Apa Itu Company Confidential?

0
192
Company Confidential

Ketika membuka portal untuk melamar pekerjaan di perusahaan tertentu, Anda mungkin pernah mendapati adanya istilah company confidential. Mungkin, Anda harus berhati-hati saat melamar di perusahaan yang tidak mencantumkan namanya ini. Mengapa demikian? Lalu, apa sebenarnya arti dari company confidential ini?

Apa Itu Company Confidential?

Company confidential dapat diartikan sebagai istilah yang dipakai oleh suatu perusahaan dengan tujuan mengganti nama perusahaan yang sebenarnya ketika sedang mengunggah informasi terkait lowongan kerja. Artinya, perusahaan tidak memberikan identitas aslinya dan menggantinya dengan confidential position atau company confidential

Selain tidak menampilkan nama, ciri khas lain dari perusahaan yang memakai istilah ini yaitu tidak menunjukkan logo maupun informasi lain yang ada kaitannya dengan identitas perusahaan.

Mengapa Istilah Company Confidential Dipakai?

Umumnya, perusahaan yang memakai istilah ini mengacu pada industri yang mulai berkembang atau bahkan suatu perusahaan yang baru didirikan. Meski begitu, tak jarang ada perusahaan kelas atas yang turut memakai istilah ini. Sebenarnya, apa alasan pemakaian istilah company confidential?

Perusahaan Tidak Ingin Mempunyai Kompetitor

Alasan pertama biasanya karena perusahaan yang tidak ingin bersaing dengan bentuk perusahaan serupa terkait rekrutmen karyawan. Bukan tidak mungkin perusahaan tidak mau menunjukkan bahwa sedang ada posisi kosong kepada kompetitor

Tidak Ingin Karyawan Mengetahui kalau Posisinya akan Digantikan

Selain itu, perusahaan yang menggunakan istilah confidential position biasanya tidak ingin karyawan mengetahui bahwa posisinya akan digantikan dengan orang baru. Jadi, karyawan juga tidak akan tahu bahwa tempat kerja mereka sedang mencari karyawan baru saat mengakses portal lowongan kerja. 

Menyaring Calon Pekerja Terbaik

Bisa juga, perusahaan yang memakai istilah company confidential hanya ingin mengetahui dan menyaring calon kandidat terbaik yang berpotensi menggantikan posisi tertentu di organisasi. Jadi, perusahaan tidak harus menyeleksi banyak kandidat saat rekrutmen. Sebab, tentu tak banyak pula calon karyawan yang mendaftar di perusahaan yang tidak jelas asal usulnya. 

Menghindari Oknum Tidak Bertanggung Jawab

Tak hanya pencari kerja yang pernah mengalami penipuan kerja, perusahaan pun mengalami hal yang sama. Biasanya, setelah memberitahukan akan adanya posisi kosong, perusahaan kerap mendapatkan panggilan telepon dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Pastinya ini akan membuat proses rekrutmen menjadi sedikit lebih lama. 

Perusahaan Termasuk Anak dari Big Company

Alasan terakhir pemakaian istilah position confidential adalah perusahaan yang statusnya masih berupa anak perusahaan yang sedang melakukan banyak inovasi, pengembangan, dan pastinya berbagai persiapan. Bukan tidak mungkin perusahaan kelas atas pasti menawarkan nilai lebih yang bisa menarik ribuan calon pelamar kerja di Indonesia.

Baca juga: 10 Platform P2P Lending Terbaik Versi KPMG di Fintech Edge!

Amankah Mendaftar Kerja di Perusahaan yang Memakai Istilah Company Confidential?

Saat mendapati adanya lowongan pekerjaan yang menggunakan istilah company confidential, pasti banyak sekali pertanyaan yang muncul. Misalnya, apa benar perusahaan tersebut memang sedang membuka lowongan pekerjaan, atau sebatas pada benarkah perusahaan ini termasuk besar?

Belum tentu. Bisa juga perusahaan biasa yang membuka lowongan kerja. Pun, memang tidak mudah untuk pencari kerja dalam melakukan pencarian informasi lebih detail tentang perusahaan, membuat surat lamaran kerja yang pas, atau sekadar mengetahui apakah lowongan kerja yang ada bisa percaya.  

Namun, tidak ada salahnya untuk melamar jika Anda memang tertarik untuk mencobanya. Pastikan saja Anda melamar pekerjaan memang dari porta kerja yang kredibel sehingga mengurangi risiko terjadinya penipuan. Lalu, apabila perusahaan meminta suatu hal, misalnya sejumlah uang, kamu bisa melaporkan pencari kerja pada portal tempat Anda melamar. 

Jangan lupa, pastikan Anda menolak untuk datang pada sesi wawancara apabila pencari kerja meminta Anda untuk membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu. Sebab, seharusnya proses rekrutmen atau pencarian karyawan tidak dipungut biaya apapun selama prosesnya. Selain itu, melalui pelaporan yang kamu ajukan kepada portal lowongan kerja, secara tidak langsung kamu membantu pencari kerja lainnya terhindar dari tindak kriminal penipuan. 

Demikian tadi penjelasan singkat mengenai pengertian dari company confidential yang kerap ditemui pada portal lowongan pekerjaan. Mungkin, agar lebih Aman, Anda sebaiknya hanya melamar pekerjaan dari perusahaan yang memang mencantumkan identitas yang jelas. Pastikan untuk selalu melakukan riset perusahaan sebelum melamar kerja. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]