Hal yang Bikin Budget Renovasi Rumah Membengkak

0
96
Hal yang Bikin Budget Renovasi Rumah Membengkak

Setelah membeli rumah, terlebih jika kamu membeli rumah bekas, langkah selanjutnya adalah merenovasi rumah sesuai dengan kebutuhan penghuni. Hal ini tentu penting agar rumah bisa mengakomodir segala aktivitas penghuninya. Namun jangan sampai kamu terbawa oleh keinginan semata yang berujung kepada pemborosan. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin biaya renovasi rumah tetap ramah di kantong.

Mengganti elemen yang masih dalam kondisi baik

Sebaiknya kamu memilah mana saja elemen yang masih prima dan tidak perlu diganti. Terkadang kita tergoda untuk mengganti ubin lantai dengan motif atau jenis yang lebih kita sukai, padahal ubin yang ada masih dalam kondisi baik sehingga tidak perlu masuk dalam prioritas renovasi.

Menambahkan fitur dekoratif yang sedang tren

Ketika membeli rumah bekas, mungkin saja kita mendapati beberapa model yang sudah ketinggalan zaman sehingga kita ingin merubah desainnya sesuai tren. Hal ini biasanya berujung pada pembengkakan budget. Perlu diingat bahwa tren selalu berubah, maka jika fitur yang dimaksud tidak esensial, kita tidak perlu menambahkan hal tersebut.

Tidak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan

Hal yang paling sering terjadi ketika merenovasi rumah adalah tidak bisa membedakan mana yang memang menjadi kebutuhan, mana yang hanya sekadar keinginan. Untuk menekan budget, sebaiknya kamu lebih bijak dalam memprioritaskan kebutuhan.

Tampil ‘minimalis’

Saat ini, rumah dengan konsep minimalis sedang menjadi tren. Namun jika kita telisik lebih lanjut, rumah dengan konsep ‘minimalis’ tidak berarti biayanya lebih murah. Pasalnya, pekerjaan pertukangan untuk membuat funitur minimalis untuk menyembunyikan semua barang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tidak mempertimbangkan bahan yang lebih terjangkau

Ketika kamu menyukai marmer, kamu bisa menggunakan bahan lain dengan motif serupa untuk menghemat biaya. Selain itu bahan buatan juga akan lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan batu alam. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggunakan marmer asli karena saat ini sudah banyak alternatif bahan dengan harga yang lebih terjangkau.

Tidak memperhitungkan biaya tak terduga

Setelah renovasi, upayakan untuk menyiapkan biaya tak terduga seperti atap bocor, dinding yang retak, dan sebagainya. Hal-hal ini tidak bisa dihindari, sehingga kamu harus mempersiapkan biaya tersebut terlebih dahulu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut