11 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan yang Benar

0
1040
cara menabung 10 juta dalam 3 bulan

Akhir-akhir ini, banyak tips menabung yang bisa Anda coba. Bahkan, Anda bisa lho, menabung dengan total 10 juta dalam 3 bulan. Simak beberapa cara menabung 10 juta dalam 3 bulan di artikel ini. 

Ada berbagai motif orang mengumpulkan uang 10 juta. Misalnya ingin membeli laptop, untuk modal usaha, melunasi hutang, membeli kado, dan lain sebagainya. Apa pun tujuan Anda, pastikan menggunakan tabungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan, bukan hanya karena keinginan semata.

Berikut ini kami berikan 11 cara menabung 10 juta hanya dalam waktu 3 bulan yang ampuh untuk Anda coba. Bacalah artikel ini hingga selesai.

11 Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

https://images.unsplash.com/photo-1621378864046-0122e4a415a5?ixlib=rb-4.0.3&ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&auto=format&fit=crop&w=870&q=80

Cara-cara menabung di bawah ini telah banyak dibuktikan, tentunya kunci dari keberhasilan menabung ini adalah konsisten. Inilah cara-cara menabungnya:

1. Tentukan Alokasi Gaji

Cara menabung 10 juta selama 3 bulan yang pertama adalah dengan menentukan atau membuat alokasi gaji. Alokasi gaji yang baik tentunya sesuai dengan pendapatan individu masing-masing. Anda bisa menerapkan strategi yang cukup efektif, yaitu metode alokasi 50-20-20-10.

Alokasi gaji tersebut sangat membantu Anda dalam menyisihkan sebagian uang dari gaji Anda. Sebenarnya terkait dengan alokasi gaji ini, yang terpenting adalah cukup untuk kebutuhan terlebih dahulu. 

2. Buat Tabel Catatan Finansial

Cara menabung yang ampuh selanjutnya adalah membuat catatan finansial. Buatlah catatan setiap pemasukan dan pengeluaran. Dengan cara ini, arus keuangan Anda akan lebih terkendali. Selain itu juga akan mencegah Anda dalam menghambur-hamburkan uang. 

Terkait catatan keuangan ini, di zaman teknologi yang serba canggih ini Anda bisa menggunakan catatan financing digital. Atau, jika Anda lebih nyaman dengan catatan buku, maka buatlah buku khusus untuk catatan tersebut. 

Di samping itu, dengan catatan keuangan ini, Anda dapat mengevaluasi keuangan Anda. Anda bisa memprediksi kira-kira harus menabung berapa rupiah dalam sehari untuk mengumpulkan 10 juta dalam tiga bulan.  

3. Buatlah Rekening Khusus

Cara menabung 10 juta dalam waktu yang cepat selanjutnya adalah dengan membuat rekening khusus. Hal ini perlu Anda lakukan agar uang lebih aman tersimpan. Karena jika uang tabungan Anda gabungkan dengan rekening yang biasa Anda gunakan transaksi sehari-hari, maka sangat rawan terpakai.

Sehingga jika uang tabungan Anda terus terpakai, lama-lama tabungan Anda akan berkurang. Prospek mengumpulkan 10 juta dalam waktu 3 bulan pun akan menjadi lebih sulit. 

Ada baiknya uang yang ada dalam rekening khusus tersebut Anda alokasikan ke dalam investasi, misalnya reksadana Dengan investasi ini, uang Anda akan semakin bertumbuh dan tidak terpakai transaksi.

4. Hitung Kebutuhan Dana Darurat

Menghitung dana darurat sangat penting Anda lakukan. Sebab dengan ini, Anda bisa menentukan instrumen tabungan Anda setiap bulannya. Untuk menghitung dana darurat, ada cara simpel yang cukup efektif. Berikut ini cara menghitungnya:

Lajang = 3 x jumlah pengeluaran

Menikah = 6 x jumlah pengeluaran

Menikah dan memiliki 1 anak = 9 x jumlah pengeluaran

Agar lebih mudah dalam memahami, berikut kami berikan simulasinya. 

Misalnya Anda sudah menikah dan memiliki jumlah pengeluaran 7 juta per bulan. Maka 6 x 7 juta = 42 juta. Jadi dana darurat yang setidaknya harus Anda persiapkan adalah sekitar Rp42 juta.

5. Tentukan Frekuensi Tabungan

Untuk mewujudkan keuangan yang sehat, cash flow atau arus kasnya harus sehat dulu. Untuk mendapatkan arus kas yang sehat, salah satu kuncinya adalah rajin menabung. Dengan rajin menabung, secara otomatis Anda selalu membagi gaji di setiap bulannya.

Mengumpulkan uang 10 juta selama 3 bulan tak akan terwujud jika Anda tidak pernah menyisihkan sebagian pendapatan Anda atau tidak konsisten. Tak perlu dipatok sehari harus berapa jumlahnya, yang terpenting selama satu bulan itu minimal terkumpul sepertiga dari 10 juta. Atau, sekitar 3,4 juta.

