5 Cara Menabung yang Paling Efektif

2
4874
Cara Menabung

Setiap orang tentu ingin mempersiapkan kehidupan yang lebih baik untuk masa depannya. Namun, untuk mempersiapkannya diperlukan berbagai cara, salah satunya dengan menabung. Tetapi, banyak dari kita yang belum mengerti keuntungan menabung dan cara menabung yang efektif dan efisien. Dengan menabung kita dapat mempersiapkan segala kemungkinan seperti dana darurat, dana pendidikan dan berbagai keperluan lainnya dapat kamu persiapkan dari tabungan yang dimiliki. 

Tetapi bagaimana memiliki tabungan yang lebih tahan lama dan tabungan yang dapat menghasilkan. Karena itu, kita akan membahasnya cara menabung yang efektif:

Untuk yang Selalu Gagal, Ini Cara Menabung yang Paling Ampuh

  • Buat Rencana Tabungan

Pastikan mengetahui berapa banyak dana yang akan kita tabungkan, idealnya sisihkan 20% hingga 30% pendapatan bulanan untuk ditabung. Lalu, sekiranya kamu dapat menabung hingga memiliki dana untuk menutupi biaya hidup enam bulan kedepan untuk dijadikan dana darurat.

Kenapa harus 6 bulan? Apabila terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kita dalam tahap sedang tidak mampu untuk bekerja, waktu 6 bulan adalah waktu yang paling efektif untuk kita agar pulih kembali secara finansial.

  • Gunakan Sistem Debit Otomatis

Gunakan sistem menabung secara otomatis. Sistem debet otomatis ini sudah digunakan hampir seluruh Bank yang ada di Indonesia. Penggunaannya pun cukup mudah, biasanya saat memutuskan untuk menggunakan debet otomatis ini nasabah membuat sebuah kesepakatan terlebih dahulu dengan pihak perbankan terkait berapa nominal yang dipotong, berapa lama waktu debit otomatis ini dan beberapa kesepakatan lainnya.

Dengan begitu untuk kamu yang boros akan terbantu agar lebih disiplin menabung karena sistem ini. Sistem ini juga biasanya tidak dapat melakukan penarikan dalam jangka waktu bulanan, setidaknya minimum penarikan ini 1 kali pengambilan dalam 1 tahun. Namun, ini kembali lagi kepada kebijakan setiap Bank.

  • Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit memang terbilang dapat membantu keuangan bulananmu, tetapi memang penggunaan kartu kredit ini harus lebih bijak. Karena dengan menggunakan kartu kredit biasanya penawaran dan potongan harga jauh lebih besar dibandingkan melakukan pembayaran secara tunai. Ini yang tanpa kita sadari penggunaan kartu kredit menjadi bengkak dan menyebabkan keuangan terganggu.

Untuk terhindar dari jerat utang ataupun pengelolaan keuangan yang berantakan, tutup akun kredit milikmu menggunakan pembayaran melalui tunai maupun debit.

Baca juga: Dibanding Apply Kartu Kredit, Lebih Baik Investasi Saja!

  • Pilih Barang yang Memiliki Diskon

Hal yang paling utama membuat kita sulit menabung adalah dengan seringnya melakukan pembelian barang belanjaan. Memang untuk hal yang satu ini terbilang cukup sulit menahan keinginan untuk berbelanja, karena itu kamu dapat coba melakukan tips yang satu ini agar pengeluaranmu dapat lebih terjaga.

Cara mudahnya adalah dengan membeli barang yang memiliki potongan harga atau diskon. Dengan memilih barang-barang yang diskon, kamu dapat sisihkan dananya untuk menabung.

Cara Menabung

  • Lakukan Pengembangan Dana

Pengembangan dana adalah cara menabung terbaik untuk mengembangkan dana milikmu. Tidak hanya sekedar menyimpan dana, tapi dengan pengembangan dana kamu juga dapat menikmati bunga dari kegiatan tersebut. Saat memilih pengembangan dana diperlukan yang benar-benar cocok untuk kebutuhanmu, seperti apakah tujuan menabung ini jangka pendek atau jangka panjang.

Lalu, seperti yang sudah kita katakan sebelumnya kamu dapat mulai menyisihkan 20%-30% pendapatan bulanan untuk pengembangan dana, dana tersebut itulah yang dapat kamu sisihkan untuk pengembangan dana secara bulanan. 

Seperti contoh jika kamu menabung secara bulanan dengan nominal Rp1 juta dalam kurun waktu 6 bulan, maka dana yang terkumpul senilai Rp6 juta. Bandingkan jika kamu melakukan pengembangan dana di platform P2P Lending dengan nominal yang sama dan waktu yang sama, maka dana kamu akan menjadi Rp6.213.535. Lumayan, bukan?

Menabung memang penting, namun lebih penting lagi mengetahui cara menabung yang efektif dan efisien. Pilih dengan bijak tempat menabung yang paling cocok, sesuai dan dapat memberikan kelebihan untukmu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100 Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama P2P Lending Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here