Tahapan dan Cara Transfer Uang Lewat ATM dengan Mudah

1
123
Cara Transfer Uang Lewat ATM

Bagaimana sih cara transfer uang lewat ATM? Pertanyaan ini selalu muncul di benak sejumlah orang yang belum pernah mengoperasikan ATM sama sekali. Menggunakan ATM untuk mengirimkan uang bukanlah perkara yang sulit. Asal teliti, uang yang dikirim pun pasti akan sampai ke penerima yang dikehendaki.

Cara Mengirim Uang Lewat ATM

Mengirim uang lewat ATM harus mengikuti langkah-langkah yang benar. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti salah kirim, kartu ATM terblokir, atau bahkan menjadi korban penipuan.

Di bawah ini adalah langkah-langkah mentransfer uang lewat ATM yang wajib untuk diperhatikan.

1. Masukkan kartu ATM

Pertama, siapkan kartu ATM yang akan kamu pakai dan datanglah ke mesin ATM sesuai dengan bank yang kamu gunakan. Setibanya di ATM, masukkan kartu ke slot mesin. Ingat, garis hitam yang ada di belakang kartu harus menghadap ke bawah. Pastikan pula untuk memasukkan ATM sesuai arah panah pada kartu.

2. Masukkan enam digit PIN

Langkah selanjutnya dalam cara mentransfer uang di ATM adalah memasukkan PIN. Begitu kamu memasukkan kartu ATM, mesin otomatis akan memintamu memasukkan PIN. Pastikan kamu memasukkan enam digit PIN-mu dengan teliti.

Jangan sampai ada satu angka pun yang terlewat. Sebab, kartu ATM milikmu akan terblokir kalau kamu salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Jadi, pastikan PIN yang kamu masukkan sudah benar, ya!

3. Tentukan jenis transaksi

Bila PIN yang kamu masukkan benar, layar mesin ATM otomatis akan menampilkan berbagai pilihan transaksi. Di antaranya seperti Pembayaran/Pembelian, Tarik Tunai, Setor Tunai, Transfer, dan sebagainya. Untuk mengirim uang, maka pilih opsi “Transfer”.

4. Tentukan tujuan transfer

Selanjutnya ini mungkin agak membingungkan untuk pengguna baru. Jadi, perhatikan dengan saksama, ya.

Pada menu “Transfer”, layar mesin akan menampilkan dua tujuan transfer, yakni ke sesama bank dan bank lain. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Cara transfer ke sesama bank: Pilih menu “Transfer Sesama Bank” bila rekening penerima berasal dari bank yang sama denganmu. Lalu, masukkan nomor rekening dan pilih “Benar”.
  • Cara transfer ke bank lain: Pilih menu “Transfer Antar Bank” bila rekening penerima berasal dari bank lain. Selanjutnya, masukkan kode bank dan nomor rekening,  lalu pilih opsi “Benar”.

5. Masukkan banyaknya uang yang akan ditransfer

Untuk memasukkan uang yang ingin kamu transfer, tekan tombol-tombol nomor pada mesin. Pastikan jumlah yang kamu masukkan sudah benar, khususnya angka 0. Kalau sudah yakin benar, tekan opsi “Benar”.

6. Tunggu transaksi diproses

Langkah terakhir dalam cara transfer uang lewat ATM berikut ini juga perlu diperhatikan. Setelah memasukkan nominal transfer, layar mesin akan menampilkan sejumlah informasi. Di antaranya nomor rekening, nama pemilik rekening, dan tentu saja jumlah transfer. 

Pilih opsi “Benar” jika semuanya sudah sesuai dan pilih “Salah” bila ada yang ingin kamu koreksi. Tunggu transaksi transfer diproses. Jika sudah, tulisan “Transaksi Berhasil Diproses” otomatis akan muncul pada layar. 

Kalau kamu ingin melakukan transaksi lain, pilih “Ya”. Kalau kamu ingin menyudahi, pilih “Tidak”. Setelah transaksi selesai, mesin akan mengeluarkan bukti transaksi. Ambil bukti transfer tersebut sekaligus kartu ATM. 

Sebagai catatan, transfer uang ke sesama bank tidak akan dikenakan biaya transaksi. Sementara kalau kamu mentransfer uang ke bank lain, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp6.500. Biaya ini otomatis akan langsung memotong saldo di kartu ATM milikmu.

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Mengenai Sistem Transaksi yang Berlaku di Indonesia

Tips Mengirim Uang Lewat ATM

Bagaimana, mudah bukan mengirim uang lewat ATM? Meski terbilang mudah, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat bertransaksi di ATM. Kebanyakan mesin ATM saat ini memang sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang lengkap. Namun, kamu tetap harus berhati-hati.

Perlu diketahui bahwa masih ada banyak sekali tindakan kriminal yang erat kaitannya dengan penggunaan kartu dan mesin ATM. Nah, berikut adalah tips aman yang perlu kamu ketahui saat mengoperasikan ATM.

  • Saat menggunakan mesin ATM, pastikan tidak ada orang lain yang berdiri di belakangmu. Kalau bisa, berdiri lah tepat di depan keypad mesin sebagai pelindung ganda saat kamu memasukkan PIN.
  • Bawa pulang struk transaksi atau robek-robek sebelum membuangnya.
  • Kalau kartu ATM-mu tertelan, usahakan untuk segera menghubungi call center bank. Jangan menunda-nunda karena proses pengembalian kartu cenderung sangat lama. 

Itu tadi cara transfer uang lewat ATM. Bagaimana, mudah bukan? Meski mudah, kamu tetap harus berhati-hati saat bertransaksi melalui mesin ATM. Salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali saja bisa berujung fatal. Jadi, pastikan untuk selalu teliti. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.