7 Cara Membahagiakan Keluarga Agar Lebih Harmonis

0
875
Cara Membahagiakan Keluarga

Keluarga merupakan tempat utama anak membentuk karakter dan kebiasaan. Keluarga juga menjadi rumah yang selalu menerima Anda, apapun kondisinya. Bisa dikatakan, keluarga punya fungsi yang sangat penting dalam hidup. Inilah mengapa, Anda perlu memastikan bahwa keluarga yang Anda miliki selalu sehat dan bahagia. 

Cara Membahagiakan Keluarga

Membahagiakan keluarga memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah mempererat hubungan Anda dan keluarga. Lalu, bagaimana cara membahagiakan keluarga yang bisa dilakukan? Tentunya juga sangat beragam, berikut beberapa di antaranya:

Quality time dengan keluarga

Cara membahagiakan keluarga yang pertama adalah lebih sering menghabiskan waktu bersama atau quality time. Tentunya ada banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti bermain musik bersama, berolahraga bersama, bermain bersama, dan menonton televisi bersama.

Selain itu, tak ada salahnya untuk sesekali merencanakan perjalanan atau liburan. Misalnya staycation saat akhir pekan atau mengambil cuti untuk berlibur selama beberapa hari. Tak hanya membuat Anda menjadi lebih dekat dengan keluarga, Anda pun bisa menjauhkan diri sejenak dari padatnya pekerjaan. 

Saling bertukar cerita

Selain itu, luangkanlah waktu untuk saling bertukar cerita bersama keluarga. Misalnya saat waktu makan atau waktu bersantai. Tidak harus membicarakan hal berat, Anda bisa bercerita tentang hal-hal lucu atau sekadar aktivitas sehari-hari di kantor. 

Ini menjadi salah satu cara membahagiakan keluarga yang membuat anggota keluarga satu dengan lainnya menjadi semakin dekat dan saling terbuka. Dengan begitu, ketika ada masalah yang terjadi di keluarga, anggota keluarga akan saling membantu untuk mencari solusi. 

Berbagi tugas rumah

Hal lain yang bisa Anda coba untuk membuat keluarga bahagia yaitu berbagi tugas rumah dengan anggota keluarga. Cara ini secara tidak langsung dapat menciptakan rasa tanggung jawab, khususnya bagi anak. Sebab, sudah seharusnya semua anggota keluarga saling membantu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga.

Dengan begitu, setiap anggota keluarga tidak menjadikan hal ini sebuah beban, tetapi bentuk tanggung jawab. Anda bisa mencobanya dengan mengajak anggota keluarga bekerja bakti bersama, atau membagi pekerjaan ketika akhir pekan. Misalnya, ibu bertugas memasak, anak bisa membantu mencuci pakaian dan membuang sampah, serta ayah bisa membantu menyapu dan mengepel rumah. 

Keterbukaan antar anggota keluarga

Idealnya, dalam menjalin hubungan antar anggota keluarga haruslah dimulai dengan sikap saling terbuka. Supaya menjadikan hal ini salah satu kebiasaan di rumah, Anda sebagai orang tua harus memberikan contoh kepada anak-anak. Ini akan membuat anak merasa tidak harus menyelesaikan masalahnya sendiri dan lebih mudah berbagi hal apa pun yang terasa mengganggu. 

Selain itu, biasakan luangkan waktu untuk mengobrol dengan anak-anak. Tidak hanya membuat Anda menjadi lebih dekat dengan anak, Anda juga lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka sehingga dapat membuatnya jujur dengan orang tua.

Makan bersama

Perlu diingat, cara membahagiakan keluarga tidak selalu harus dengan harta. Meluangkan waktu makan bersama juga bisa membangun ikatan keluarga yang kuat. Terutama jika Anda sudah sangat sibuk dan jarang punya waktu bersama dengan keluarga. 

Tidak harus pergi ke restoran mewah, Anda bisa membiasakan makan bersama di rumah. Misalnya saat sarapan sebelum memulai aktivitas dan makan malam selepas Anda pulang bekerja. Kebiasaan ini akan membuat terciptanya interaksi dan keterbukaan komunikasi. 

Baca juga: Berikut 6 Hal yang Tidak Perlu Dihemat

Minimalkan penggunaan ponsel saat bersama

Kehadiran ponsel tak jarang membuat komunikasi semakin berkurang. Tak hanya itu, benda ini bahkan bisa membuat seseorang yang dekat menjadi terasa jauh. Jadi, Anda dapat mencoba untuk mengurangi pemakaian ponsel ketika sudah berada di rumah, terutama ketika sedang makan. Isilah waktu dengan lebih banyak mengobrol dan berinteraksi dengan anggota keluarga. 

Hindari bertengkar dengan pasangan di depan anak

Cara membahagiakan keluarga yang terakhir adalah tidak bertengkar di depan anak. Perbedaan mungkin tidak dapat dihindari, tetapi setidaknya Anda memikirkan apa dampak yang mungkin dirasakan anak. Pertengkaran orang tua membuat anak tak lagi merasa nyaman di rumah. Bukan tidak mungkin anak juga menjauh dan tak lagi percaya dengan orang tuanya. 

Demikian tadi beberapa cara membahagiakan keluarga yang dapat Anda coba lakukan. Memastikan untuk selalu membuat keluarga bahagia adalah kunci penting dalam membangun keluarga yang harmonis. Semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].