Cara Aman Belanja Menggunakan Kartu Debit

0
450
Cara Aman Belanja Menggunakan Kartu Debit

Dalam dunia perbankan, terdapat dua jenis kartu yang paling umum dan sering kita temui sehari-hari yaitu kartu debit dan kartu kredit. Kartu debit lebih populer dengan sebutan kartu ATM yang bisa digunakan sesuai jumlah saldo rekening yang kita miliki, sementara kartu kredit bisa digunakan sesuai plafon yang diberikan tanpa dibutuhkan saldo di rekening. Bagi orang-orang yang tidak ingin memiliki hutang di kemudian hari, biasanya akan lebih memilih menggunakan kartu debit untuk memenuhi kebutuhannya. Namun sebetulnya penggunaan kartu debit pun bisa boros jika tidak dikelola dengan baik. Berikut ini adalah hal yang perlu kamu lakukan jika ingin menggunakan kartu debit.

1.    Bedakan rekening

Buat beberapa rekening terpisah sesuai kebutuhan. Misalnya satu rekening khusus untuk tabungan, sedangkan rekening lainnya khusus untuk kebutuhan berbelanja. Dengan begitu kamu bisa meninggalkan kartu ATM tabungan di rumah ketika pergi berbelanja agar kamu tidak tergoda menggunakannya.

2.    Atur limit

Agar pengeluaran tidak over budget, tetapkan limit setiap kali kamu menggunakan kartu debit. Contohnya kamu membatasi berbelanja tidak boleh lebih dari 1 juta rupiah. Jadi ketika berbelanja, uang 1 juta tersebut lah yang menjadi batas maksimal, bukan keseluruhan sisa saldo yang dimiliki.

3.    Tentukan penggunaan kartu

Supaya pengeluaranmu lebih terarah dan dapat sesuai kebutuhan, jangan menggunakan kartu debit untuk seluruh kegiatan belanja. Kamu bisa menentukan sejak awal, misalnya kartu debit hanya digunakan untuk belanja bulanan, belanja online, dan membayar tagihan.

4.    Teliti

Sebelum memasukkan PIN di mesin EDC, selalu periksa nominal yang akan dibayarkan. Beberapa kasus yang terjadi karena seseorang tidak cermat memperhatikan nominal di mesin EDC. Jangan lupa tutupi mesin EDC dengan tangan saat akan memasukkan PIN tersebut agar tidak terlihat orang sekitar ataupun terdeteksi oleh CCTV.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut