7 Cara Melakukan Brainstorming yang Paling Efektif

1
110
Brainstorming Adalah

Brainstorming adalah jalan yang biasanya ditempuh untuk mendapatkan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dihadapi atau membantu memperoleh ide-ide segar. Sayangnya, sesi brainstorming ini kerap tidak efektif dan waktu yang telah dihabiskan jadi terbuang sia-sia. Ikuti tujuh cara di bawah ini untuk membuat brainstorming menjadi lebih efektif.

Menentukan tujuan dari brainstorming

Sangat penting untuk menentukan tujuan supaya brainstorming lebih terarah dan waktu yang dihabiskan benar-benar efisien. Sebelum sesi brainstorming dimulai, sampaikan tujuan tersebut pada seluruh peserta. Persempit topik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Batasi jumlah peserta brainstorming

Meski brainstorming adalah kegiatan yang dilakukan berkelompok untuk berbagi ide, tetapi jika ingin sesi brainstorming berlangsung efektif maka jumlah peserta hendaknya dibatasi. Usahakan peserta brainstorming tidak lebih dari 8 orang. Dengan begitu, ada cukup waktu untuk semua peserta menyampaikan ide-ide dan pendapatnya.

Mempersiapkan dengan baik

Sebaiknya tidak melakukan sesi brainstorming secara mendadak karena tidak akan efektif. Beri waktu untuk peserta sesi memikirkan dan menyiapkan ide-ide yang akan dikemukakan. 

Jangan sampai saat sesi berlangsung, peserta sekadar menyetujui pendapat orang lain tanpa punya gagasan apa pun mengenai topik yang dibicarakan. Bagaimanapun, inti dari brainstorming adalah menggali ide dari masing-masing peserta. Sediakan juga peralatan yang menunjang, seperti kertas dan alat tulis. 

Menunjuk pemimpin dan pencatat 

Brainstorming adalah sarana mengeksplorasi ide-ide kreatif. Selama sesi bergulir para peserta akan terlalu asyik mendiskusikan beraneka gagasan yang tercetus. Akan tetapi, masing-masing peserta belum tentu bisa mengingat ide yang disampaikan peserta lain. 

Untuk menjaga sesi brainstorming tetap fokus pada tujuan dan ide-ide terdokumentasikan dengan baik, perlu ditentukan siapa yang akan memimpin jalannya sesi brainstorming dan siapa yang bertugas mencatat ide-ide. 

Petakan gagasan-gagasan yang muncul menjadi sebuah bentuk kerangka berpikir. Gambarkan di papan tulis agar terlihat jelas pengelompokannya, mana yang merupakan ide sentral dan ide-ide lainnya yang sejenis. Minutes of Meeting yang dibuat sangat bermanfaat untuk keperluan proses pengambilan keputusan dari hasil brainstorming.  

Ide-ide yang belum dapat direalisasikan masih bisa terpakai di lain kesempatan, yang terpenting sudah terdokumentasikan dan siap diolah kapan pun diperlukan. 

Mengakomodasi gaya brainstorming yang cocok untuk peserta

Tiap peserta boleh jadi memiliki gaya brainstorming yang berbeda-beda. Sesi brainstorming akan jauh lebih efektif bila cara dipakai dapat mengakomodasi gaya brainstorming pesertanya. 

Misalnya, bagi mereka yang cenderung introvert dan sulit mengungkapkan pendapat secara langsung bisa diminta mengirimkan ide-idenya melalui surel sebelum sesi dimulai. Ide-ide terbaik yang mereka sampaikan bisa dibagi ketika sesi brainstorming berlangsung untuk didiskusikan bersama. 

Metode yang efektif untuk mengeksplorasi ide

Terdapat sejumlah metode yang efektif mengeksplorasi ide-ide atau gagasan dari peserta sesi brainstorming. Berikut beberapa di antaranya:

Brain writing

Siapkan kertas untuk seluruh peserta, kemudian bagikan, dan beri waktu selama lima menit untuk mereka menuliskan ide-ide yang terlintas di benaknya sebanyak mungkin. Pemimpin sesi brainstorming bisa membacakan ide-ide itu di hadapan semua peserta dan pencatat mengelompokkan ide tersebut.

Baca juga: 20 Ide Bisnis Kreatif Anak Muda dengan Modal Kecil

Round Robin

Pada metode ini, peserta brainstorming duduk melingkar. Setiap peserta kemudian diminta memberikan ide mengenai topik yang dibagikan. Semua ide akan dicatat lalu dievaluasi untuk memilih gagasan terbaik.

Team brainstorming

Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, bisa juga dalam bentuk berpasangan. Masing-masing kelompok diberi waktu untuk menuliskan gagasan mereka kemudian mempresentasikannya. 

Hindari memberikan kritik

Mengingat salah satu tujuan melakukan brainstorming adalah memperoleh ide-ide yang out of the box, upayakan untuk tidak memberikan kritik pada gagasan yang disampaikan peserta. 

Ide-ide yang unik atau mustahil sekalipun mesti dihargai, bukan tidak mungkin berawal dari sana justru lahir ide-ide terbaik. Sementara itu, kritik yang dilontarkan hanya akan menumpulkan kreativitas dan membuat peserta sesi urung menyampaikan gagasannya.

Demikianlah cara menyiasati supaya sesi brainstorming lebih efektif dan menghasilkan gagasan-gagasan yang dapat menjadi solusi potensial. Merupakan kesempatan yang tepat untuk mempraktikkan langkah-langkah di atas, jika di lingkungan pekerjaan berencana untuk melaksanakan sesi brainstorming dalam waktu dekat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]