2 Contoh Laporan Laba Rugi yang Paling Sering Digunakan

0
49518
Contoh Laporan Laba Rugi

Contoh Laporan Laba RugiLaporan laba rugi adalah salah satu bentuk dari jenis laporan keuangan dalam satu perusahaan baik itu perusahaan jasa, perusahaan dagang maupun perusahaan manufaktur. Laporan laba rugi ini memiliki struktur yang berbeda-beda tergantung bentuk dari perusahaannya. Salah satu contoh laporan laba rugi pada perusahaan jasa, biasanya pada perusahaan jasa secara garis besar terdiri dari pendapatan jasa serta beban yang terjadi pada periode tersebut.

Selain itu, pada perusahaan dagang juga, secara garis besar tentu terdiri dari melakukan penjualan dengan harga pokok penjualan serta biaya dan beban yang terjadi pada periode tersebut.

Dari masing-masing perusahaan tersebut tentu memiliki isi laporan laba rugi yang berbeda, namun tetap memiliki satu tujuan yaitu menyajikan laporan keuangan usahanya. Karena itu apapun jenis perusahaannya, mereka harus memiliki 4 hal ini dalam laporan laba ruginya.

4 Hal yang Harus ada Dalam Laporan Laba Rugi

  • Laba Kotor

Laba yang satu ini suatu pengukuran pendapatan dalam suatu perusahaan yang dilakukan secara langsung terhadap penjualan suatu produk selama satu periode akuntansi. Laba kotor memiliki indikasi langsung terhadap kemampuan suatu perusahaan untuk menutupi biaya produksi. 

Laba Kotor = Pendapatan Penjualan Bersih – Harga Pokok Penjualan

  • Laba Bersih

Laba bersih adalah kelebihan pendapatan dari hasil penjualan bersih pada harga pokok penjualan setelah dipotong oleh biaya seperti pajak penghasil dan operasi. Pendapatan, beban operasi, beban pokok penjualan serta tarif pajak penghasilan adalah faktor yang dapat mempengaruhi laba bersih.

  • Laba Operasi

Laba yang satu ini mengindikasikan kemampuan dari suatu perusahaan dalam mendapatkan pendapatan sesuai dengan bisnis utamanya. Karena pada laba operasi ini terdapat selisih antara penjualan dengan seluruh beban dan biaya operasi.

  • Laba Sebelum Pajak

Yang terakhir adalah laba sebelum pajak yang adalah jumlah dari laba yang didapatkan perusahaan sebelum pajak penghasilan.

Tujuan dari Menyusun Laporan Laba Rugi

Terdapat tiga tujuan utama mengapa laporan laba rugi penting untuk sebuah perusahaan.

  1. Untuk mengetahui jumlah pajak yang sedang ditanggung oleh sebuah perusahaan
  2. Agar dapat melakukan evaluasi dari perolehan laba berdasarkan kurun waktu tertentu
  3. Supaya dapat melihat sekaligus menilai efektivitas serta efisiensi usaha sesuai dengan biayanya

4 Elemen yang Ada Dalam Laporan Laba Rugi

  • Pendapatan (Revenues)

Pendapatan atau yang dikenal sebagai revenues adalah arus masuk atau peningkatan aktiva lainnya dari suatu perusahaan selama periode tertentu karena pengiriman atau produksi barang dan menyelesaikan jasa.

  • Beban (Expenses)

Arus keluar atau penggunaan aktiva yang timbul selama periode tertentu karena pengiriman atau produksi barang dan menyelesaikan jasa.

  • Keuntungan (Profit)

Keuntungan adalah peningkatan ekuitas karena adanya transaksi perusahaan yang sifatnya periferal atau secara kebetulan dihasilkan dari pendapatan atau investasi dari pemilik perusahaan.

  • Kerugian (Loss)

Ada keuntungan ada juga kerugian, sebaliknya dari keuntungan, kerugian adalah penurunan ekuitas karena adanya transaksi perusahaan secara kebetulan dihasilkan dari beban atau pendistribusian ke pemilik perusahaan.

Bentuk Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi ini memiliki 2 bentuk yang biasanya digunakan dalam aktivitas pelaporan keuangan perusahaan yaitu single step dan multiple step. Untuk lebih lengkapnya kita akan bahas di bawah ini:

  • Single Step

Bentuk ini adalah semua pendapatan dan keuntungan ditempatkan ke bagian awal laporan laba rugi dan diikuti dengan seluruh beban serta kerugian yang masuk ke dalam kategori operasi. Selisih antara total pendapatan dan keuntungan dan total beban dan kerugian menghasilkan laba operasi. Di bawah ini contoh laporan laba rugi single step:

  • Multiple Step

Sedangkan Multiple Step adalah laporan yang memisahkan transaksi operasi dari transaksi non-operasi juga membandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang berhubungan.  Laba operasional biasanya akan memperlihatkan perbedaan antara aktivitas biasa dengan aktivitas yang tidak biasa.

Sekarang sudah tahu kan tujuan dari pembuatan laporan laba rugi? Dengan contoh laporan laba rugi yang ditampilkan di atas juga tentu akan membuat kamu lebih paham perbedaan dari bentuk laporan laba rugi yang berkembang sekarang.

Dengan laporan keuangan yang lengkap dan jelas tentu akan mempermudah kamu dalam pengelolaan keuangan di perusahaan tersebut. Satu lagi dengan laporan keuangan yang rapih dan baik, sekarang dapat dijadikan agunan di beberapa platform P2P Lending untuk pinjaman modal usaha.

Dapatkan Template Contoh Laporan Laba Rugi Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh laporan laba rugi word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Laporan Laba Rugi (Single Step)

Download Contoh Laporan Laba Rugi (Multiple Step)

Cek juga:

Ajukan Pinjaman Sekarang dengan Agunan yang Lebih Fleksibel di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan agunan yang lebih fleksibel serta bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]