20 Ide Bisnis Kreatif Anak Muda dengan Modal Kecil

3
8031
Bisnis Anak Muda

Bisnis Anak Muda – Selain ilmu bisnis memadai, kita juga membutuhkan kreativitas ketika merintis sebuah bisnis. Sayangnya, banyak yang kesulitan untuk memulai sebuah bisnis karena modal yang dimiliki terbatas. Padahal di era digital seperti saat ini, ada banyak sekali peluang bisnis untuk anak muda yang menanti untuk dikembangkan.

 Sebagai referensi, berikut ulasan tentang 20 ide bisnis anak muda kreatif bermodal kecil.

20 Ide Bisnis Anak Muda Kreatif

1. Jasa Titip

Bisnis jasa titip (jastip) zaman sekarang tidak melulu tentang membeli barang-barang luar negeri yang tidak bisa didapatkan di Indonesia. Di kota besar seperti Jakarta, jastip juga berlaku untuk produk yang belum bisa didapatkan di daerah lain seperti kue kekinian, skin care, atau pakaian. 

2. Camilan Unik

Beberapa tahun lalu, siapa yang menyangka bahwa bisnis boba dan dessert box bisa sebesar sekarang. Hal ini berkat kreativitas dan inovasi yang dilakukan pemilik bisnis untuk menarik minat pasar. Ide ini bisa kamu adaptasi dengan membuat bisnis camilan unik bermodal kecil. 

3. Bisnis Daur Ulang

Belakangan, hal-hal berbau estetik sedang menjadi tren. Untuk mendapatkan keuntungan dari fenomena ini, kamu bisa membuat bisnis kerajinan tangan memanfaatkan bahan daur ulang. Karena bahan yang digunakan mudah ditemukan, modal untuk membangun bisnis ini hanya sekitar Rp100 ribu hingga Rp1 jutaan. 

4. Bouquet Gift

Bisnis anak muda selanjutnya yang bisa dipilih adalah bouquet gift. Jika dulu kebanyakan bouquet dibuat dari bunga, sekarang kita bisa menggunakan snack, pakaian, dan uang sebagai bahan pembuatan. Karena bahannya unik, potensi keuntungan bisnis ini cukup besar. 

Baca juga: Contoh Rencana Bisnis yang Bisa Jadi Acuan dalam Perencanaanmu

5. Custom Case

Tingginya angka pengguna smartphone membuat bisnis aksesori ponsel terutama case cukup diminati. Sebagai langkah inovatif, kamu bisa membuat custom case dengan desain dan bentuk unik. Selain modal yang dibutuhkan kecil yaitu antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000, potensi keuntungan dari bisnis custom case cukup menjanjikan.

6. Thrift Store

Jual beli barang bekas mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan thrift stuff atau baju bekas impor? Percaya atau tidak, bisnis ini belakangan sedang populer di kalangan anak muda. Apalagi saat ini banyak sekali distributor yang menjual paket usaha dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000 untuk satu karung pakaian thrift

7. Hand Lettering

Termasuk bisnis jasa kekinian, hand lettering bisa menjadi salah satu ide bisnis anak muda yang menjanjikan. Apalagi modal yang dibutuhkan hanyalah sejumlah kertas, alat tulis, dan kemampuan menulis tangan yang rapi. Di masa pandemi, bisnis ini banyak dimanfaatkan oleh anak sekolah yang membutuhkan catatan pelajaran. 

8. Bisnis Foto Polaroid

Hiasan berupa foto polaroid yang digantung di kamar kerap dianggal sebagai salah satu unsur desain interior estetik. Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa membeli kamera polaroid. Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis baru yaitu mencetak foto biasa di kertas ala foto polaroid. Untuk membuka usaha jasa ini, modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. 

9. Surprise Box

Konsep bisnis ini mirip dengan bouquet gift. Bedanya, hadiah diletakkan di dalam box dan pemesan tidak mengetahui ada apa saja di dalamnya. Keunikan ini tentu saja membuat surprise box berbeda dari bisnis gift lainnya. Karena belum banyak yang membuat bisnis serupa, peluang keuntungan bisnis ini cukup besar.

10. Bisnis DIY

Siapa sangka menyediakan alat dan bahan saja bisa menjadi peluang bisnis masa kini yang menjanjikan. Karena yang disediakan adalah “bahan mentah,” modal yang dibutuhkan tentu tidak terlalu besar. Beberapa contoh ide bisnis DIY (Do it Yourself) yang bisa kamu buat adalah, paket membuat kaos tie dye atau paket mewarnai cangkir tanah liat buatan tangan.

11. Challenge Book

Bisnis anak muda lain yang bisa kamu pilih adalah membuat challenge book. Challenge book berisi beberapa tantangan, misi, atau teka-teki yang bisa dimainkan bersama teman dan keluarga. Agar konsepnya lebih unik, buatlah buku yang interaktif. Untuk membuat bisnis ini modal yang diperlukan sekitar Rp500.000 sampai Rp2.000.000. 

12. Bisnis Masker Organik

Bagi yang berminat terjun di bidang skincare, membangun bisnis masker organik mungkin bisa menjadi salah satu langkah awal. Masker organik dibuat dari bahan alami yang dikeringkan dan diubah menjadi bubuk. Produk ini cukup aman untuk digunakan dan bermodal rendah. Tapi jika ingin bisnis berkembang lebih pesat, tidak ada salahnya untuk mengajukan perizinan BPOM. 

13. Bisnis Bath Bomb

Seperti halnya masker organik, bath bomb juga bisa dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Potensi bisnis ini cukup menjanjikan berkat pengaruh para selebgram dan influencer dari dalam ataupun luar negeri. Modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar. 

