Cara Menilai Laporan Keuangan Borrower

0
458

Bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin menjadi peminjam (borrower) melalui Akseleran akan banyak menerima keuntungan, karena proses pengajuan pinjaman di Akseleran mudah dan cepat.

Untuk menjadi borrower di Akseleran ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

  • Usaha/bisnis sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun, dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Sementara untuk usaha yang berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan Akseleran sepanjang jumlah pinjaman lebih dari Rp200 Juta.
  • Sudah berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  • Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 (tiga) bulan terakhir.
  • Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.

Jika semuanya sudah terpenuhi, Ivan Tambunan selaku Chief Executive Officer sekaligus Co-Founder Akseleran mengatakan, cara menilai laporan keuangan calon borrower, Akseleran akan selalu melakukan cross check walaupun laporan keuangan calon borrower sudah diaudit.

“Kita akan cek ulang lalu membandingkan laporan keuangan dengan rekening koran, match atau tidak dari sisi angkanya, sehingga kita tidak asal terima calon borrower begitu saja meski sudah diaudit,” ujar Ivan saat Webinar Lender Gathering beberapa waktu lalu.

Penjelasan cara menilai laporan keuangan borrower bisa disaksikan di sini:

Seperti pada umumnya, untuk mengecek calon peminjam apakah layak atau tidak diberikan pinjaman. Tim Akseleran akan menganalisa dari sisi pendapatan, aset, utang maupun piutangnya.

Baca Juga:
Akses Aplikasi Akseleran Bisa dengan Fingerprint
Special Guest: Kisah Sukses Borrower Akseleran

Dilakukan penilaian terhadap laporan keuangan calon borrower, karena laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Sehingga Akseleran sebagai entitas yang menyelenggarakan fintech Peer to Peer (P2P) Lending harus mengetahui laporan keuangan calon peminjam yang nantinya akan dinilai layak atau tidak.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]