Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Kerja untuk Pegawai

0
9574
Contoh Surat Keterangan Kerja

Contoh surat keterangan kerja menjadi salah satu dokumen yang kerap dibutuhkan oleh para pegawai. Keberadaan contoh dokumen tersebut bisa membantu mereka dalam memberikan informasi valid terkait pengalaman kerja. Di situ bakal tercantum data berkaitan posisi serta status kepegawaian seseorang di sebuah perusahaan. 

Fungsi Surat Keterangan Kerja untuk Pegawai

Penggunaan surat keterangan kerja bagi seorang pegawai cukup beragam. Secara umum, bakal ada 4 tujuan pembuatan surat keterangan kerja, yakni: 

  • Melamar pekerjaan di perusahaan lain

Fungsi pertama dari penggunaan contoh surat keterangan kerja adalah sebagai salah satu syarat mencari pekerjaan baru. Keberadaan dokumen ini menjadi bukti pengalaman kerja yang dimiliki oleh seseorang. Melalui keberadaannya, perusahaan bisa melakukan verifikasi terkait kebenaran pengalaman kerja seseorang. 

  • Pemenuhan kebutuhan berkas perbankan

Lembaga perbankan di Indonesia juga kerap meminta para nasabahnya untuk melampirkan surat keterangan kerja. Syarat ini diperlukan ketika nasabah tersebut berdomisili di wilayah yang berbeda dengan data KTP atau berstatus pendatang. Persyaratan ini kerap dijumpai ketika pekerja ingin mengajukan kredit tanpa agunan (KTA), kredit kepemilikan rumah (KPR), ataupun kredit kendaraan bermotor (KKB).

  • Pengajuan beasiswa

Proses pengajuan beasiswa juga sering disertai keharusan untuk melampirkan surat keterangan kerja. Syarat ini secara khusus harus dipenuhi oleh peminat beasiswa yang berlatar belakang sebagai pekerja, baik pegawai BUMN ataupun swasta. 

  • Penarikan dana BPJS Ketenagakerjaan

Surat keterangan kerja juga dibutuhkan ketika Anda ingin mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan. Kalau masih aktif bekerja, pencairan dana bisa dilakukan sebanyak 10% atau 30%. Bagi pegawai yang telah berhenti kerja karena alasan tertentu, pencairan bisa dilakukan 100%.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Saat menyusun surat ini, Anda dapat mengetahui begitu banyak contoh surat keterangan kerja dengan latar belakang pegawai yang variatif. Hanya saja, tidak semua contoh tersebut memiliki susunan dan struktur yang tepat. Saat menyusun surat keterangan kerja, format penulisannya harus jelas. 

Terdapat beberapa bagian yang tak boleh dihilangkan dari surat keterangan kerja, yaitu: 

  • Kepala surat

Kepala surat menjadi indikasi bahwa surat keterangan dikeluarkan oleh lembaga yang jelas. Di bagian ini, Anda bisa menemukan data berupa nama perusahaan, alamat, serta nomor teleponnya. 

  • Judul surat

Bagian selanjutnya adalah judul surat. Di sini, tertera secara jelas judul surat keterangan kerja yang dibuat oleh perusahaan. Selain itu, bagian ini juga mencantumkan nomor surat serta perihal yang penulisannya disesuaikan aturan administratif perusahaan. 

  • Isi surat

Isi surat keterangan kerja harus mampu menjelaskan informasi tentang biodata karyawan secara jelas. Selain itu, isi surat juga perlu disertai dengan data terkait posisi terakhir dan durasi kerja karyawan. Sebagai tambahan, bagian ini juga dapat mencantumkan penilaian atasan atau pembuat surat atas kinerja karyawan. 

  • Penutup

Bagian terakhir adalah penutup yang menuliskan tanggal pembuatan surat dengan disertai tanda tangan dan nama terang pembuatnya. 

Contoh Surat Keterangan Kerja

Biar Anda bisa memahami cara membuat surat keterangan kerja dengan lebih jelas, berikut ini contohnya: 

PT Santoso Karya Makmur

Jl. Soekarno-Hatta No. 45 Bandung. Telp (022) 3408276

SURAT KETERANGAN KERJA

No: 122/SPL-KM/V-2020

Perihal : Surat Pengalaman Kerja

Kepada, pihak yang berkepentingan. Kami dari PT Santoso Karya Makmur menyatakan bahwa: 

Nama : M. Wahyudi

Alamat : Jl. Pasir Kaliki No. 209, Bandung

Jabatan : Supervisor

Sebenar-benarnya termasuk sebagai salah satu karyawan perusahaan kami dalam kurun waktu antara 07 Februari 2015 – 8 September 2019. Semasa kerja, Saudara M. Wahyudi memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan dan tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan perusahaan.  

Kami sebagai perwakilan dari PT Santoso Karya Makmur mengucapkan terima kasih atas kerja keras serta kerjasama Saudara M. Wahyudi selama berstatus karyawan. Semoga di masa depan, Saudara M. Wahyudi bisa memperoleh karier yang gemilang. 

 

Bandung, 17 November 2019

Kepala HRD PT Santosa Karya Makmur

 

Nur Indriyani Nugroho

Demikianlah panduan cara membuat surat keterangan kerja disertai contohnya. Semoga panduan dan contoh surat keterangan kerja tersebut bisa membantu, ya. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Template Contoh Surat Keterangan Kerja Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh surat keterangan kerja yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Keterangan Kerja

Cek juga :

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]