : Rp500.000
Transport : Rp500.000
Sehingga total penghasilan yang diperoleh adalah sebesar Rp7.500.000 (Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).
Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat, semoga dapat dipergunakan sebagai syarat pengajuan KPR Bank BTN.
Hormat Kami
Ttd
Budi
Selain surat yang dibuat langsung oleh pihak perusahaan, kamu juga bisa membuat surat keterangan penghasilan sendiri untuk disahkan oleh pihak yang berwenang. Contoh keterangan penghasilan berikutnya bisa kamu lihat di bawah ini:
SURAT KETERANGAN PENGHASILAN
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
Nama : Ani
Jabatan : Staf Administrasi
Perusahaan : PT. Angin Ribut
Pada bulan Juni tahun 2021 memperoleh penghasilan bulanan (take home pay) senilai Rp7.500.000. Saya menyatakan bahwa semua informasi dalam surat keterangan ini dibuat dengan benar untuk digunakan sebagai salah satu persyaratan pengajuan kartu kredit Bank BNI.
Bandung, 1 Juli 2021
(Tanda tangan pihak berwenang yang mewakili perusahaan)
(Tanda tangan karyawan)
Apa Saja Fungsi Surat Keterangan Penghasilan?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, surat keterangan penghasilan dibuat untuk berbagai tujuan. Format surat dan isinya juga dapat disesuaikan dengan tujuan tersebut. Biasanya, surat keterangan penghasilan digunakan untuk:
Pengajuan Kredit
Pengajuan kredit ke bank dalam bentuk apa pun termasuk Kredit Pembiayaan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA) hingga pembuatan kartu kredit memerlukan keterangan penghasilan. Surat ini penting bagi bank untuk memastikan kamu sebagai calon nasabah memiliki penghasilan yang tetap untuk membayar cicilan.
Pembuatan Visa
Ketika akan bepergian ke luar negeri, terutama ke negara-negara maju, surat keterangan penghasilan biasanya diminta sebagai salah satu dokumen untuk membuat Visa. Tujuan pembuatan surat ini adalah untuk memastikan kamu memiliki tabungan atau uang yang cukup untuk membiayai kunjungan tersebut.
Pencairan BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan meski kamu masih dalam posisi karyawan aktif. Hanya saja jumlah yang bisa kamu ambil tidak lebih dari 30%. Prosesnya juga membutuhkan ketentuan khusus salah satunya kewajiban mencantumkan surat keterangan penghasilan.
Pengajuan Beasiswa
Kalau kamu sedang bekerja dan ingin melanjutkan pendidikan jalur profesional dengan beasiswa, surat keterangan umumnya juga diperlukan sebagai bentuk rekomendasi langsung dari pimpinan perusahaan tempat kamu bekerja.
Itulah beberapa contoh surat keterangan penghasilan dan kegunaannya. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!
Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!
Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.
Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].