Sehingga genap 3 bulan, Anda akan mendapatkan dana sebesar 10 juta. Adapun jika frekuensi tersebut terlalu berat dijalankan, maka Anda bisa memilih frekuensi lain. Frekuensi tersebut bisa frekuensi tabungan harian, mingguan, atau bulanan.

Sebagai contoh, Anda memakai frekuensi harian. Dalam sehari Anda bisa menabung sebesar 100 ribu, maka dalam seminggu Anda akan mendapatkan sekitar 800 ribu. Kemudian dalam satu bulan Anda bisa mengumpulkan sekitar 3 juta, sehingga dalam tiga bulan akan terkumpul sekitar 10 juta.

Baca juga: 5 Cara Menabung yang Paling Efektif

6. Double Job

Langkah ini merupakan tips yang cukup ampuh bagi Anda yang pendapatannya masih kurang untuk menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan. Misalkan Anda bekerja di agency yang gajinya sesuai sekitar 3 juta. Kemudian setelah dipotong kebutuhan-kebutuhan Anda sehari-hari, maka rasanya cukup sulit untuk mengumpulkan 10 juta.

Oleh karena itu, salah satu tips yang efektif adalah dengan double job. Maksud dari double job adalah memiliki dua pekerjaan. Akan tetapi Anda harus tetap memprioritaskan pekerjaan utama. Di era digital ini, ada banyak pilihan untuk melakukan kerja freelance atau WFH (work from home). 

Artinya, Anda bisa bekerja dari rumah dan tidak terikat waktu. Sistem kerja seperti ini akan sangat membantu Anda yang membutuhkan pemasukan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Adapun berbagai profesi yang kebanyakan menggunakan sistem freelance WFH adalah editor, desain grafis, penerjemah, penulis, les privat online, dan masih banyak lagi.

7. Bisnis Affiliate 

Saat ini, perusahaan-perusahaan besar di Indonesia telah banyak membuka kemitraan bisnis affiliate. Ini merupakan kesempatan emas yang harus Anda ikuti. Kelebihan bisnis ini adalah sangat mudah dijalankan dan membutuhkan sedikit waktu untuk menjalankannya. 

Anda hanya perlu share link affiliate ke media sosial Anda, dan jika ada user yang mengklik lalu terjadi transaksi, maka Anda akan mendapatkan fee. Adapun besaran fee tersebut masing-masing perusahaan memiliki ketetapan sendiri. Ada yang sebesar 5 persen, 10 persen, 20 persen. 

Dengan menjalankan bisnis affiliate ini uang Anda akan cepat terkumpul banyak. Sehingga meraih 10 juta dalam kurun waktu 3 bulan menjadi hal yang nyata, bukan sekadar angan belaka.

8. Jalankan Preorder Business

Cara menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan yang tepat berikutnya adalah dengan menjalankan pre order business. Sistem dari preorder ini adalah pelanggan membayar terlebih dahulu jasa atau produk yang akan dibeli. 

Sehingga hal ini dapat meminimalkan modal Anda dalam berbisnis. Adapun bisnis yang bisa Anda jalankan dengan sistem ini adalah POD atau print on demand, catering, dan lainnya. Keuntungan dari bisnis ini juga sangat besar, sehingga akan mempermudah Anda dalam mengumpulkan 10 juta dalam 3 bulan.

9. Menjadi Pengajar Les Online

Menjadi seorang pengajar online sering dilakukan oleh para mahasiswa untuk memenuhi biaya kuliahnya. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang ingin menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan. Anda bisa memasang tarifnya sendiri dan menentukan waktu mengajarnya. 

10. Hindari Kartu Kredit dan Pay Later

Sebagai orang yang sedang ingin mengetatkan anggaran dan mulai menabung, Anda sebaiknya menghindari kartu kredit atau pay later. Cara ini merupakan cara yang cukup jitu untuk menabung 10 juta dalam 3 bulan. Di zaman yang serba mudah ini Anda mungkin akan mudah sekali terjebak dalam jeratan kartu kredit atau pay later. 

Oleh karena itu, Anda wajib menghindari kartu kredit jika tidak ingin pengeluaran membengkak dan semakin sulit untuk menabung 10 juta dalam beberapa bulan.

11. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Cara yang terakhir ini adalah cara pamungkas yang sangat penting untuk menabung 10 juta dengan cepat. Sebab kebanyakan orang menghambur-hamburkan uangnya untuk membeli hal-hal yang kurang penting dan manfaat, hanya karena menuruti semua keinginannya. 

Hasilnya adalah keuangannya tidak pernah sehat. Maka Anda sebagai orang yang bertekad menabung 10 juta selama 3 bulan, harus pandai mengatur pengeluaran, prioritaskan untuk kebutuhan saja.Itulah 11 cara menabung 10 juta dalam 3 bulan yang cukup ampuh. Silakan Anda terapkan dan teruslah konsisten. Sebab, semua cara tersebut tak akan berhasil jika Anda tidak konsisten menjalankannya.  Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].