7 Hal Ini Dapat Diterapkan Agar Kamu Tidak Lagi Boros

0
736
Boros

Semua orang tentu menyukai kegiatan yang mengeluarkan uang dan menyenangkan dirinya sendiri. Baik tua maupun muda. Belanja dapat menimbulkan rasa senang terutama belanja untuk kesenangan atau hobinya sendiri. Namun, kebiasaan ini patut diwaspadai, karena jika terus dilakukan tentu akan menimbulkan kesulitan dalam kondisi keuangannya. Selain itu, kebiasaan ini juga akan membuat masalah lainnya yang dapat timbul yaitu kebiasaan berhutang. 

Karena itu, tanpa disadari banyak orang yang merasa bahwa apa yang dilakukannya bukanlah boros namun mereka hanya menganggap bahwa selama mereka masih dapat membiayai dirinya sendiri, maka mereka menganggap kondisi keuangannya masih cukup baik. Padahal nyatanya, mereka tidak memiliki dana darurat atau dana simpanan. Nah, karenanya untuk kamu yang masih kesulitan untuk mencari cara bagaimana agar kamu dapat terhindar dari kebiasaan boros, kamu dapat menerapkan 7 hal di bawahini agar kamu dapat mengoptimalkan keuanganmu.

Terapkan Hal Ini Agar Kamu Tidak Lagi Boros di Tahun Depan!

  • Susun Anggaran

Ketika kamu sudah terbiasa boros, maka hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah memeriksa anggaran keuangan yang dimiliki. Tidak hanya memeriksa, baiknya kamu dapat menyusun anggaran dengan lebih teratur. Terapkan dan sesuaikan anggaran baik itu secara harian, bulanan atau hingga tahunan untuk mencapai kondisi keuangan yang optimal. 

Namun, untuk menyusun anggaran diperlukan perhitungan dan pertimbangan yang baik dalam penyusunannya. Setelah anggaran yang disusun dirasa pas, maka kamu dapat menerapkannya langsung dalam kehidupan sehari-hari. Segala sesuatu tentu membutuhkan proses, untuk itu hasil dari penyusunan anggaran ini diperlukan waktu untuk mencapai hasil yang terbaik.

  • Lakukan Analisa

Perlu diingat bahwa menghabiskan uang membelanjakan sesuatu bukanlah hal yang salah, apabila kamu membelanjakan sebuah barang yang memang dibutuhkan dan memiliki nilai investasi, maka tentu hal ini dapat kamu lakukan. Karenanya, sebelum berbelanja lakukan analisa terlebih dahulu agar dapat mengoptimalkan biaya yang dikeluarkan. 

Dengan melakukan analisa kamu dapat memilih milih mana yang perlu dan mana yang sekiranya tidak perlu atau dapat ditunda. Ketahui dengan baik untuk apa dan kenapa kita melakukan spending money. Jangan lupa untuk tetap melakukan kontrol agar dapat mengatur pengeluaran saat sedang membelanjakan sesuatu.

  • Berhemat Secara Perlahan

Ingat! Semua hal yang dilakukan tentu membutuhkan proses untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Karenanya, tidak apa jika kamu melakukannya secara perlahan namun dengan pasti. Hal ini juga sesuai apabila kamu memiliki sebuah rencana untuk merubah cara pengelolaan finansialmu, pastikan merubahnya secara bertahap dan perlahan.

Baca juga: 10 Cara Hidup Hemat Mudah Untuk Diterapkan

  • Buat Kebiasaan Baru yang Terjangkau

Saat ini mungkin banyak yang memiliki kebiasaan seperti minum kopi setiap hari. Kebiasaan tersebut dapat kamu ubah agar kamu tidak lagi boros. Seperti contoh setiap hari kamu membeli secangkir kopi seharga Rp25 ribu sehari jika hal ini terus dilakukan tanpa sadar kamu sudah mengeluarkan uang Rp175 rb hanya untuk kopi dalam kurun waktu seminggu dan sebulan kamu sudah menghabiskan Rp700 rb, banyak bukan?

Nah, kamu bisa ubah kebiasaan tersebut tanpa menghilangkan kebiasaan utamanya yaitu minum kopi, dengan cara mulai membuat kopi sendiri dengan membeli kopi lalu menyeduhnya sendiri. Membuat kopi sendiri juga dapat membuat kamu berkreasi dengan menyesuaikan rasa dan takaran dari kopi sesuai dengan keinginanmu. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih irit dan tentunya lebih optimal dalam pengeluaranmu.

  • Buat Reminder

Buat pengingat agar memudahkan kamu dalam mengontrol pemasukan serta pengeluaran yang kamu miliki. Beberapa orang yang memiliki kartu kredit biasanya sering ‘kebobolan’ dalam mengatur kartu kredit yang dimiliki, karena itu dengan membuat pengingat terkait berapa limit yang dapat kamu keluarkan secara bulanan tentu dapat mengontrol penggunaan kartu kredit tersebut.

Pengingat ini tidak hanya berlaku untuk pengelolaan kartu kredit saja, namun kamu dapat membuat pengingat ini untuk mengelola kondisi keuangan lainnya seperti pengingat untuk menabung atau melakukan pengembangan dana.

  • Ketahui Penyebab dan Cari Solusi

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas bahwa sebagian orang mungkin tidak menyadari jika dirinya boros. Padahal mereka menghabiskan uangnya hanya untuk kebutuhan-kebutuhan yang sebenarnya bukan prioritasnya, seperti berbelanja hanya karena mengisi waktu luang. Penyebab tersebut juga dapat kita carikan solusinya, seperti mengisi waktu luang dengan sekedar duduk ngobrol bersama teman atau berjalan-jalan di sekitar taman sekaligus menghirup udara segar di taman.

Hal tersebut tentu lebih bermanfaat dan tentunya dapat mengoptimalkan kondisi keuanganmu. 

  • Menabung

Poin terakhir yang terpenting adalah dengan melakukan investasi atau menabung. Hal ini adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan saat memiliki rencana untuk terhindar dari boros. Menabung kamu juga dapat belajar untuk memiliki tanggung jawab menyisihkan dana setiap bulan. Investasi atau menabung juga dapat membuat kamu memiliki dana masa depan dan dana darurat. Terlebih lagi jika kamu memilih untuk melakukan investasi, dana yang kamu sisihkan tersebut dapat berkembang.

Namun, yang perlu diperhatikan sebelum memulai investasi adalah memilih jenis investasi yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Yuk Hindari Kebiasaan Boros dengan Melakukan Pengembangan Dana Bersama Akseleran

Melakukan pendanaan di Akseleran kamu dapat menikmati bunga hingga 21% per tahun. Dari segi keamanan juga tidak perlu diragukan, karena Akseleran memiliki proteksi asuransi pada peluang usahanya. Selain itu Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga seluruh proses transaksi yang dilakukan lebih aman.

BLOG100Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here