Cara Membuat CV beserta Contoh Resume yang Menarik

0
766
Cara Membuat CV

Sudah menjadi rahasia umum bahwa CV atau Curriculum Vitae adalah salah satu elemen penting bagi para pencari kerja. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara membuat CV yang menarik agar banyak perusahaan terkemuka melirik. Berdasarkan sebuah penelitian, perekrut hanya memerlukan waktu kurang lebih enam detik, ya, enam detik saja untuk memeriksa CV calon pekerja. Itulah bukti bahwa CV bisa jadi penentu nasib para pencari kerja. 

Nah, karena CV ternyata memang telah menjadi hal yang krusial di dunia profesional, mulai sekarang pelajari cara membuat CV atau resume yang baik dan menarik. 

Cara Membuat CV Menarik bagi Pemula

Meski sudah umum, masih banyak yang masih mempertanyakan perbedaan antara CV dan resume. Seperti telah kita bahas, CV merupakan suatu dokumen yang berguna untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja dari seorang pelamar kerja.  

Lantas, apa itu resume? Berbeda dari CV, resume ialah sebuah dokumen rangkuman tentang pengalaman kerja, pencapaian, serta informasi mengenai tujuan karier si pelamar kerja secara ringkas dan jelas.  

Kembali ke cara membuat CV menarik, buatlah CV yang tepat sasaran dengan cara berikut ini.

  • Hal utama yang dicantumkan pada bagian atas atau header adalah nama, alamat rumah, nomor ponsel/telepon, dan alamat email.

Dalam CV, informasi pribadi sangat perlu dicantumkan. Jangan lupa untuk meletakkan data pribadi ini pada bahkan header agar terlihat jelas oleh perekrut atau pewawancara saat pertama kali membuka CV Anda. 

  • Jika Anda sudah punya pengalaman kerja, cantumkan saja meskipun itu hanya berupa internship atau magang, terutama yang masih relevan dengan background pendidikan.

Pada penyajian keterangan pengalaman kerja di CV, pekerjaan terakhir disarankan untuk ditempatkan pada urutan pertama. Lalu, informasi utama tentang pengalaman kerja tersebut ialah job description atau tanggung jawab selama menjalani profesi tersebut. 

  • Tuliskan pula pendidikan yang pernah Anda jalani, terutama universitas jika ada dan posisi peletakannya harus di bawah pengalaman kerja.

Pada bagian pendidikan yang sudah dijalani, ada baiknya cantumkan yang penting saja. Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bagian latar belakang edukasi, yakni:

  • Nama sekolah atau perguruan tinggi.
  • Lamanya durasi dalam menempuh pendidikan.
  • Jurusan dan fakultas yang diambil (untuk perguruan tinggi atau SMK, Sekolah Menengah Kejuruan).
  • Nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) atau nilai UN (Ujian Nasional).
  • Di bawah bagian latar belakang pendidikan, masukkan pula skill atau kemampuan yang dikuasai

Meski Anda menguasai banyak skill atau kemampuan, tidak berarti semua harus dimasukkan. Sebaiknya, masukkan kemampuan yang masih relevan dengan profesi yang ingin Anda raih. Misalnya, jika Anda ingin menjadi seorang desainer grafis, skill yang masih ada hubungannya yaitu Adobe Photoshop, Corel Draw, Canva, dll. 

Baca juga: Pentingnya Memahami Fungsi dan Tujuan dari Pendidikan

  • Bila dirasa perlu, Anda pun bisa memasukkan informasi ekstra seperti minat, bakat, prestasi, atau pengalaman berorganisasi saat masa kuliah.

Informasi tambahan ini tidak krusial tetapi bisa dicantumkan jika masih ada ekstra space pada CV Anda. Mungkin saja, informasi ini bisa jadi nilai tambah Anda di mata perekrut!

Contoh Resume Menarik

Seperti CV, resume sebenarnya merupakan versi singkat dari CV Anda. Walaupun cara membuat resume sudah dapat terbayang di benak Anda, tidak berarti itu mudah. Ini dia contoh resume menarik yang layak disimak.

Riska Mariana

HR Manager

Contact Details 

Tempat, Tanggal Lahir: Bogor, 9 September 1990

Alamat: Perumahan Anggrek Asri Raya Blok A No.12, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Indonesia (67843)

Telepon: 0838-4321-5678

E-mail: [email protected]

Academic History

S1 Jurusan Psikologi tahun 2006-2010 , Universitas Padjajaran Bandung, IPK 3,55.

S2 Jurusan Psikologi 2011-2013, Universitas Gadjah Mada, IPK 3,73.

Skills

TOEFL 599

Microsoft Office, Adobe Photoshop, public speaking, English & Indonesian fluent.  

Work History

Staf HRD di PT. Kemenangan Makmur Abadi (2013 – 2016).

HR Manager di PT. Bima Chakti (2016 – 2019).

Kesimpulan 

Demikian informasi mengenai cara membuat CV yang benar beserta contoh resume menarik, semoga berguna bagi Anda. Ingat, hal-hal utama apa saja yang perlu dicantumkan pada CV dan resume. Jangan sampai ada yang tertinggal! Sukses, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]