Ini Tahapan dan Cara Jualan di Lazada untuk Pemula!

0
800
Cara Jualan di Lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace paling populer di tanah air. Didirikan pada tahun 2012 silam oleh Maximillian Bittner, Lazada kini memiliki lebih dari 150.000 penjual dengan lebih dari 3.000 brand serta melayani lebih dari 560 juta konsumen di kawasan Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, Lazada memiliki total kunjungan bulanan mencapai 161,7 juta. Dengan potensi yang besar ini, banyak orang yang berusaha mencari tahu cara jualan di Lazada.

Jika Anda tertarik memasarkan produk yang Anda hasilkan ke Lazada, Anda tinggal mendaftarkan diri saja. Simak cara jualan di Lazada untuk Anda yang masih pemula berikut ini!

  • Dengan mengunakan ponsel atau PC, buka situs lazada.co.id atau dengan langsung mengklik tautan lzd.co/menjadiseller
  • Pada bagian bawah banner utama, Anda akan menemukan tombol “Menjadi Seller”. Pilih menu tersebut dan selanjutnya tekan “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”
  • Pada halaman pendaftaran, Anda akan menemukan beberapa kolom yang harus diisi. Lengkapi semua data yang diminta kemudian geser untuk melakukan verifikasi
  • Jangan lupa untuk membaca dan memahami semua isi dalam “Perjanjian Marketplace Lazada, Syarat dan Ketentuan”.

Data yang Dibutuhkan untuk Mendaftar Menjadi Seller di Lazada

Kesempatan untuk menjadi seller Lazada terbuka bagi perorangan maupun perusahaan (corporate). Hanya saja dibutuhkan persyaratan dokumen yang berbeda untuk masing-masing kategori seller.

Jika Anda ingin mendaftar sebagai individu, siapkan 2 dokumen yakni KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan buku tabungan. Pastikan nama pendaftar dan nama pemilik buku tabungan sama. Artinya, Anda tidak bisa mendaftar dengan menggunakan rekening milik orang lain.

Untuk pendaftar corporate, dokumen yang dibutuhkan ada 3 yakni Izin Usaha, NIB dan buku tabungan atau rekening koran. Untuk buku tabungan/rekening koran, nama yang tertera bisa menggunakan nama perusahaan atau nama Anda pribadi sebagai penanggung jawab. Perlu diingat bahwa satu rekening hanya bisa dipergunakan untuk mendaftarkan satu akun saja.

Mulai Berjualan di Lazada

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan diminta oleh pihak Lazada untuk menandatangani kontrak perjanjian. Bagian ini harus dibaca dengan cermat sampai Anda benar-benar memahaminya. Jangan sampai ada bagian yang terlewat agar tidak ada masalah yang merugikan di kemudian hari.

Begitu akun Anda terverifikasi, Anda sudah bisa langsung berjualan. Cara jualan di Lazada yang pertama kali harus Anda lakukan adalah dengan mengunggah foto dan data produk yang akan dijual. Bagaimana caranya?

  • Gunakan foto dengan kualitas yang baik agar pembeli bisa mendapatkan gambaran tentang produk yang Anda jual. Pastikan foto Anda memenuhi syarat agar proses unggah bisa berjalan lancar
  • Ikuti instruksi pengunggahan dan jangan lupa berikan deskripsi yang jelas agar calon pembeli bisa memahami dengan baik produk yang Anda jual.

Untuk memasukkan produk lain, ulangi lagi langkah-langkahnya dari poin pertama sampai semua produk Anda terpajang di etalase. Setelah semua produk terunggah, Anda hanya tinggal menunggu pembeli melakukan pemesanan.

Baca juga: 5 Syarat Mudah Dari Produk Online Merchant Financing!

Tips Agar Dagangan Anda Laris Manis di Marketplace

Berjualan di marketplace seperti Lazada pada dasarnya sama dengan berjualan di pasar. Anda harus bisa memberikan produk berkualitas terbaik dengan pelayanan yang memuaskan agar pembeli mau datang lagi. Ada beberapa tips penting supaya dagangan Anda semakin laris yakni:

  • Lengkapi profil toko Anda dengan alamat media sosial, jam operasional atau link ke website bisnis Anda (jika ada)
  • Sediakan beragam jasa pengiriman. Sebagian besar pembeli online umumnya sudah punya ekspedisi favorit masing-masing
  • Berikan promo berupa diskon maupun penawaran khusus lain secara berkala.

Meskipun Anda sudah memajang produk di toko, bukan berarti promosi jadi tidak penting lagi. Tips cara jualan di Lazada yang tidak kalah ampuh adalah dengan melakukan promosi salah satunya lewat media sosial pribadi maupun akun bisnis Anda.

Demikian informasi mengenai cara jualan di Lazada. Pastikan Anda mematuhi semua aturan yang diterapkan oleh Lazada agar terhindar dari masalah. Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]