Kelebihan Serta Kekurangan Cashless Society dalam Proses Transaksi

0
3205
Cashless Society

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju kebutuhan akan teknologi menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, berkat teknologi juga segala hal menjadi lebih mudah dan cepat. Tak terkecuali teknologi yang membantu proses transaksi lebih mudah dan cepat, ya sekarang banyak orang yang mulai memilih untuk bertransaksi secara cashless atau tanpa uang cash.

Mungkin, bagi sebagian orang masih belum terbiasa dengan perilaku bertransaksi secara cashless. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat mau tidak mau kita harus menyesuaikan hal tersebut. Di 10 hingga 20 tahun ke depan mungkin peran dari uang tunai lambat laun akan tergantikan dengan kartu atau QR code sebagai cara pembayaran baru.

Tanpa disadari pun beberapa tahun belakangan era cashless society sudah mulai kita rasakan. Karenanya, untuk kamu yang belum menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari kita akan membahasnya dengan lengkap apa saja keuntungan serta kekurangan dari era cashless society ini.

Apa Sih Cashless Society?

Cashless society terbagi menjadi dua kata yaitu cashless dan society. Cashless sendiri dapat diartikan sebagai non tunai. Sedangkan society disini diartikan sebagai masyarakat. Jadi, apabila digabungkan dan diartikan secara harfiah cashless society ini adalah masyarakat non tunai dimana setiap individu tidak lagi menggunakan uang tunai dalam proses transaksi yang dilakukannya.

Sebenarnya apa sih keuntungan dan kekurangan dari penggunaan atau penerapan cashless dalam kehidupan sehari-hari?

Keuntungan Menggunakan Sistem Cashless dalam Transaksi

  • Mudah dan Aman

Seperti yang sudah kita katakan bahwa dengan tidak menggunakan uang tunai dalam transaksinya tentu akan jauh lebih mudah dan aman. Seperti contoh jika kamu ingin membeli sebuah barang yang bernilai tinggi atau mahal tentunya jika menggunakan uang tunai kamu harus mempersiapkannya terlebih dahulu dan sudah pasti berlembar-lembar untuk melakukan pembayarannya.

Nah, apabila kamu menggunakan sistem cashless seperti dengan kartu kredit ataupun kartu debit tentu akan lebih memudahkan serta mempercepat proses transaksi. Bahkan di era sekarang banyak dompet digital yang dapat menyimpan dana hingga puluhan juta rupiah. Karena itu dengan cashless kamu tidak lagi perlu khawatir saat membawa uang yang banyak.

  • Setiap Transaksi Memiliki Catatan yang Jelas

Dengan teknologi yang ada setiap transaksi yang kamu lakukan akan terlihat pada histori transaksi. Hal ini berlaku baik kamu melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, kartu debit, hingga dompet digital. Adanya catatan yang jelas tersebut tentu dapat membuat kamu mengelola keuangan dengan lebih baik. 

Baca juga: Ini Contoh Buku Kas Umum yang Biasa Digunakan!

  • Secara Tidak Langsung Turut Meningkatkan Pendapatan Negara

Transaksi yang tercatat dengan baik di atas tentunya dapat membuat pemerintah melihat siapa saja yang dapat dikenakan wajib pajak. Secara tidak langsung dengan pembayaran pajak yang kamu lakukan atas transaksi tersebut tentu membuat pendapatan negara lebih optimal.

Itulah beberapa keuntungan dari penggunaan sistem cashless dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kamu juga perlu mengetahui beberapa kekurangan dari penggunaan sistem cashless.

Kekurangan Menggunakan Sistem Cashless dalam Transaksi

  • Tidak Semua Orang Memiliki Pemahaman dalam Penggunaan Sistem Cashless

Ya, tidak semua orang memiliki pengetahuan yang cukup untuk menggunakan sistem cashless. Terutama mereka para orang tua yang harus kembali menyesuaikan dengan hal yang terbilang baru. Bagi masyarakat yang masih gagap teknologi tentunya akan kesulitan di awal saat menggunakan sistem ini dan pastinya mereka memiliki pendapat lebih mudah melakukan transaksi secara tunai.

  • Terdapat Biaya Administrasi

Untuk dapat menikmati kemudahan dari sistem cashless ini tentunya terdapat biaya transaksi ataupun biaya administrasi yang ditanggung oleh pengguna. Nominal dari biayanya sendiri berbeda-beda, namun biasanya nominalnya tidak terlalu besar. Karena itu, ini juga menjadi kekurangan yang paling sering diutarakan dan membuat banyak orang akhirnya mengurungkan niatnya untuk beralih ke sistem cashless.

  • Ancaman dari Cyber Crime

Semakin berkembangnya teknologi, tentunya semakin banyak juga orang yang mulai mencari celah dari perkembangan teknologi tersebut. Dengan adanya sistem cashless ini membuat banyak modus dari kejahatan cyber yang muncul. Risiko ini akan selalu mengikuti sistem transaksi ini sehingga banyak para perbankan ataupun fintech yang mulai membuat security yang lebih kuat untuk mencegah terjadinya cyber crime.

Itulah beberapa keuntungan serta kekurangan dari penggunaan sistem cashless. Terlepas dari keuntungan dan kekurangan yang ada pada sistem tersebut tentunya saat bertransaksi dengan metode digital maupun konvensional risiko terjadinya hal-hal seperti di atas tentu dapat terjadi. Namun, kewaspadaan dari pengguna itu sendiri yang dapat menekan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Karenanya dengan munculnya cashless society ini sebenarnya mempermudah serta mempercepat segala proses transaksi dalam dunia finansial dan bisnis. Sebagai pengguna baik itu sistem cashless maupun secara tunai diingat ya segala bentuk risiko yang dapat terjadi, agar proses transaksi yang dilakukan lebih aman dan nyaman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]