Candid Adalah : Pengertian dan Contohnya

0
700
Candid Adalah

Pernahkah Anda mendengar istilah candid? Kata ini sangat populer dalam beberapa tahun belakangan terutama di media sosial. Bila kamu belum familier dengan istilah ini, berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu candid

Pengertian Candid

Candid adalah kata sifat yang berasal dari bahasa Inggris, candid. Seperti dikutip dari situs Merriam Webster, candid memiliki beberapa pengertian. Yang pertama, candid didefinisikan sebagai kebebasan dalam mengungkapkan perasaan dan pendapat yang sebenarnya. Pengertian candid selanjutnya adalah hal-hal yang berhubungan dengan keadilan, kejujuran, dan kebebasan dari bias atau penyimpangan. 

Kata candid sendiri merupakan kata yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu tepatnya pada tahun 1597. Jadi candid bukanlah bahasa gaul atau slang dari Inggris seperti yang dikira oleh kebanyakan orang. 

Dalam bahasa Indonesia, candid dapat diartikan sebagai sesuatu yang jujur, terbuka, dan polos, tetapi belum dimasukkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai istilah bahasa yang baku. Penggunaan kata candid sering  dikaitkan dengan istilah fotografi yakni foto candid. Foto candid sendiri merupakan hasil foto yang objeknya tidak sadar sedang dibidik lensa kamera sehingga lebih natural. 

Contoh Penggunaan Istilah Candid

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa istilah candid kerap digunakan dalam dunia fotografi. Hasil foto candid memiliki nilai lebih karena ekspresi orang yang dipotret terlihat sangat natural. Karena hasil foto candid yang bagus cukup susah didapatkan, sebagian orang rela berpura pura tidak sadar ketika sedang dibidik kamera agar memperoleh hasil foto yang diinginkan. 

Foto selebriti yang diambil secara candid adalah incaran paparazi. Biasanya fotografer dari media tertentu atau bahkan penggemar akan berburu foto dari seorang selebriti terkenal saat mereka sedang beraktivitas di luar rumah. Sang pesohor akan difoto secara diam-diam ketika sedang makan, berolahraga, berjalan santai atau berbelanja.

Baca juga: Cara Bayar dan Cek E-Tilang di 2022

Tips Mendapatkan Foto Candid yang Bagus

Bagi Anda yang ingin mendapatkan foto candid terbaik jika ingin memotret seseorang berikut beberapa tipsnya. 

Hindari penggunaan flash

Tujuan awal candid adalah mengambil foto tanpa sepengetahuan sang objek. Karena itu, hindarilah penggunaan flash saat memotret. Pantulan cahaya flash dari kamera bisa membuyarkan fokus objek. Agar hasil foto tetap ciamik, Anda bisa mengatur ISO terlebih dulu untuk memberikan pencahayaan yang baik sehingga objek terlihat lebih jelas. 

Bawa kamera selalu

Supaya tidak kehilangan setiap momen unik dan menarik, pastikan Anda selalu membawa kamera saat hendak bepergian. Dalam suatu kejadian, terdapat banyak momen menarik yang tidak selamanya bisa diulang. Selain itu, pastikan baterai kamera Anda dalam keadaan penuh sehingga kamera bisa berfungsi secara maksimal. 

Posisikan diri dengan tepat

Tips berikutnya untuk mendapatkan foto candid adalah memposisikan diri dengan tepat. Terlebih Anda tidak bisa mengarahkan objek untuk berpose. Dengan posisi yang tepat, Anda bisa mendapatkan foto dengan sudut terbaik. Cobalah fleksibel bergerak agar bisa mendapatkan foto dengan sudut berbeda. 

Gunakan lensa memadai

Cara untuk mendapatkan hasil terbaik dari sebuah foto candid adalah menggunakan lensa telephoto. Lensa ini memungkinkan seorang fotografer mengambil foto objek dari jarak yang jauh sekalipun. Bahkan hasil foto close up yang didapatkan tidak akan blur atau pecah. Namun demikian, harga lensa ini tidaklah murah sehingga Anda harus menabung terlebih dulu. 

Terapkan mode burst

Kala mengambil objek dengan cara candid, Anda tidak bisa memprediksi gerakan yang akan dilakukan oleh sang objek. Bisa saja objek yang awalnya tenang, kemudian berlari kencang ke tempat lain sehingga Anda mendapatkan foto berkualitas buruk. 

Salah satu memaksimalkan kualitas foto candid adalah  menggunakan mode burst. Dengan mode kamera yang satu ini, Anda bisa mengambil puluhan gambar berbeda dalam waktu yang singkat. Nantinya, dari deretan hasil jepretan foto tersebut, Anda bisa menyeleksi mana saja foto yang ingin Anda gunakan. 

Anda telah mengetahui tentang pengertian candid dan beberapa tips untuk mendapatkan foto candid berkualitas tinggi, jadi mulailah mencoba. Beranikan diri untuk mencoba memotret berbagai objek berbeda. Teruslah berlatih agar bisa mendapatkan hasil foto terbaik. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]