Ini Mudahnya Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

0
123
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Salah satu alasan mengapa kita harus bekerja adalah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Terutama untuk mereka yang sudah memiliki keluarga, tentunya kebutuhan rumah tangga menjadi semakin banyak. Memang saat kita sudah berkeluarga kebutuhan menjadi semakin beragam mulai dari biaya makan, transportasi, pendidikan hingga kebutuhan lainnya, karena itu diperlukan kemampuan yang baik dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Cara mengatur keuangan rumah tangga ini memang bisa dibilang mudah dan bisa dibilang sulit, hal ini kembali lagi kepada tergantung setiap individu dalam mengatur keuangannya. Pendapatan yang besar bukan berarti dia memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan lebih baik dibandingkan mereka yang memiliki pendapatan lebih sedikit.

Jadi, sebenarnya bagaimana sih cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik? Selengkapnya kita akan membahasnya di bawah!

  • Hitung Seluruh Pendapatan yang Didapat

Langkah yang pertama saat mengatur keuangan rumah tangga adalah melakukan perhitungan dari seluruh pendapatan yang diterima baik itu pendapatan bulanan, penghasilan tambahan hingga pendapatan dari hasil pengembangan dana. Tujuan dari melakukan perhitungan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dana yang diterima serta dapat dialokasikan untuk berbagai kebutuhan baik itu kebutuhan yang sifatnya primer, sekunder dan tersier.

  • Menyusun Prioritas

Setelah melakukan kalkulasi secara menyeluruh pendapatan yang diterima, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan atau menyusun segala rencana pengeluaran rumah tangga mulai dari yang paling dibutuhkan atau diprioritaskan. Hal-hal yang diprioritaskan mulai dari pengeluaran kebutuhan sehari-hari, transportasi, segala bentuk tagihan dan biaya-biaya lainnya.

  • Sisihkan Sebagian Pendapatan Untuk Tabungan, Asuransi atau Investasi

Hal ini adalah hal yang paling penting sekaligus wajib untuk dilakukan mulai dari menyisihkan 20%-30% dari total pendapatan untuk ditabungkan, asuransi ataupun diinvestasikan. Dari total 20%-30% kamu dapat mulai membaginya seperti 10% untuk tabungan, 5% untuk asuransi kesehatan dan 15% untuk diinvestasikan.

Ketiga hal itu memiliki manfaatnya masing-mascaraing. Tabungan biasa untuk kebutuhan yang tidak terduga, asuransi kesehatan untuk melindungi kesehatan pribadi dan keluarga dan investasi atau pengembangan dana untuk mempersiapkan dana di masa depan.

Khusus untuk yang terakhir yaitu investasi atau pengembangan dana ini penting untuk dilakukan, sebagai pemula kamu dapat memulainya dengan modal yang relatif kecil, risiko yang terukur serta keuntungan yang optimal seperti emas, reksadana hingga yang Peer-to-Peer (P2P) Lending.

  • Persiapkan Dana Darurat

Dana darurat ataupun dana cadangan merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipersiapkan. Jangan lupa untuk mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan ini, karena dengan memiliki dana darurat setidaknya kamu akan lebih siap saat menghadapi kondisi yang tidak terduga.

Untuk nominal dana darurat ini tidak ada nominal pastinya yang harus dipersiapkan, namun setidaknya setiap bulan kamu harus menyisakan untuk keperluan ini. Yang terpenting komitmen dari setiap individu terhadap tanggung jawab yang sudah dibuat dan dipersiapkan terhadap dana darurat jangan sampai digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya tidak darurat.

Baca juga: Mudahnya Mempersiapkan Dana Darurat dengan 3 Langkah Ini!

  • Jaga Rasio Hutang

Poin ini juga cukup penting, karena untuk memiliki keuangan yang stabil tentunya rasio utang kamu juga cukup stabil dan tidak mengganggu pendapatan yang dimiliki. Karena jika melebihi, maka pendapatan yang kamu sudah atur untuk kebutuhan yang lebih penting akan habis hanya untuk membayar cicilan utang.

Oleh karena itu, jika ingin memiliki rasio utang yang tetap sehat dan optimal, maka jangan melebihi 30% dari seluruh pendapatan yang dimiliki.

Seperti yang sudah kita kita bahas bahwa cara mengatur keuangan rumah tangga memang mudah-mudah sulit, namun yang terpenting komitmen dan konsistensi yang terus dijaga agar tetap rutin untuk menerapkan hidup hemat agar keuangan tetap stabil.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]