12 Cara Memilih Kost yang Aman dan Nyaman

0
604
Cara Memilih Kost yang Nyaman

Tinggal di kost merupakan fase yang umumnya dilewati perantau, baik untuk urusan pendidikan maupun pekerjaan. Dalam memilih kost, sebaiknya mempertimbangkan faktor kenyamanan dan keamanan. Kenyamanan bisa dinilai dari fasilitas, kebersihan, serta jarak dengan tempat kerja atau kampus.

Supaya lebih jelas, Anda bisa menyimak 12 cara memilih kost yang nyaman dalam pembahasan berikut ini.

Dapatkan Referensi Kost dari Sumber yang Dipercaya

Zaman sekarang, referensi kost bisa diperoleh dari banyak sumber, salah satunya internet. Anda dapat menemukan beberapa website khusus penyedia informasi kost melalui internet. Supaya mendapatkan kost berkualitas, carilah website yang sudah terbukti akurasi infonya.

Jika ingin mencari referensi dari sumber lain, tanyakan kepada teman atau kerabat yang pernah tinggal di kost pilihan Anda. Biasanya, informasi tersebut lebih valid karena berdasarkan pengalaman nyata.

Cek Kondisi Fisik Bangunan Kost

Cara memilih kost yang nyaman berikutnya dengan memeriksa keadaan fisik kost. Semisal, mengecek dari segi desain kost, kekuatan bangunan, kondisi atap, dan letak kamar. Kemudian, periksa juga dinding-dinding di bangunan kost. Pastikan dindingnya kuat dan terawat.

Jika Anda menemukan kekurangan pada bangunan, coba tanyakan rencana renovasi kepada pemilik kost. Beberapa sang pemilik kerap memperbaiki bagian tertentu sesuai dengan permintaan penghuni kost.

Cek Kebersihan Kost

Cara memilih kost yang baik yaitu mengecek kebersihan setiap ruangan. Anda bisa mulai memeriksa dari kebersihan teras, ruang tamu, toilet, hingga kamar tidur. Kemudian, cek juga ketersediaan tempat sampah di lingkungan kost. Pastikan pemilik kost memisahkan antara tempat sampah organik dan anorganik.

Perhatikan Peraturan yang Dibuat Pemilik Kost 

Saat survei ke lokasi kost, Anda harus memastikan adanya peraturan tertulis dari pemilik untuk semua penghuni. Pasalnya, peraturan tersebut dapat mencegah terjadinya tindakan negatif di sekitar kost.

Peraturan kost biasanya mencakup jam malam untuk berkunjung atau bertamu. Selain itu, cek apakah ada larangan tamu pria masuk ke kamar wanita atau sebaliknya. Jika tidak ada, Anda bisa mempertimbangkan ulang untuk memilih kost tersebut. 

Cara Informasi dari Masyarakat Sekitar Kost

Untuk memastikan kenyamanan Anda selama tinggal di kost, tanyakan suasananya kepada masyarakat sekitar. Anda bisa mencari tahu tentang karakter pemilik kost, penghuninya, serta peristiwa yang mungkin pernah terjadi di kost.

Pilih Kost yang Strategis

Lokasi kost idealnya berada di tempat strategis. Salah satunya, kost berdekatan dengan kantor Anda atau kampus. Selain itu, pastikan kost mudah dijangkau berbagai jenis kendaraan, dekat pusat kuliner, serta fasilitas umum.

Amati Penghuni Kost

Setiap kost memiliki pengaturan tersendiri terkait penghuni kamar. Pemiliknya bisa jadi mengizinkan kost dihuni oleh pria dan wanita. Karena itu, Anda harus memastikan pilihan sejak awal agar nyaman.

Tanyakan Tempat Tinggal Pemilik Kost

Keberadaan pemilik kost penting untuk diketahui agar Anda bisa mengukur tingkat keamanan tinggal di sana. Bagi mahasiswa atau pelajar, sebaiknya memilih kost yang satu rumah dengan sang pemilik. Sebaliknya, untuk karyawan maupun pekerja, bisa tinggal di kost yang terpisah dari rumah pemiliknya.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Bedanya Cost dan Expense?

Periksa Kondisi Kamar Secara Detail

Ketika masuk ke kamar tidur, Anda harus mengecek ukurannya. Jika memilih kamar berukuran besar, otomatis biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Sebaliknya, kamar berukuran lebih kecil, biasanya bertarif murah.

Selain ukuran, periksa kondisi pintu kamar tidur. Pastikan pintunya bisa ditutup dan dikunci dengan sempurna. Setelah mengecek pintu, amati keadaan fisik tempat tidur dan lemari yang disediakan. Terakhir, periksa bagian ventilasi dan kamar mandi yang letaknya menyatu dengan ruang tidur.

Tanyakan Fasilitas Tambahan di Kost

Beberapa kost menyediakan fasilitas tambahan untuk penghuninya berupa penyejuk ruangan dan internet. Jika kedua fasilitas tersebut tersedia di kost pilihan Anda, tanyakan aturan penggunaannya kepada pemilik kost.

Cek Ketersediaan Tempat Parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan, keberadaan tempat parkir tentu penting. Untuk itu, tanyakan kepada pemilik kost mengenai luasan tempat parkir dan lokasinya. Anda juga harus mencari tahu tentang aturan penggunaan area parkir untuk penghuni kost dan tamunya.

Pilih Kost yang Menawarkan Variasi Harga

Cara memilih kost yang nyaman berikutnya dengan menanyakan variasi harga kamar kepada pemiliknya. Jika ada pilihan harga, Anda dapat mempertimbangkan bujetnya. Jadi, Anda tidak perlu repot mencari kost lain yang menawarkan harga sesuai keinginan.

Demikian ulasan singkat seputar 12 cara memilih kost yang nyaman untuk pelajar, mahasiswa, maupun karyawan. Dalam memilih kost, kenyamanan penting karena dapat mempengaruhi produktivitas Anda. Selain itu, kost yang bersih, aman, dan lengkap fasilitasnya tentu membuat betah penghuninya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].