Berikut Unsur Penting dalam Sebuah Bisnis Plan

0
9084
Bisnis Plan

Setiap kemenangan perlu direncanakan. Pun dalam bisnis Anda tentu ingin memenangkan pasar dan memperoleh profit sebanyak-banyaknya dari kegiatan usaha yang dilakukan, bukan? Oleh karena itu, Anda membutuhkan sebuah bisnis plan yang matang dalam menjalankan kegiatan komersial.

Pengertian dan Pentingnya Bisnis Plan

Seperti namanya, bisnis plan adalah sebuah rencana bisnis yang bertujuan untuk membantu Anda mencapai tujuan bisnis yang dilakukan. Rencana bisnis tidak hanya diciptakan dalam angan-angan saja, tetapi justru dalam bentuk tulisan maupun visual lainnya yang terstruktur dengan baik. 

Adanya rencana bisnis yang dituangkan dalam bentuk dokumen ini pun akan membantu Anda lebih cermat dalam merunut apa saja yang menjadi esensi dalam sebuah siklus dan perjalanan bisnis, seperti tujuan akhir bisnis yang akan dicapai, sumber daya apa saja yang dimiliki, hal-hal apa saja yang menjadi tantangan, dan lain-lain.

Peranan sebuah bisnis plan sangatlah penting dalam keberhasilan usaha yang Anda lakukan. Pasalnya, rencana bisnis merupakan sebuah blueprint atau masterplan, yakni kerangka dari seluruh kegiatan komersial yang akan dilakukan. Semakin detail perencanaan yang dilakukan, maka semakin besar peluang keberhasilan bisnis yang dapat dicapai.

Unsur yang Harus Ada di Dalam Bisnis Plan

Secara umum, sebuah bisnis plan memuat gambaran aktivitas bisnis yang dilakukan, mulai dari persiapan yang dimiliki, potensi keuntungan yang dapat diraih, hingga tujuan yang diharapkan. Adapun menurut Patrick Hull, unsur yang harus ada dalam sebuah bisnis plan adalah delapan hal berikut.

  • Visi dan Misi Bisnis

Hal paling mendasar dalam setiap bisnis dan tertuang dalam sebuah bisnis plan adalah visi (tujuan) dan misi (cara-cara untuk mencapai tujuan) bisnis tersebut. Perlu diingat bahwa tidak semua bisnis semata-mata ditujukan untuk mencapai keuntungan finansial. Beberapa perusahaan besar bahkan memulai bisnisnya dengan point of view utama adalah memberikan dampak sosial seperti meningkatkan kualitas hidup kelompok tertentu.

  • Deskripsi Bisnis dan Produk 

Deskripsikan perusahaan atau aktivitas bisnis yang Anda lakukan berikut barang atau jasa yang ditawarkan. Seperti contoh bila Anda bergerak dalam bidang kuliner, paparkan jenis kuliner apa yang akan disajikan, harga yang ditawarkan, dan sebagainya. 

  • Keunikan Produk 

Keunikan produk atau jasa adalah nilai lebih adalah faktor krusial dalam menentukan peluang keberhasilan sebuah bisnis. Semakin unik dan relevan dengan konsumen barang atau jasa yang ditawarkan, semakin besar pula pasar akan memberi atensi dan ketertarikan. 

  • Analisis Pasar

Menjalankan sebuah bisnis tidak dapat dipisahkan dari riset pasar. Lakukan penelitian mendalam tentang kelompok pasar (spesifik) yang dituju, keunggulan dan kelemahan kompetitor, dan sebagainya.

  • Rencana Pemasaran Produk

Cara memasarkan produk juga perlu diperhatikan. Setelah mengetahui karakter pasar, Anda seharusnya dapat pula menemukan cara-cara efektif dan efisien untuk memasarkan produk sehingga lebih ‘mengena’ pangsa pasar.

  • Tim yang Bekerja

Kualitas orang-orang yang bekerja di balik sebuah bisnis turut menentukan kekuatan kegiatan usaha yang dilakukan. Investor juga biasanya akan tertarik dengan perusahaan dengan tim yang memiliki prestasi dan track record mengesankan berkaitan dengan tugas yang dilakukannya.

  • Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah formula basic yang dapat Anda manfaatkan untuk benar-benar menggali potensi bisnis. Jangan takut untuk menjabarkan apa saja yang menjadi kelemahan dan ancaman bisnis Anda—baik dari segi teknis maupun nonteknis. Semakin jujur Anda melakukan analisis ini, semakin realistis pula Anda dalam melihat kesempatan bisnis ini. 

Baca juga: Mengenal Analisis SWOT dengan Contoh Penerapannya

  • Rencana Pemasukan dan Pengeluaran

Bisnis dan cashflow adalah dua hal yang tak terpisahkan. Buatlah rencana arus keuangan (pemasukan dan pengeluaran) yang akan dilakukan atau terjadi dalam bisnis tersebut. Dari sini, Anda dapat menilai dan melakukan prediksi lebih riil terhadap pencapaian bisnis yang diharapkan, seperti berapa lama Anda akan mengalami balik modal, berapa besarnya pinjaman yang diperlukan di fase awal, dan sebagainya.

Bisnis plan adalah sebuah masterplan bisnis yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha terutama bila berkeinginan keras menjadi seorang entrepreneur sukses. Adapun dalam menyusun rencana bisnis ini, beberapa unsur penting yang harus dijabarkan menurut Patrick Hull adalah visi dan misi, deskripsi bisnis dan produk, keunikan produk, analisis pasar, rencana pemasaran, tim yang bekerja, analisis SWOT, dan rencana cahsflow.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 15% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]