Mengenal Brand Awareness dan Cara Meningkatkannya

0
57
Brand Awareness Adalah

Brand awareness adalah suatu istilah yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Istilah ini menunjukkan tingkat kesadaran konsumen terhadap merek suatu produk. Bagaimana konsumen mengingat maupun mengenali produk menandakan kualitas brand awareness yang dimaksud.

Pengertian Brand Awareness

Supaya dapat melakukan penjualan dengan optimal, pemilik usaha tentu harus memperkenalkan dan mempromosikan produknya kepada target pasar. Caranya lebih praktis dengan menggunakan simbol seperti warna, gambar, logo, atau tagline yang dapat menunjukkan identitas brand tersebut. 

Akan tetapi, konsumen tidak serta-merta langsung mengenal dan mengingat brand tertentu tanpa upaya dari pemilik usaha. Apalagi dalam persaingan yang ketat dan brand yang dibangun masih baru, butuh proses agar brand bisa tampil dan menarik perhatian. 

Pemilik usaha perlu menyusun strategi agar konsumen dapat mengenali dan mengingat brand. Strategi tersebut perlu diciptakan dengan baik karena sangat menentukan perilaku konsumen ketika mengambil keputusan dalam suatu pembelian. 

Singkatnya, brand awareness tidak hadir begitu saja ketika produk sudah jadi. Perusahaan atau pemilik usaha memiliki kewajiban untuk membangunnya melalui simbol-simbol yang melekat terhadap produk. Brand awareness yang tinggi menciptakan peluang penjualan yang lebih besar.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Meningkatkan brand awareness tidak bisa dikatakan mudah. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai hal ini, antara lain:

Membuat Nama, Logo, dan Tagline yang Unik

Apa hal yang bisa diamati dari berbagai merek yang terkenal lebih dahulu? Salah satunya adalah memiliki keunikan, baik dari nama, logo, maupun tagline yang digunakan oleh suatu produk. Keunikan tersebut dapat menyita perhatian sehingga membuat produk lebih menonjol dan dikenal.

Anda pun dapat menggunakan strategi sederhana ini saat mulai membangun bisnis. Proses menentukan nama, logo, atau tagline tidak semudah yang dilihat karena dapat berpengaruh terhadap jangka panjang, khususnya dalam menggaet banyak pembeli baru.

Memanfaatkan Media Sosial

Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness suatu produk adalah dengan memanfaatkan media sosial. Melalui media sosial, pemilik usaha dapat melakukan berbagai tindakan promosi kepada target pasar yang dituju. Selain jangkauan yang sangat luas, biaya promosi di media sosial juga tergolong murah.

Meningkatkan brand awareness dengan media sosial bisa dengan cara memposting hal-hal yang mencerminkan produk tersebut, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai contoh, jika ingin mempromosikan produk kesehatan, Anda dapat memperkenalkan produk atau membagikan informasi yang merujuk terhadap penggunaan produk.

Baca juga: Buzzer, Profesi yang Sedang Cukup Tren di Era Digital!

Memiliki Website Sendiri

Selain media sosial, Anda pun perlu memiliki website sendiri untuk meningkatkan brand awareness. Website merupakan wadah yang ideal untuk memberikan informasi seputar produk kepada khalayak. Dengan memiliki website sendiri, Anda bebas dan fleksibel dalam melakukan persuasi terkait produk.

Untuk membuat website sendiri, Anda perlu menyewa hosting dan membeli domain. Kemudian, bangunlah website sesuai karakteristik brand sehingga calon konsumen bisa lebih mudah mengenal brand.

Melibatkan Influencer untuk Campaign

Cara meningkatkan brand awareness adalah bisa juga dengan melibatkan para influencer. Zaman sekarang, ada orang yang berprofesi memengaruhi orang lain melalui media sosial atau media online lainnya. Mereka membuat postingan untuk menarik perhatian follower terhadap produk tertentu.

Brand dapat menggandeng para influencer tersebut untuk menyebarkan informasi terkait produk. Semakin banyak orang yang terlihat menggunakan produk, biasanya semakin besar tingkat kepercayaan orang lain terhadap produk. Dengan demikian, brand awareness juga semakin tinggi.

Melakukan Co-Branding

Saat ini, kolaborasi merupakan strategi yang banyak digunakan oleh pemilik brand untuk meningkatkan brand awareness. Dalam co-branding tersebut, dua brand bekerja sama untuk membuat sebuah produk yang mewakili keduanya. Dengan cara ini, brand akan terpapar oleh dua pihak secara bersamaan.

Co-branding biasanya dilakukan oleh dua produk yang berbeda jenis. Namun, keduanya bisa saling menguntungkan, baik dari segi peningkatan brand awareness maupun peningkatan jumlah penjualan.  

Kesimpulannya, brand awareness merupakan tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Hal ini harus dibangun secara aktif dengan sejumlah strategi. Brand awareness yang baik akan mendukung penjualan produk dan membuat bisnis semakin maju.  

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]