Tips Mudah Hingga Cara Jualan di Tokopedia

0
67
Cara Jualan di Tokopedia

Di masa pandemi, marketplace dan e-commerce termasuk salah satu jenis perusahaan yang justru mengalami lonjakan pendapatan. Bagaimana tidak, keterbatasan akibat PPKM membuat banyak orang melakukan online shopping untuk berbelanja kebutuhan mereka.

Melihat potensi tersebut, sangat bijaksana apabila kita mulai membangun sebuah bisnis dan bekerja sama dengan marketplace seperti Tokopedia. Tokopedia sendiri merupakan salah satu marketplace terbaik tanah air dan termasuk dalam daftar startup Indonesia yang sudah menyandang status Unicorn.

Meskipun peluang sukses berjualan di Tokopedia cukup besar, tapi kita tidak bisa mengabaikan jumlah seller yang telah bergabung di marketplace ini. Kamu masih membutuhkan strategi bisnis tepat agar penjualan mencapai hasil yang diinginkan.

Tip Jualan di Tokopedia

Untuk menarik pelanggan, ada beberapa cara jualan di Tokopedia yang bisa kamu jadikan referensi, yaitu:

1. Buat Branding Menarik

Untuk membedakan produk yang kita jual dengan seller lain, buatlah branding menarik baik itu berupa logo, warna, atau kemasan. Branding menarik tidak hanya akan membuat orang penasaran, tetapi juga terpicu untuk melakukan pembelian produk yang dijual.

2. Gunakan Foto Produk Memikat

Sebuah survei menunjukkan, 80% pembeli online langsung melakukan transaksi begitu mereka melihat foto produk yang menarik. Fakta ini tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan cara menyiapkan visualisasi produk yang memikat. Apabila mengalami kendala untuk mempraktikkan salah satu cara jualan di Tokopedia ini, jangan ragu untuk menggunakan jasa profesional sehingga produk kamu terlihat lebih elegan. 

3. Tulis Deskripsi yang Jelas

Berbeda dengan praktik jual beli konvensional, kamu harus memanfaatkan kolom deskripsi sebagai upaya untuk membuat pembeli tertarik. Inilah mengapa ketika menuliskan deskripsi produk, pastikan pemaparannya dibuat padat, jelas, dan menjelaskan tentang kelebihan manfaatnya.

Penulisan deskripsi semacam itu tidak hanya dapat memicu penjualan, tetapi juga membantu pembeli memilih produk sesuai dengan keinginan mereka. Salah satu contoh penulisan deskripsi yang tepat adalah, 

Sempol Ayam Frozen merupakan camilan lezat tanpa pengawet, berasal 100% bahan alami, dan sudah halal MUI. Hadir dalam kemasan praktis, yaitu 250 grm dan 500 grm, Sempol Ayam Frozen mudah digoreng dan disajikan untuk keluarga atau tamu yang datang ke rumah.

Baca juga: 7 Usaha Online yang Menjanjikan

4. Pasang Harga Kompetitif

Sah-sah saja apabila kita ingin mendapatkan keuntungan lebih. Tapi akan sangat baik jika harga yang dipasang tidak terlalu mahal ataupun terlalu murah. Inilah mengapa sebelum memasang harga, pastikan kamu telah melakukan riset pasar sehingga tahu berapa harga yang tepat untuk produk dagangan mu dan mengalami keuntungan.

Sebuah riset membuktikan, sekitar 50% transaksi pembelian dilakukan berdasarkan harga yang dipasang seller. Jadi selain meningkatkan penjualan, harga kompetitif diketahui dapat meningkatkan skor produk sehingga kemungkinan tampil di halaman depan marketplace untuk dipromosikan cukup besar. 

5. Rapikan Etalase Produk

Meskipun toko yang dimiliki virtual, bukan berarti kamu tidak perlu menata etalase produk. Tokopedia sendiri memiliki fitur categorized, untuk memilah produk berdasarkan jenis sehingga pelanggan mudah mencari barang yang diinginkan. Cara jualan di Tokopedia sangat efektif untuk toko yang menjual lebih dari satu jenis produk.

Misalnya, kamu menjual beberapa jenis pakaian. Tata etalase toko dengan cara memisahkan produk baju, celana, dan kemeja. Jadi ketika ada pembeli yang ingin membeli kemeja, mereka bisa langsung klik kategori “kemeja” dan menemukan produk yang diinginkan.

Cara Jualan di Tokopedia

Untuk mulai berjualan di marketplace, langkah pertama adalah memasang aplikasi di smartphone dan melakukan registrasi. Untuk memudahkan penjualan dan pengelolaan toko online, gunakan aplikasi Tokopedia Seller. Jika registrasi selesai dilakukan, klik menu “Buat Toko Gratis.”

Selanjutnya, tentukan nama dan link toko lalu lengkapi informasi lain, seperti slogan, logo, dan deskripsi toko sebagai identitas. Setelah itu, masukkan alamat toko dan tandai lokasinya di peta untuk memudahkan sistem menentukan estimasi biaya pengiriman dari toko mu ke alamat pembeli.

Terakhir, jangan lupa upload katalog produk dan ikuti beberapa cara jualan di Tokopedia yang sudah dipaparkan sebelumnya untuk meningkatkan angka penjualan. Mudah bukan?

Begitu toko resmi beroperasi, jangan lupa untuk promosi melalui media sosialmu. Bagaimanapun, penjual tetap harus berusaha meningkatkan produktivitas tokonya meskipun sudah bergabung dengan marketplace ternama seperti Tokopedia.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang tip antigagal dan cara jualan di Tokopedia, semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]