Contoh Surat Jual Beli Tanah Beserta Komponennya

0
15941
Contoh Surat Jual Beli Tanah

Properti adalah salah satu jenis investasi yang menggiurkan. Ada jaminan keuntungan besar yang bisa dinikmati meski butuh waktu yang lama. Jenis properti antara lain berupa tanah atau tanah dengan bangunan. Berinvestasi di properti tanah cukup banyak diminati karena tidak membutuhkan perawatan berlebihan.

Sayangnya, untuk membeli tanah, dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Hal ini pula yang mewajibkan pembeli tanah wajib berhati-hati saat akan melakukan transaksi pembelian tanah. Ada baiknya pembeli mengetahui contoh surat jual beli tanah yang resmi supaya tidak mudah tertipu oleh oknum tertentu.

Contoh Surat Jual Beli Tanah

 

Surat Jual Beli Tanah

 

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Darius Kurniawan

Umur : 53 tahun

Pekerjaan : Wiraswasta

NIK : 3204090612500007

Alamat : Jl. Kenari No. 13, Tasikmalaya

Dalam hal ini bertindak atas nama pribadi dan selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Nuri Kirana

Umur : 44 tahun

Pekerjaan : Karyawan Swasta

NIK : 1612880305890003

Alamat : Jl. Supratman No. 23, Tasikmalaya

 

Dalam hal ini bertindak atas nama pribadi dan selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Selanjutnya, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA disebut sebagai Para Pihak.

Para pihak menyatakan bahwa PIHAK PERTAMA selaku pemilik menjual tanah kepada PIHAK KEDUA, yakni:

Sebidang tanah dengan luas 100 m2 yang terletak di Jl. Leles No. 77 Tasikmalaya dengan hak Sertifikat Hak Milik Tanah Nomor 5089. 

Batas-batas tanah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Jalan Kartini
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Jl. Leles Baru
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Kantor Kelurahan Leles
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Sungai Baru.

Dengan perjanjian ini, para pihak sepakat bahwa kepemilikan atas tanah PIHAK PERTAMA berpindah hak milik kepada PIHAK KEDUA. Perjanjian ini berlaku sejak tanggal penandatanganan oleh para pihak dan saksi-saksi.

Sehubungan dengan jual beli ini, para pihak setuju dan sepakat dengan penuh kesadaran untuk mengadakan perjanjian dengan ketentuan sebagai berikut. 

Pasal 1

Harga

Jual beli objek tanah dalam perjanjian tersebut disepakati dengan harga Rp250.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

(Selanjutnya, ada beberapa pasal lain yang harus dicantumkan, yaitu tentang Metode Pembayaran, Dokumen Kelengkapan, Penyerahan Dokumen, Pembatalan Perjanjian, dan Penyelesaian Sengketa)

Demikian Surat Perjanjian Jual Beli Tanah ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan antara para pihak dan dipatuhi sebagai hukum yang mengikat para pihak.

Tasikmalaya, 20 Juni 2020

 

PIHAK PERTAMA                                                                              PIHAK KEDUA

 

Darius Kurniawan                                                                                 Nuri Kirana

 

SAKSI PERTAMA                                                                              SAKSI KEDUA

 

Muhammad Iqbal                                                                              Sandy Suroso

 

Komponen Dalam Surat Jual Beli Tanah

Pentingnya faktor legalitas dalam transaksi jual beli tanah tidak bisa ditawar lagi. Karena itu, baik pembeli maupun penjual wajib membuat surat perjanjian dan menandatanganinya. Ada pun komponen yang harus terdapat di dalamnya, antara lain:

  • Identitas penjual dan pembeli

Identitas penjual dan pembeli harus tercantum dengan lengkap seperti dalam contoh surat jual beli tanah ini. Identitas tersebut akan dibuktikan dengan fotokopi kartu identitas diri. Jika tidak sesuai, transaksi tersebut disebut tidak legal.

  • Informasi mengenai tanah yang akan dijual

Dalam surat perjanjian ini, informasi mengenai tanah juga perlu ada. Informasi tersebut berupa lokasi tanah, luas tanah, dan batas-batas tanah di sekelilingnya. Dengan menyertakan informasi ini, pembeli bisa membuktikan bahwa tanah tersebut tidak fiktif.

  • Perjanjian mengenai pembelian tanah

Pada komponen ini, ada informasi mengenai harga tanah, tata cara pembayaran, pembatalan perjanjian, atau penyelesaian sengketa jika terjadi. Hal-hal tersebut diatur terlebih dahulu melalui pasal-pasal terkait. 

  • Tanda tangan saksi

Dalam surat perjanjian jual beli tanah, perlu ada tanda tangan para saksi yang mengetahui dan menyaksikan transaksi tersebut. Dengan keberadaan saksi, perjanjian bisa dikatakan sah.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu ada seperti pada contoh surat jual beli tanah. Bagi Anda yang ingin memulai berinvestasi dengan membeli tanah, jangan lupa untuk memperhatikan komponen-komponen tersebut. Yuk, berinvestasi sekarang!

Dapatkan Template Contoh Surat Jual Beli Tanah Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh surat jual beli tanah word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Jual Beli Tanah Word

Cek juga: 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]