Definisi dan Contoh Income Statement yang Penting Untuk Mengelola Laporan Keuangan

0
17580
Contoh Income Statement

Contoh Income Statement – Bagi mereka para distributor income statement adalah hal yang paling harus diperhatikan untuk mengelola laporan keuangan miliknya. Untuk bagi para distributor maupun pengusaha penting untuk memahami mengetahui contoh income serta lengkapnya mengenai income statement.

Sebagai para pengusaha maupun bisnis, tentu masing-masing dari mereka ingin mendapatkan keuntungan untuk usahanya. Namun, sebagai pengusaha bukan hanya keuntungan yang harus didapatkan, banyak aspek lain yang harus didapatkan. Karena itu kamu membutuhkan sebuah laporan keuangan yang dapat melihat segala arus kas keluar masuk seperti income statement.

Definisi Income Statement

Income statement atau laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang harus dimiliki sebuah perusahaan setelah neraca dan arus kas. Dari laporan tersebut, kamu dapat melihat seberapa besar pendapatan serta beban yang ditanggung oleh perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Income statement memang dikenal juga sebagai laporan laba rugi, namun laporan laba rugi juga dikenal dengan banyak istilah seperti statement of profit and loss, revenue statement, statement of financial performance, earnings statement, operating statement dan beberapa lainnya. Dari laporan tersebut, kamu dapat melihat selengkapnya dari laba kotor dan bersih perusahaannya.

Selain itu, income statement juga memiliki beberapa manfaat seperti di bawah ini:

  • Menginformasikan total pajak yang harus dibayarkan
  • Memberikan informasi laba atau rugi
  • Referensi evaluasi perusahaan
  • Melihat efisiensi perusahaan
  • Menjadi landasan untuk mengambil suatu keputusan

Komponen yang Terdapat dalam Income Statement

Kamu dapat melihat angka pendapatan perusahaan, beban, keuntungan hingga kerugian. Pendapatan di sini adalah suatu peningkatan aktiva dari sebuah perusahaan atau penyelesaian liabilitas selama periode tertentu. Lalu, ada beban yaitu penggunaan aktiva yang selama periode tertentu karena pengiriman atau produksi barang. Selanjutnya, ada keuntungan dimana dapat meningkatkan ekuitas dari adanya transaksi yang periferal atau secara kebetulan terjadi. Yang terakhir kerugian yaitu penurunan ekuitas karena adanya transaksi perubahan.

Baca juga: 2 Contoh Laporan Laba Rugi yang Paling Sering Digunakan

Format dan Contoh Income Statement

Income statement atau laporan laba rugi ini memiliki 2 format yang dapat kamu pahami:

  • Single Step Income Statement

Format income statement yang satu ini adalah seluruh pendapatan serta keuntungan yang termasuk ke dalam unsur operasi diletakkan di awal laporan. Sehingga keterangan tersebut juga disertai dengan biaya dan kerugian.

  • Multiple Income Statement

Dalam format yang satu ini, transaksi operasi serta non-operasi dipisahkan. Kemudian menandingkan biaya dan beban dengan pendapatan yang saling berhubungan.

Dapatkan Template Contoh Income Statement Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh income statement word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Income Statement (Single Step)

Download Contoh Income Statement (Multiple Step)

Cek juga:

Langkah Menyusun Income Statement

Untuk menyusun income statement dibutuhkan persamaan dasar sebagai berikut :

Pendapatan – Beban = Net Income

Langkah awal yang dapat dilakukan yaitu dengan memberi judul pada header terkait identitas dari perusahaan dan periode tahun laporan. Kemudian menuliskan komponen-komponen laporan laba rugi seperti : 

  • Total beban yang diperoleh pada kolom neraca lajur di kolom laba rugi
  • Total pendapatan yang diperoleh pada neraca lajur di kolom laba rugi
  • Laba rugi yang berupa selisih pendapatan dan total beban

Jadi, bagaimana sekarang sudah mengetahui fungsi serta contoh income statement, bukan? Adanya income statement ini tentu dapat membuat pengelolaan keuangan dalam sebuah perusahaan akan lebih baik sehingga dapat meminimalisir kesalah serta kerugian yang dapat dialami perusahaan.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]