5 Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman UKM

1
146
Pinjaman UKM

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan istilah yang ditujukan kepada bisnis berskala kecil dan menengah. Agar bisnis UKM dapat berkembang secara maksimal, suntikan modal sangat diperlukan. Modal digunakan untuk membeli bahan baku, menjalankan operasional, atau melakukan pengembangan produk.

Pelaku UKM dapat mencari pinjaman modal dari berbagai sumber, baik lembaga maupun perorangan. Apa saja di antaranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Mengajukan Kredit ke Bank

Salah satu solusi yang efektif bagi pelaku UKM yang ingin mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan usaha adalah mengajukan kredit ke bank. Hampir semua bank menyediakan fasilitas pinjaman UKM. Kredit yang ditujukan untuk usaha kecil dan menengah ini biasanya berbunga rendah dan lebih fleksibel dari segi jangka waktu.

Saat mengajukan kredit ke bank, Anda bisa memilih pinjaman tanpa agunan atau pinjaman dengan agunan. Perbedaan keduanya terlihat dari besar bunga yang ditetapkan dan jangka waktu pinjaman. Setelah menentukan jenis pinjaman, Anda perlu mempersiapkan dokumen yang diperlukan di antaranya identitas pribadi.

Meminjam modal usaha di bank lebih terjamin dan aman. Selain itu, persyaratan yang diperlukan juga biasanya tidak sulit untuk dipenuhi. Apabila ada kendala dalam usaha sehingga tidak bisa melakukan pembayaran kredit, Anda juga bisa mengajukan restrukturisasi.

Meminjam Uang di Koperasi

Jika Anda membutuhkan dana untuk mengembangkan usaha kecil, koperasi adalah solusinya. Persyaratan peminjaman uang di koperasi juga dikenal mudah dengan proses yang panjang. Namun, Anda harus menjadi anggota koperasi tersebut sebelum melakukan transaksi peminjaman.

Menjadi anggota koperasi berarti harus memenuhi kewajiban yang berlaku. Umumnya, anggota koperasi perlu membayar biaya anggota dan biaya lain yang ditetapkan untuk kepentingan bersama. Sebagai hak anggota koperasi adalah bisa mendapatkan pinjaman UKM dengan bunga yang tergolong rendah.

Mengajukan Pinjaman di Pegadaian

Pegadaian juga menyediakan fasilitas pinjaman usaha untuk UKM. Seperti diketahui, pegadaian merupakan tempat menggadaikan benda berharga, seperti logam mulia, barang elektronik, sertifikat rumah, atau kendaraan bermotor. Dari kegiatan menggadaikan tersebut, Anda bisa memperoleh dana tunai.

Bukan hanya untuk keperluan perorangan, pegadaian juga memungkinkan pelaku UKM memperoleh pinjaman usaha. Bahkan, pinjaman UKM tersebut bisa diajukan tanpa jaminan aset fisik, tetapi cukup dengan surat penagihan utang atau invoice. Nilai pinjaman yang bisa diperoleh antara Rp10 juta hingga Rp2 miliar.

Memanfaatkan P2P Lending

Saat ini, perkembangan dunia usaha sangat pesat diikuti oleh perkembangan teknologi finansial yang makin canggih. Salah satu keunggulan yang bisa dinikmati pada masa sekarang adalah kemudahan meminjam uang untuk modal usaha melalui platform P2P lending.

Apa itu P2P lending? P2P lending adalah layanan jasa keuangan yang memungkinkan pemberi pinjaman bertemu dengan penerima pinjaman. Layanan tersebut biasanya diselenggarakan secara online dengan sistem yang telah terbentuk. Pinjaman dilakukan tanpa perantara bank atau lembaga keuangan.

Pelaku usaha dapat menjadikan P2P lending sebagai salah satu solusi untuk memperoleh pinjaman UKM. Namun, Anda juga harus cermat dalam memilih platform yang tepercaya supaya tidak mengalami kerugian, termasuk penipuan dari oknum tertentu.

Baca juga: Cara Mengajukan Pinjaman di Akseleran

Mencari Investor

Untuk memperoleh pinjaman modal usaha, pelaku UKM dapat mencari investor yang mau berinvestasi pada bisnis tersebut. Investor akan menggelontorkan sejumlah dana untuk membantu pengembangan usaha sehingga UKM bisa berkembang lebih pesat. 

Untuk mencari pemodal yang potensial, pelaku usaha harus bisa memaparkan rencana usaha dengan jelas, termasuk nilai keuntungan yang akan diperoleh. Hal ini akan lebih menarik minat investor. Keahlian melakukan presentasi dan negosiasi juga sangat diperlukan pada tahap ini.

Bukan hanya pemilik modal besar, Anda juga bisa mengajukan pinjaman kepada teman atau kerabat yang tertarik dengan usaha tersebut. Bentuk kerja sama yang dilakukan harus saling menguntungkan. Kerja sama bisa dituangkan dalam perjanjian resmi sehingga lebih profesional.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh pinjaman UKM. Anda bisa mencoba salah satu di antaranya sesuai kebutuhan dana dan syarat-syarat yang tersedia. Dana pinjaman tersebut pun bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis UKM dengan lebih optimal.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.