Capital Expenditure : Pengertian Serta Kesulitan Perhitungannya

1
12796
Capital Expenditure

Dalam memulai sebuah bisnis tentu banyak aspek yang diperlukan agar mencapai keuntungan yang optimal. Salah satu aspek penting di dalamnya yaitu biaya modal yang biasa digunakan untuk membiayai pengeluaran sebuah perusahaan. Untuk perhitungannya sendiri ada 2 yaitu dengan menggunakan Capital Expenditure (Capex) dan Operating Expenses (Opex). 

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas definisi Capital Expenditure secara lengkap mulai dari jenisnya, manfaatnya dan lainnya. Dalam berbisnis, tentu membutuhkan biaya modal yang akan dipakai untuk membiayai pengeluaran perusahaan. Dalam pencatatan pengeluaran, ada dua jenis pengeluaran yaitu Capital Expenditure (CAPEX) dan Operating Expenses (OPEX). Dua jenis pengeluaran ini masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Selain itu, dua jenis pengeluaran ini juga akan dikenai aturan pajak yang berbeda. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan bahas apa itu definisi Capital expenditure serta jenis-jenisnya, manfaatnya serta mengapa Capital Expenditure ini dibutuhkan dalam sebuah usaha. Selengkapnya di bawah ini:

Definisi Capital Expenditure

Capital Expenditure atau Capex merupakan biaya yang dikeluarkan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk membeli, merawat serta memperbaiki asset tetap/asset jangka panjang. Seperti contohnya dari asset ini misalnya kendaraan, bangunan, tanah hingga peralatan. Pengeluaran yang dapat dikategorikan sebagai Capex jika pengeluaran tersebut digunakan untuk membeli asset jangka panjang yang baru atau saat digunakan untuk memperpanjang masa guna sebuah asset.

Capital Expenditure tentu berbeda dengan Operating Expenses. Jika Capex adalah uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan jangka panjang, Operating Expenses ini adalah pengeluaran yang digunakan untuk kebutuhan operasional sehari-hari. Misalnya seperti kebutuhan bahan bakar, sewa gedung, upah karyawan dan lain-lain.

Capex ini dikeluarkan pada saat perusahaan pertama kali berdiri atau saat perusahaan tersebut memiliki proyek baru atau berinvestasi pada sebuah proyek. Karenanya terkadang ada yang memiliki sebuah anggapan bahwa capex merupakan sebuah investasi yang dilakukan oleh perusahaan. Mengapa dikatakan sebuah investasi karena apapun yang dibeli oleh Capital Expenditure adalah hal yang penting baik untuk kebutuhan produksi maupun barang dan jasa sebuah perusahaan.

Baca juga: Mengajukan Pinjaman Menggunakan Capex Financing

Mengingat nominal dari Capex ini tidak sedikit, maka dari itu perusahaan dituntut untuk mengambil keputusan terbaiknya dalam mengeluarkan Capex tersebut. Karena itu saat mengambil keputusan ini kadang banyak yang mengalami hambatan dalam perhitungannya.

Hambatan dalam Menghitung Capital Expenditure

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas bahwa penting untuk mengambil keputusan terbaik dalam mengeluarkan Capex. Namun, hal pentingnya adalah melakukan perhitungannya yang terbilang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. 

Beberapa hal yang membuat perhitungan Capex sulit untuk dilakukan adalah seperti di bawah ini:

  • Melakukan pengukuran serta melihat harga dari capital expenditure adalah hal utamanya. Beberapa asset memang membutuhkan harga dengan perhitungan khusus. Selain itu juga ada asset yang terkadang membutuhkan juru taksir khusus yang mengetahui berapa harga dari asset tersebut secara detail.
  • Capital Expenditure adalah pengeluaran yang terbilang cukup besar. Meskipun besar namun hal tersebut tetap dibutuhkan untuk mendukung kegiatan produksi dalam perusahaan agar dapat memperoleh keuntungan. Tetapi, keluaran atau hasil asset ini tidak dapat diprediksi pada awal pembelian.

Dalam melakukan perhitungan keuangan perusahaan memang bukanlah hal yang mudah, karena itu usahakan untuk melakukan perhitungan secara benar dan optimal. Yang terpenting juga hindari melakukan kesalahan pada memasukkan nominal pada pengeluaran serta pemasukannya.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

1 COMMENT

  1. […] Capex  adalah pengeluaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menciptakan manfaat masa depan. Dengan kata lain, capex merupakan pembelanjaan aktiva tetap yang bertujuan untuk menambah nilai aset serta memperluas kemampuan perusahaan dalam meningkatkan profit. […]

Comments are closed.