Cek Pulsa Smartfren, Transfer Hingga Isi Pulsa dengan Lebih Mudah!

0
243
Cek Pulsa Smartfren

Smartfren adalah salah satu penyedia jaringan seluler yang sudah cukup lama berkiprah di Indonesia. Provider ini adalah satu-satunya penyedia jaringan yang memakai sinyal 4G sebagai basis jaringannya. Oleh sebab itu, tidak heran jika pelanggan Smartfren kebanyakan adalah anak-anak muda di kota-kota besar.

Saat ini, Smartfren tersedia di lebih dari 200 kota di Indonesia. Angka ini selaras dengan pertumbuhan jumlah penggunanya, yaitu sebanyak 28 juta orang pada tahun 2020. Menurut wacana yang beredar, operator ini pun hendak melakukan merger dengan sejumlah operator seluler besar di Indonesia untuk memperluas jangkauan penggunanya.

Bagi Anda yang baru pertama kali memakai produk operator ini, Anda mungkin tidak tahu cara cek pulsa Smartfren atau cara melakukan transfer pulsa ke nomor lain. Di artikel ini, kami akan membahas semua cara tersebut secara lengkap.

Bagaimana Cara Cek Pulsa Smartfren?

Pengecekan pulsa pada produk Smartfren tidak jauh berbeda. Secara umum, inilah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengecek sisa pulsa:

  • Gunakan kode USSD *999#

Kode USSD adalah serangkaian nomor yang dapat dihubungi untuk mengakses menu jaringan seluler tertentu. Smartfren saat ini memakai kode USSD *999#. Dengan kata lain, Anda dapat melakukan panggilan langsung untuk nomor tersebut untuk melihat sisa pulsa atau penawaran lain dari Smartfren.

  • Kirim SMS atau buat Panggilan ke nomor 999

Cek pulsa Smartfren lewat SMS dan panggilan telepon sangat mudah. Cukup buka aplikasi pesan di ponsel, ketik “Cek”, lalu kirim ke nomor 999. Dalam hitungan detik, Anda akan mendapat pesan balasan berupa informasi pulsa dan masa aktif kartu seluler.

Anda pun dapat menelepon nomor 999 laiknya panggilan telepon biasa. Secara otomatis, operator akan memberikan informasi mengenai sisa pulsa dan masa aktif kartu seluler Anda.

  • Buka Aplikasi MySmartfren

Aplikasi gratis besutan Smartfren ini dapat membantu Anda cek pulsa Smartfren dengan cepat dan mudah. Cukup install aplikasi tersebut di ponsel, lalu buka aplikasi untuk melihat sisa pulsa, sisa kuota, atau masa aktif kartu.

Bagaimana Cara Transfer Pulsa Smartfren?

Saat ini, praktik transfer pulsa adalah hal lumrah. Beberapa jenis usaha bahkan membolehkan Anda melakukan pembayaran lewat pulsa, lho. Oleh sebab itu, mengetahui cara transfer pulsa Smartfren mungkin dapat berguna bagi Anda sewaktu-waktu.

Sebelum melakukan transfer pulsa, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pengguna, yaitu:

  • Transfer pulsa dapat dilakukan dengan nominal mulai dari Rp1.000 sampai Rp100.000.
  • Transfer pulsa hanya memakai kelipatan Rp1.000. Dengan kata lain, Anda tidak bisa melakukan transfer dengan nominal, misalnya, Rp10.500 atau Rp22.700.
  • Transfer pulsa dikenakan biaya sebesar Rp500 per transaksi.
  • Sisa pulsa pada nomor pengirim tidak kurang Rp5.000. Sebagai contoh, jika Anda hendak mengirim pulsa sebesar Rp10.000, minimal Anda harus memiliki pulsa Rp15.500 (Rp500 diperlukan untuk biaya transaksi).
  • Pengguna Smartfren hanya bisa mentransfer pulsa ke sesama pengguna nomor Smartfren.

Baca juga: 15 Contoh Usaha Kecil-Kecilan dengan Keuntungan yang Maksimal

Setelah memahami persyaratan di atas, Anda hanya perlu melakukan transfer pulsa dengan cara-cara berikut ini:

  • Melalui SMS

Transfer pulsa lewat SMS sangat mudah. Cukup ketik KIRIM.NOMOR HP TUJUAN.NOMINAL, lalu kirimkan ke nomor 879. Sebagai contoh, ketikkan KIRIM.0899123123.50000, kemudian kirim pesan tersebut ke nomor 879.

  • Melalui Aplikasi MySmartfren

MySmartfren adalah aplikasi khusus pengguna Smartfren yang bisa diunduh secara gratis di Playstore atau Appstore. Untuk melakukan transfer, cukup masuk ke aplikasi, lalu pilih menu E-Pulsa dan masukkan nomor tujuan beserta nominal yang akan dikirim.

  • Melalui Aplikasi Uangku

Pengguna ponsel keluaran Smartfren secara otomatis akan memiliki aplikasi Uangku. Untuk mengirim pulsa lewat aplikasi ini, buka menu aplikasi dan pilih opsi “Kirim Pulsa”. Pulsa akan terkirim langsung ke nomor tujuan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, cek pulsa Smartfren atau transfer pulsa antarpengguna Smartfren nyatanya sangatlah mudah karena ada beragam metode yang bisa Anda pilih. 

Adapun pengisian pulsa Smartfren sejatinya sama saja dengan operator seluler lain; Anda bisa membelinya di penjual pulsa, marketplace, layanan mobile banking, minimarket, atau bahkan situs web travelling seperti Traveloka.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]