Ini Contoh Buku Kas Umum yang Biasa Digunakan!

0
28803
Contoh Buku Kas Umum

Jika kamu adalah pelaku usaha kecil, memahami fungsi buku kas umum itu perlu. Buku kas umum akan membantumu memantau keuangan usaha, berikut laba dan rugi yang diterima. Namun, sebelum mempelajari contoh buku kas umum, pahami lebih dulu apa pengertian dan cara mudah membuatnya seperti dijelaskan berikut ini.

Apa itu Buku Kas Umum?

Buku kas umum berisi data penting terkait catatan arus dana masuk dan keluar sebuah usaha. Setiap jenis usaha, apapun skala usahanya, harus mempunyai buku kas ini supaya bisa memantau bagaimana transaksi yang berlangsung dari waktu ke waktu.

Data dari proses pencatatan transaksi tersebut bisa menjadi dasar pengambilan berbagai keputusan pengembangan usahamu di masa depan. Misalnya, jika usaha kamu merugi pada suatu periode, bisa ditelusuri dari arus dana masuk dan keluar yang tercatat. Ternyata, ditemukan bahwa angka penjualan lebih rendah daripada pembelian bahan produksi. Dari situ tentu kamu bisa melakukan evaluasi.

Ilustrasi di atas menunjukkan bagaimana keberadaan buku kas umum memegang peranan penting bagi pemilik usaha maupun pihak lain yang terlibat dalam usaha. Pemantauan kondisi keuangan usaha pun bisa dilakukan secara real time. 

Cara Mudah Membuat Buku Kas Umum

Ada beberapa metode yang bisa kamu pilih untuk membuat buku kas umum. Silakan cari mana yang paling sesuai dengan kebutuhan usahamu saat ini.

Metode Folio Dwi Halaman

Buku kas ini menampilkan dua halaman dengan pembagian isi berbeda. Pada halaman pertama, kamu bisa mencatat semua transaksi debet atau uang masuk pada kas. Sementara, halaman kedua berisi semua transaksi kredit alias uang keluar dalam bentuk pembayaran. 

Masing-masing halaman berisi tabel dengan judul kolom:

  • Kapan transaksi terjadi (tanggal, bulan, tahun, waktu)
  • Deskripsi singkat mengenai transaksi
  • Nomor urut bukti pembayaran, boleh juga ditulis nomor urut menurut buku kas
  • Jumlah dana masuk atau keluar sesuai bukti transaksi asli (contoh nota penjualan, faktur pembelian, dst).

Metode Folio Satu Halaman

Boleh dibilang metode ini sering dijadikan contoh buku kas umum usaha skala kecil. Metode folio satu halaman mencantumkan transaksi debet dan kredit pada satu halaman sama. Langkah awal metode ini bisa kamu lakukan dengan membuat tabel berisi lima kolom dengan judul kolom sebagai berikut.

  • Waktu terjadinya transaksi, umumnya cukup dengan tanggal, bulan, dan tahun
  • Keterangan transaksi sesuai debet/kredit. Jika debet, cantumkan juga sumber dana tersebut. Sementara, untuk transaksi kredit, tuliskan untuk apa dana itu dikeluarkan.
  • Nomor urut sesuai bukti transaksi 
  • Jumlah dana yang diterima usaha per transaksi (debet)
  • Jumlah dana yang keluar per transaksi (kredit)

Tabelaris

Mirip dengan metode folio, tetapi lajur atau kolom pada metode tabelaris lebih banyak. Metode ini memang biasanya dipilih jika pemilik usaha ingin mengelompokkan transaksi  menurut jenisnya. Tentu kamu bisa menyesuaikan kategorisasi ini berdasarkan kebutuhan usaha. Biasanya, transaksi debet ditempatkan pada sisi kiri, sedangkan transaksi kredit ditulis pada sisi kanan.

Metode buku kas umum praktis 

Memanfaatkan software seperti Microsoft Excel di komputer jelas lebih praktis daripada membuat buku kas secara manual. Kamu cukup menyiapkan contoh buku kas umum dalam file, mengatur kolom sesuai kebutuhan, dan mengisinya secara berkala sesuai terjadinya transaksi. 

Selain praktis, memakai software komputer tentu memudahkan proses penghitungan. Kesalahan hitung pun bisa dikurangi. Pembuatan berbagai laporan keuangan jelas lebih mudah karena ketepatan data transaksi terjaga. Mulai dengan membuat tabel berjudul kolom berikut.

  • Tanggal
  • Nomor bukti transaksi
  • Deskripsi
  • Kode
  • Debet
  • Kredit
  • Saldo

Langkah selanjutnya, kamu perlu memasukkan rumus agar perhitungan bisa dilakukan otomatis. Jika rumus yang dituliskan sudah tepat, setelah template siap, kamu tinggal input data transaksi saja sesuai bukti dan pembukuan pun tersimpan rapi.

Baca juga: Bentuk dan Contoh Kwitansi Pembayaran Serta Cara Membuatnya

Contoh Buku Kas Umum

Bendahara Panitia Seminar Wirausaha Muda Kampus ABC sedang menyiapkan buku kas umum untuk mengelola dana dari sponsor dan universitas terkait penyelenggaraan acara. Ia menggunakan software Microsoft Excel untuk memudahkan pencatatan. 

Kamu bisa mengamati bagaimana semua transaksi terkait penyelenggaraan kegiatan seminar tercatat dalam buku kas umum. Ini merupakan sistem pencatatan dana masuk dan keluar yang cukup sederhana, mudah dibuat, dan dipahami. 

Semoga informasi dan contoh buku kas umum tersebut bisa membantu kamu mengelola dana usaha atau organisasi ya. Selamat mencoba!

Dapatkan Template Contoh Buku Kas Umum Excel Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh buku kas umum Excel yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Buku Kas Umum Excel

Cek juga:

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]