Cek Kuota Indosat: Cara Mudah Memeriksa Sisa Kuota Internet di Provider Indosat

0
1154
Cek Kuota Indosat

Teknologi digital yang kian pesat membutuhkan layanan pelanggan yang responsif dan cepat. Pengguna Indosat kini bisa mengecek sisa internet dengan berbagai cara yang mudah dan praktis.

Anda pengguna provider Indosat? Cek kuota Indosat sekarang jauh lebih mudah, lho. Anda tidak hanya bisa mengecek lewat *123# dan menggunakan aplikasi Indosat Ooredoo, tetapi, ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan.

Untuk tahu cara lengkapnya, cek informasi berikut ini. 

Sekilas Tentang Internet Indosat

Sebelum Anda tahu cara cek pulsa Indosat dan internet dari Ooredoo, Anda perlu tahu dulu, apa sih layanan kuota yang ditawarkan oleh Indosat Ooredoo. 

Indosat Ooredoo menyediakan kuota internet baik prabayar ataupun pascabayar yang bisa Anda gunakan di dalam ataupun di luar negeri. 

Untuk jenis kuota internet prabayar, ada beberapa pilihan yang bisa jadi opsi, yaitu:

1. Freedom Combo

Paket internet ini menawarkan kuota besar plus menelepon ke semua operator. Jadi, Anda bisa lebih leluasa untuk menelepon dan berinternet. 

Ada 4 jenis paket bulanan dalam Freedom Combo, yaitu Rp31.000 (6 GB), Rp42.000 (10 GB), Rp64.000 (20 GB) dan Rp86.000 (30 GB). Jadi, Anda bisa memilih jenis paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

2. Freedom U

Jenis paket Freedom U cocok untuk Anda yang butuh untuk berinternetan di media sosial plus streaming dan meeting. Paket internet ini termasuk paket bulanan dan memiliki pilihan paket internet mulai dari 5,5 GB dengan harga Rp31.000. 

3. Freedom Internet

Jenis paket Freedom Internet memungkinkan Anda untuk leluasa berselancar di dunia maya. Anda bisa menggunakan kuota internet di semua jaringan dan ketika paket sudah habis, Anda tidak akan dikenakan tarif dasar internet. 

Di paket Freedom Internet, tersedia paket untuk harian, bulanan hingga beberapa bulan dengan harga mulai dari Rp5.000. 

Sedangkan untuk jenis paket internet pascabayar, tersedia paket internet Prime. Jenis paket internet ini menawarkan data rollover, nelpon ke semua operator hingga 100 menit. Anda juga bisa menikmati kuota utama hingga 100 GB.

Cara Cek Sisa Kuota Indosat

Setelah Anda mengaktifkan kuota internet Indosat, Anda bisa cek sisa kuota Indosat Ooredoo. Cara ini dilakukan agar Anda bisa mengantisipasi ketika sisa kuota Anda tinggal sedikit atau ingin tahu masa aktifnya sampai kapan agar kuota tidak hangus. 

Ada beberapa cara pengecekan sisa kuota. Mulai dari SMS, *123#, aplikasi hingga penggunaan website Indosat. Selengkapnya, cek caranya berikut. 

Via SMS

Cara pertama adalah dengan menggunakan SMS. Namun, untuk cara ini, Anda harus memastikan dulu kalau Anda punya pulsa yang mencukupi. 

Untuk cara mengeceknya, Anda bisa melakukan hal berikut:

  • Buka pesan/SMS di ponsel Anda.
  • Ketikkan “USAGE”.
  • Kirimkan ke 363.

Nantinya, Anda akan mendapatkan balasan mengenai informasi kuota internet yang Anda miliki. Mulai dari sisa kuota hingga masa aktif. 

Via Kode UMB

Jika Anda tidak punya pulsa, Anda bisa menggunakan kode UMB atau *123#. 

Salah satu cara cek masa aktif kuota Indosat ini bisa Anda lakukan dengan tahapan:

  • Buka menu panggilan dan ketikkan *123# > panggil atau dial.
  • Selanjutnya, akan muncul banyak pilihan menu. 
  • Ketikkan ‘22’ untuk info > Kirim > Tekan “4” untuk cek kuota > tekan “1” untuk paket internet > Kirimkan. 

Nantinya, Anda akan mendapatkan informasi mengenai paket internet yang sedang Anda gunakan via SMS. Mulai dari besar kuota hingga masa aktif paket. 

Baca juga: Ini Cara Mudah Cek Kuota Smartfren

Via Aplikasi

Ketiga adalah dengan aplikasi. Salah satu keunggulan cara cek kuota Indosat lewat aplikasi adalah Anda praktis karena bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan ada koneksi internet. Lewat aplikasi, Anda juga bisa memilih berbagai jenis paket internet dengan lebih mudah. 

