Cara Mendaftar QRIS untuk Pelaku Usaha

0
146
Cara Mendaftar QRIS untuk Pelaku Usaha

Kemajuan teknologi terlebih di bidang finansial yang kian pesat saat ini menjadi primadona di tengah masyarakat. Pasalnya, kemajuan ini memungkinkan transaksi dan pembayaran bagi masyarakat menjadi lebih praktis. Salah satu langkah besar dalam kemajuan sektor finansial ialah peluncuran Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS oleh Bank Indonesia. QRIS merupakan produk kolaborasi antara Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang melibatkan 4 lembaga switching domestik.

Kehadiran QRIS dapat membantu banyak usaha dalam bertransaksi dengan pelanggannya. Proses mendaftarkan usaha untuk mendapatkan kode QRIS pun mudah. Berikut cara daftar InterActive QRIS yang dengan mudah Anda lakukan.

1. Registrasi di website resmi QRIS

Cara mendaftar QRIS adalah dengan mengakses situs resmi QRIS, www.qris.id. Lakukan pendaftaran pada halaman Registrasi QRIS. Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentang QRIS, klik tombol daftar QRIS atau akses www.qris.id/register dan lanjutkan dengan memilih jenis bisnis yang sesuai dengan bidang usaha yang dimiliki. Lanjutkan pengisian formulir sesuai dengan yang diarahkan.

2. Lakukan pembayaran QRIS

Jika sudah melakukan pengisian formulir, kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran untuk melengkapi proses pendaftaran QRIS dengan menggunakan E-Wallet (GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, dsb).

Jika setelah melakukan pengisian formulir namun belum melakukan pembayaran, maka pendaftaran akan memiliki status pending dengan maksimal 14 hari sebelum data isian direset

3. Cek notifikasi registrasi

Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan username dan password untuk login di halaman dashboard yang dikirimkan melalui email dan WhatsApp yang didaftarkan pada formulir pendaftaran.

Jangan lupa login pada halaman dashboard untuk melengkapi pengajuan permohonan dengan mengunggah data secara mandiri.

4. Lengkapi dokumen di dashboard QRIS

Selanjutnya kamu bisa melengkapi dokumen di dashboard QRIS sebelum pengajuan diproses. Periksa kembali data yang akan diunggah untuk menghindari pengulangan permohonan pengajuan.

Jika tahapan ini berhasil diverifikasi, maka kamu akan mendapatkan National Merchant ID (NMID) terhitung sejak data diterima secara lengkap. NMID merupakan Merchant ID yang diperoleh setelah pendaftaran QRIS berhasil. OPEN API QRIS harus menggunakan NMID yang diperoleh dari pendaftaran di InterActive QRIS.

5. Registrasi berhasil

Kamu akan mendapatkan notifikasi maksimal dalam waktu 7 hari kerja melalui email dan WhatsApp mengenai kelengkapan data, apakah data yang disampaikan sudah benar, lengkap atau masih ada yang kurang.

Jika data yang diupload mengalami kendala, maka dalam waktu 1×24 jam akan diinformasikan kembali melalui email dan WhatsApp. Proses pengajuan wajib direvisi atau dilengkapi kembali dengan mengunggah dokumen administrasi yang benar.

Jika dokumen dan persyaratan telah lengkap dan berhasil diverifikasi, maka kamu dapat langsung mencetak NMID QRIS secara mandiri dan menerima transaksi menggunakan QRIS

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba