Perbedaan Car Wash Manual dan Hidrolik

1
3223
Car Wash

Menjaga kebersihan mobil bukan hanya berkaitan dengan rasa percaya diri orang yang mengendarainya. Dengan mencuci mobil secara berkala, Anda akan tetap merasa nyaman mengendarainya dan berbagai komponen di dalam kendaraan juga akan terjaga dengan baik. Ada 2 metode car wash atau cuci mobil yang paling dikenal di tanah air yakni dengan cara manual dan hidrolik.

Car wash manual dan hidrolik memiliki cara kerja yang berbeda dan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Car Wash Manual dan Car Wash Hidrolik

Seperti namanya, pencucian mobil manual dilakukan langsung oleh tenaga teknisi yang ada di tempat pencucian. Mulai dari pembersihan atap mobil, kap mesin, velg, body mobil sampai ke bagian kolong semuanya dilakukan secara manual tanpa mesin. Selain datang ke tempat pencucian, car wash manual juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Sementara itu, car wash hidrolik atau metode pencucian dengan teknologi hidrolik dilakukan dengan cara mengangkat body mobil sampai ke ketinggian tertentu. Dengan cara ini, teknisi bisa dengan leluasa melakukan proses pembersihan, terutama di bagian kolong mobil. Teknologi hidrolik banyak diaplikasikan oleh pemilik bengkel profesional.

Kelebihan dan Kekurangan Cuci Mobil dengan Cara Manual

Mencuci mobil dengan cara manual memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda yang ingin mobil dibersihkan dengan saksama, car wash manual adalah opsi terbaik. Pasalnya, proses pencucian akan dilakukan oleh satu tim yang masing-masing memiliki bagian berbeda-beda. Hasil pencuciannya pun lebih detail dan bersih. Anda bahkan bisa meminta teknisi untuk membersihkan salah satu komponen mobil secara lebih maksimal. Misalnya saja bagian ruang mesin. Kelebihan lain cuci mobil manual adalah biayanya lebih terjangkau.

Kekurangan cuci mobil manual adalah waktu pengerjaannya yang cenderung lama. Untuk satu sesi, Anda mungkin membutuhkan waktu antara 20 sampai 40 menit, tergantung pada kebutuhan. Selain itu, Anda juga harus berhati-hati memilih bengkel. Kalau sampai teknisinya tidak berpengalaman, mobil bisa berisiko mengalami masalah.

Kelebihan dan Kekurangan Car Wash Hidrolik

Mencuci mobil dengan menggunakan mesin hidrolik juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan car wash yang menggunakan teknologi hidrolik antara lain adalah:

  • Proses pembersihan bagian kolong mobil bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Dengan begitu tidak ada kotoran yang terjebak dan mengganggu performa kendaraan
  • Proses lebih cepat. Karena bagian yang sulit dijangkau jadi terlihat keseluruhan, teknisi juga makin mudah untuk membersihkan. Dengan begitu, prosesnya bisa lebih cepat dan hasilnya juga lebih maksimal.

Selain beberapa kelebihan di atas, mencuci mobil dengan mesin hidrolik ternyata juga bisa mendatangkan sejumlah risiko yang perlu dipertimbangkan yakni:

  • Mobil bisa terjatuh. Kesalahan dalam proses pencucian dengan mesin hidrolik berpotensi membuat mobil jatuh dari ketinggian. Tidak sekadar lecet, mobil bisa rusak parah
  • Kerusakan pada komponen mobil. Tidak hanya terjatuh, mencuci dengan mesin hidrolik juga berpotensi merusak bagian tertentu dari mobil Anda. Karena itu, pastikan Anda hanya memilih tempat cuci mobil yang sudah terpercaya
  • Bisa melemahkan suspensi mobil. Suspensi adalah beberapa komponen dalam kendaraan yang berguna untuk meredam kejutan saat kendaraan melewati medan yang tidak rata. Sistem ini ternyata juga berpotensi mengalami kerusakan saat mobil dicuci dengan mesin hidrolik. Ketika mobil diangkat dalam posisi tinggi, sistem suspensi akan terkunci. Tidak hanya spooring, shock breaker juga bisa mengalami masalah karena ini. Risiko ini makin besar jika usia mobil sudah lebih dari 5 tahun.

Lalu, mana yang sebaiknya dipilih, cuci mobil secara manual atau dengan menggunakan mesin hidrolik? Pada dasarnya ini kembali pada kebutuhan masing-masing pemilik mobil. Jika Anda ingin proses pembersihan yang detail dan tidak terburu-buru, mencuci dengan metode manual bisa jadi pilihan. Namun, kalau memang Anda perlu membersihkan bagian kolong mobil secara maksimal, gunakan jasa pencucian yang menyediakan mesin hidrolik. Yang paling penting adalah memastikan penyedia jasa car wash yang Anda pilih sudah terpercaya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].