Untuk menggunakan cara cek kuota IM3 selain *123# ini, Anda harus mengunduh, menginstal dan mengaktifkan aplikasi Indosat Ooredoo. Lalu, lakukan cara berikut:

  • Buka aplikasi Indosat Ooredoo
  • Sign in jika sudah punya akun atau sign up untuk mendaftar dan isi kelengkapan data diri.
  • Jika sudah, maka Anda sudah bisa melihat berapa sisa kuota Anda, bahkan sisa paket telepon dan SMS di bagian detail akun.

 Via WhatsApp

Jika Anda memiliki WhatsApp, Anda bisa menghubungi Indira sebagai asisten virtual Indosat. Jika kamu belum tahu nomor WhatsApp bisnis Indosat Ooredoo, klik di sini, dan klik icon WhatsApp untuk terhubung. Atau simpan nomor 08551000185.

Ketikkan “Cek kuota” pada chat dan Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar sisa kuota internet Anda.

Via Website

Opsi lain adalah dengan menggunakan website Indosat Ooredoo. Cara cek kuota Indosat pascabayar dan prabayar ini bisa Anda lakukan dengan cara:

  • Buka halaman https://myim3app.indosatooredoo.com/#/login.
  • Anda bisa masuk dengan menggunakan nomor, Facebook atau akun Google > lanjutkan. 
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke Anda sebagai verifikasi. 
  • Klik “Data”.
  • Nantinya akan muncul sisa kuota dari paket internet yang Anda gunakan. 

Cara Beli Paket Data Baru

Unsplash

Ketika sudah melihat sisa kuota kok ternyata kurang atau ingin membeli paket kuota lainnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Via Counter Pulsa Offline

Anda bisa melakukan cara ini ketika kuota habis atau lokasinya dengan dengan counter atau minimarket terdekat. 

Untuk membeli kuota baru, cukup mudah. Anda bisa bilang untuk langsung mengisi kuota internet sesuai dengan kuota yang Anda inginkan ke penjaga counter. Atau bisa membeli voucher dan Anda masukkan sendiri. 

Via Aplikasi Indosat Ooredoo

Jika Anda memiliki aplikasi Indosat Ooredoo, Anda bisa melakukan cara ini:

  • Buka aplikasi Indosat Ooredoo.
  • Pilih “Beli” dan pilih jenis paket yang ingin Anda beli
  • Setelah memilih paket, klik “Lanjutkan”. 
  • Untuk pembayaran, Anda bisa menggunakan e-wallet atau pulsa yang Anda miliki. Jadi, pastikan pulsa atau saldo e-wallet mencukupi. 

Anda akan mendapatkan notifikasi apakah pembelian paket internet tersebut berhasil atau tidak. Jika berhasil, maka kuota akan terisi secara otomatis. 

Via Marketplace

Jika Anda memiliki marketplace, misalnya Tokopedia, Anda bisa melakukan pembelian kuota internet dengan cara:

  • Buka Tokopedia. 
  • Pilih “Top up dan tagihan” lalu pilih menu “Paket Data”.
  • Input nomor telepon Anda atau yang akan ditambah kuotanya, lalu pilih “Paket Data” .
  • Jika semua sudah oke, klik “Lanjutkan” dan masuk ke menu “Pembayaran”. 
  • Sesuaikan metode pembayaran dengan yang Anda inginkan. 
  • Kuota akan terisi otomatis jika berhasil. 

Tips and Trick untuk Mengoptimalkan Penggunaan Kuota Internet Indosat

Agar kuota internet Anda tidak terbuang sia-sia atau bahkan sisa banyak, ada beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan kuota, yaitu:

  • Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah juga akan Anda gunakan untuk menelepon, teleconference, harian, atau streaming
  • Gunakan sesuai kebutuhan.
  • Tentukan banyak penggunaan data agar Anda tidak menggunakan kuota secara berlebihan. 
  • Pilih jaringan 4G untuk mendapatkan kecepatan data yang optimal. 
  • Atur APN pada ponsel Anda agar kecepatan jaringan Anda menjadi lebih kencang. 
  • Gunakan perangkat yang sesuai dengan jaringan yang Anda pilih. 

Kesimpulan

Jadi, cara cek kuota Indosat bisa Anda lakukan lewat SMS, kode UMB, aplikasi, WhatsApp hingga menggunakan website resmi. Sedangkan cara beli kuota bisa Anda lakukan secara offline seperti di minimarket, atau cara online seperti di aplikasi, website dan marketplace.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].