Tips Menjaga Cash Flow atau Arus Kas dalam Sebuah Bisnis

0
18382
cash flow adalah

Istilah cash flow mungkin tidak terlalu asing di telinga orang yang akrab dengan urusan bisnis terutama soal keuangan. Dalam Bahasa Indonesia, istilah ini dikenal dengan nama arus kas. Ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, cash flow memiliki peran vital terhadap keberlangsungan suatu bisnis. Secara teori, cash flow adalah laporan keuangan yang berisi informasi tentang pengaruh kas dari kegiatan operasi, transaksi investasi, serta transaksi pembiayaan atau pendanaan yang mengalami kenaikan ataupun penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama periode tertentu.

Sederhananya, cash flow merupakan pergerakan uang masuk (cash inflow) atau keluar (cash outflow) pada sebuah bisnis dalam periode tertentu.

Elemen Cash Flow

Ada beberapa elemen dalam arus kas yang menjadi bahasan utama, yaitu uang masuk dan uang keluar. Uang masuk bisa didapatkan dari perolehan keuntungan, hasil investasi, penghasilan pasif, ataupun hasil penjualan. 

Sedangkan yang termasuk uang keluar adalah pembayaran pajak, gaji karyawan, pengeluaran rumah tangga, hingga cicilan pinjaman. Jika jumlah uang masuk atau pendapatan lebih besar, maka pada laporan keuangan akan tercipta cash flow yang positif. Sebaliknya, arus kas akan menjadi negatif apabila pengeluaran perusahaan lebih besar daripada pendapatannya. 

Tips Agar Cash Flow Selalu Positif

Dalam menjalankan sebuah bisnis, memperoleh keuntungan tentu saja menjadi tujuan utama. Termasuk di dalamnya, memiliki cash flow yang senantiasa positif. Untuk mewujudkan ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Salah satunya adalah dengan menyisihkan dulu uang yang akan ditabung dan diinvestasikan.

Setelah dana yang dimiliki telah ditabung dan diinvestasikan, prioritaskan pendapatan untuk membayar pajak dan investasi awal bulan. Sisanya bisa digunakan untuk membayar utang atau membeli kebutuhan rumah tangga atau perusahaan lainnya. 

Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan agar arus kas senantiasa positif, di antaranya:

  • Membuat Anggaran Belanja Perusahaan yang Sesuai

Saat memiliki bisnis, keinginan untuk membuat perusahaan yang besar pasti terbersit dalam benak kita. Tetapi sebenarnya yang terpenting dari sebuah perusahaan adalah sehat tidaknya perekonomian pada perusahaan tersebut. Untuk membuat kondisi ekonomi yang sehat dibutuhkan anggaran belanja yang sesuai.

Sesuai berarti segala anggaran yang dibuat memang benar-benar dibutuhkan untuk keperluan karyawan dan bisnis, bukan sekadar ekspansi berisiko atau bahkan tanpa perencanaan yang matang. Untuk membuat anggaran yang sesuai, perhatikan laporan keuangan di tahun-tahun sebelumnya.

Lakukan beberapa penambahan atau pengurangan anggaran sekiranya itu perlu untuk dilakukan. Karena meskipun kelihatannya kondisi keuangan tahun sebelumnya stabil, bukan berarti di dalamnya tidak akan kita temukan pembelanjaan yang sia-sia dan harus dieliminasi agar arus kas senantiasa positif.

  • Membuat Laporan Keuangan

Inti dari cash flow adalah laporan keuangan. Jadi tidak mungkin kita mengetahui apakah arus keuangan positif atau negatif tanpa adanya laporan. Untuk mengetahui hal ini tentunya dibutuhkan laporan keuangan menyeluruh dari setiap pos. Pembuatan laporan keuangan ini tentu harus dilakukan dengan teliti atau bahkan melalui proses audit.

Pastikan juga bahwa setiap uang yang keluar atau masuk tercatat dengan baik diikuti bukti yang konkrit. Jika hal ini dilakukan secara rutin dengan pengawasan yang tepat, bukan tidak mungkin cash flow yang tadinya negatif menjadi positif dan memberikan keuntungan yang signifikan pada perusahaan.

Baca juga: 7 Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan secara Benar

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Penghasilan tambahan pada sebuah perusahaan bisa dilakukan dengan cara melakukan investasi terhadap sektor terkait. Investasi tidak selalu berbentuk ekspansi usaha. Jika kondisi ekonomi perusahaan tidak memungkinkan, investasi bisa berbentuk penanaman modal di bidang usaha lain atau inovasi produk.

Meskipun berisiko, tetapi hal ini juga berpengaruh terhadap arus kas. Tetapi sebelum melakukan investasi, pastikan kita mengetahui dengan baik kondisi perekonomian perusahaan dan pasar. Jika dirasa tepat, investasi bisa dilakukan tanpa harus mengalami kerugian.

Setelah membaca ulasan di atas bisa disimpulkan bahwa cash flow adalah hal penting yang perlu diketahui oleh setiap orang baik individu maupun perusahaan. Dengan memiliki arus kas yang sehat, maka kondisi ekonomi pun akan semakin mudah.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]