Cashback adalah: Definisi, Jenis, dan Keuntungannya

0
1681
Cashback Adalah

Saat berbelanja daring melalui e-commerce, ada banyak sekali penawaran menarik untuk Anda. Salah satunya adalah cashback. Ternyata, masih banyak orang beranggapan bahwa cashback sama dengan diskon, padahal keduanya jelas berbeda. Lalu, apa itu cashback? Apa saja jenisnya? Apa keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya cashback? Mari simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Cashback?

Cashback adalah sejenis hadiah yang berupa poin maupun uang tunai yang berasal dari perusahaan. Hadiah ini diberikan kepada pembeli yang telah melakukan transaksi suatu produk pada perusahaan tadi. 

Sebenarnya, cashback adalah salah satu bentuk rencana marketing guna bisa menarik minat pelanggan selain dengan memberikan bonus atau diskon. Apabila diskon biasanya diberikan langsung saat membeli produk, hadiah cashback sering diberikan ketika pelanggan melakukan transaksi berikutnya. 

Mulanya, cashback lebih sering dijumpai ketika Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit. Saat membeli produk menggunakan kartu kredit, Anda berkesempatan untuk mendapatkan poin dengan besaran tertentu. Setelah poin tersebut berhasil terkumpul, Anda bisa menggunakannya lagi untuk melakukan belanja sesuai dengan syarat maupun ketentuan yang ditetapkan. 

Bersamaan dengan perkembangan dalam bisnis belanja online, kini skema dari cashback menjadi lebih populer. Tak sedikit pelaku bisnis dan industri di bidang digital menawarkan program cashback kepada pelanggan untuk setiap transaksi produk tertentu. Tentunya, hal ini akan memberikan lebih banyak keuntungan, terlebih kepada pelanggan. 

Jenis Cashback

Cashback menawarkan keuntungan berbelanja secara online untuk para pelanggan. Ternyata, bentuk penawaran ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Cashback Kartu Kredit

Program cashback memang populer untuk para pengguna kartu kredit. Ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang diberikan oleh pihak bank agar pelanggan mau berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Nantinya, pelanggan akan mendapatkan poin atau uang kembali setelah melakukan transaksi dengan nominal tertentu. 

Cashback E-Commerce

Pelanggan terlebih dahulu mengklaim promo cashback yang hendak dipakai sebelum menekan pilihan checkout pada keranjang. Hadiah yang didapat bisa berupa koin, poin, maupun uang digital yang dapat dipakai kembali pada saat belanja selanjutnya.

Setiap e-commerce tentu punya syarat maupun ketentuan yang tidak sama terkait cashback ini. Umumnya, pelanggan perlu berbelanja dalam nominal tertentu atau membeli produk khusus untuk bisa mendapatkan cashback.

Cashback Properti

Jenis lain dari cashback adalah program berupa uang kembali dalam bisnis properti. Penawaran ini banyak dipakai sebagai strategi pemasaran para developer agar pelanggan tertarik untuk membeli atau menyewa properti mereka. Contoh mudahnya, Anda melakukan pembelian rumah dan mendapatkan hadiah berupa televisi, kulkas, AC, kitchen set, meja makan, oven atau microwave. 

Tak jarang pula, hadiah yang diberikan berupa kesempatan undian untuk mendapatkan sepeda lipat, sepeda motor, atau bahkan mobil. Mengingat harga jual properti yang memang cukup tinggi, tak heran jika hadiah yang ditawarkan pun lebih mahal. 

Baca juga: 4 Tips Investasi Properti bagi Pemula

Cashback Kendaraan 

Program cashback juga banyak dipakai pada perusahaan leasing atau pembiayaan kendaraan. Agar dapat menarik minat pelanggan, mereka kerap memberikan hadiah cashback berupa ponsel, jaket, helm, laptop, dan lainnya. Hadiah tersebut bisa langsung Anda dapatkan setelah melakukan pembelian kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. 

Cashback Kartu Debit

Selain kartu kredit, Anda juga bisa mendapatkan cashback dari penggunaan kartu debit. Setelah Anda menyelesaikan proses transaksi, Anda akan mendapatkan uang yang dikirimkan kembali ke saldo tabungan atau debit. Selain itu, hadiah juga bisa berupa reward maupun poin untuk belanja berikutnya. 

Cashback Reward

Bentuk lain dari cashback adalah reward. Biasanya, pihak penjual akan menawarkan hadiah ini dalam bentuk poin kepada pelanggan berdasarkan nilai pembelian dalam jumlah tertentu. Nantinya, poin tadi bisa Anda tukarkan dengan hadiah atau produk lainnya. 

Keuntungan Cashback

Sebenarnya, cashback menjadi salah satu penawaran yang memberikan keuntungan bagi penjual maupun pembeli. 

Keuntungan bagi Pembeli

Pembeli akan diuntungkan dengan mendapatkan kembali uang mereka dalam jumlah tertentu atau berupa poin maupun voucher yang dapat dipakai saat transaksi selanjutnya. Semakin banyak jumlah cashback, tentu semakin hemat pula belanjanya. Bahkan, pembeli bisa membayar belanja dengan menggunakan cashback

sepenuhnya. 

Keuntungan bagi Penjual

Sementara itu, keuntungan bagi penjual yang memberikan cashback adalah mendapatkan pelanggan yang setia untuk terus berbelanja di toko mereka. Terlebih apabila penjual memberikan produk yang berkualitas dan layanan yang memuaskan. Demikian tadi definisi, jenis, dan keuntungan dari cashback. Sampai sekarang, cashback masih menjadi cara pemasaran yang populer di kalangan bisnis digital. Ini karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, baik itu dari sisi pembeli maupun penjual. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].