14. Bisnis Lipgloss Homemade

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat lipgloss bisa kamu beli dengan mudah di toko bahan kimia. Bahan tersebut termasuk aman untuk digunakan jadi tidak perlu khawatir produkmu gagal. Modal untuk bisnis ini cukup terjangkau, agar lebih menarik, kamu bisa mengemasnya di berbagai wadah unik. 

Baca juga: 7 Cara Mengembangkan Bisnis Online Agar Lebih Maju!

15. Bisnis Foto Album Estetik

Bisnis anak muda lain dengan modal kecil dan cukup inovatif adalah membuat album foto estetik. Jika dulu foto hanya dicetak dan dipasang di album, pada bisnis ini foto pelanggan dicetak dan disusun menjadi sebuah buku. Menarik bukan? Mengingat tidak banyak orang yang memanfaatkan ide bisnis ini meskipun cukup potensial.

16. Catering Diet

Peluang usaha unik ini bisa kamu coba karena modal awalnya tidak terlalu besar. Selain itu potensi keuntungan yang didapat juga cukup menjanjikan mengingat banyak orang yang ingin diet tetapi belum tahu apa jenis makanan atau berapa kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan.

17. Bisnis Slime DIY

Bisnis unik lain dengan peluang besar dan modal kecil adalah slime DIY. Produk ini tidak hanya interaktif tetapi juga memancing kreativitas pembeli. Jadi selain bisa bermain dengan slime, pembeli dapat membuat berbagai benda lucu menggunakan alat dan bahan yang menjadi bagian dari produkmu.

18. Jasa Konten Kreator

Diakui atau tidak, peran media sosial cukup besar saat ini. Jika memiliki keahlian yang memadai, jangan ragu untuk memanfaatkan peluang tersebut dengan membuka jasa konten kreator. Konten tersebut bisa berupa tulisan untuk blog atau website atau video untuk Youtube, Tiktok, dan Instagram.

19. Jasa Desain Grafis

Selain jasa konten kreator, bisnis masa kini lain yang bisa kamu coba adalah jasa desain grafis. Kemampuan ini cukup sering dibutuhkan perusahaan besar baik yang berskala nasional maupun internasional.

20. Agen Influencer

Diakui atau tidak, influencer termasuk salah satu profesi baru dengan potensi ekonomi cukup tinggi. Manfaatkan fenomena ini dengan menjadi agen influencer, jasa ini mirip dengan management artis. Bedanya, yang kita manage adalah para influencer. Modal yang dibutuhkan tentu tidak terlalu besar jika kita merekrut para influencer kecil sebagai rintisan awal. Beberapa contoh manajemen influencer yang ada di Indonesia adalah A-Team milik Awkarin dan OddMates milik Rachel Venya.

Tips Mengoptimalkan Bisnis dengan Keuntungan yang Menjanjikan

1. Kemampuan finansial dan minat

Untuk memulai suatu usaha atau bsinis tentunya membutuhkan modal. Pastikan untuk memilih jenis usaha yang sesuai dengan modal yang dimiliki. Contohnya, jika kamu ingin menjadi seorang konten kreator tentunya membutuhkan modal laptop, kamera, jaringan internet yang mendukung dan lainnya.

Kemudian jangan lupa jalani usaha atau bisnis ini sesuai dengan minatmu. Contohnya, apabila kamu suka memasak pastikan memilih usaha yang sesuai dengan passionmu seperti usaha kuliner. Apabila dilakukan sesuai dengan passion, maka kemungkinan untuk menjalani usaha tersebut pasti akan lebih happy.

2. Lokasi

Menentukan lokasi usaha yang strategis juga dapat membantu kamu menentukan peluang bisnis apa yang cocok di daerah tersebut. Saat, kamu tidak memiliki opsi tempat lain dan hanya bisa menggunakan rumah kamu, maka pastikan ruangannya mendukung untuk memulai usaha.

Seperti halnya rumah tersebut langsung menghadap jalan, dekat dengan area-area yang ramai akan orang atau perumahan yang mengizinkan kamu untuk berjualan.

Nah, apabila tersedia opsi lain atau memiliki dana lebih. Tidak ada salahnya untuk menyewa tempat yang lebih strategis demi mengembangkannya.

3. Marketing

Terakhir adalah bagian pemasaran. Hal ini wajib dilakukan apabila kamu ingin terus mengembangkan bisnismu. Jangan ragu untuk terus memasarkannya dimanapun selagi ada kesempatan.

Yang bisa dilakukan dari pemasaran ini dimulai dari membuat akun khusus di media sosial mengenai produk atau jasa yang kamu jual. Pasarkan melalui media sosial semenarik mungkin dengan mengambil foto atau gambar sehingga mereka yang belum mengetahui dapat melihat produk atau jasa milikmu.

Itulah beberapa peluang bisnis yang menjanjikan serta tips untuk mengoptimalkannya ya. Saat sudah meraup keuntungan yang optimal, jangan lupa untuk tetap melindungi segala aset dari bisnismu sehingga risiko yang ada dapat ditekan. Ingat! Sangat penting untuk memahami risiko dari apa yang kita jalani sehingga kemungkinan akan rugi tidak akan kita alami.

Apapun bisnisnya, selama kita tahu seberapa besar potensi dan peluang tidak perlu khawatir bisnis tidak akan berkembang pesat. Jadi, tertarik untuk mencoba ide bisnis anak muda di atas? Semoga bermanfaat.

Pastikan Sebelum Memulai Bisnisnya, Terlebih Dahulu Memiliki Modal yang Sesuai dengan Rencana Bisnisnya!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.