Mengetahui Kasus Binomo Lebih Dalam Supaya Kamu Lebih Waspada

0
14203
Binomo Adalah

Ada banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan secara cepat dari investasi yang mereka buat. Sayangnya, tidak sedikit di antara kita yang justru tidak sadar bahwa untung besar dalam tempo waktu singkat dalam sebuah investasi adalah hal yang nyaris mustahil. Inilah yang ditawarkan oleh Binomo, sebuah situs trading yang beberapa waktu lalu sempat menjadi buah bibir di Indonesia. Apa itu Binomo dan bagaimana cara kerjanya sehingga pemerintah memblokir situsnya?

Binomo adalah sebuah platform trading saham dan mata uang asing yang dilakukan oleh broker yang menggunakan sistem binary option. Lewat sebuah iklan yang menampilkan pria bernama Budi Setiawan yang mengaku bisa menghasilkan $1.000 dari rumah pada 2019 lalu, platform tersebut langsung viral di kalangan netizen. Sempat menggoda banyak orang, sosok asli pria dalam iklan tersebut akhirnya terbongkar dan membuat banyak orang mulai mempertanyakan tentang kebenaran janji-janji Binomo.

Mengapa Binomo Dicekal Pemerintah?

Beroperasi sejak tahun 2014, Binomo adalah website yang dibuat oleh Tiburon Corporation Limited yang berbasis di Seychelles. Sedangkan pria yang ditampilkan dalam iklan bukanlah seorang trader sungguhan melainkan mantan drummer bernama Yosua Putra yang dibayar sebagai model. Pada bulan Mei 2019, setelah proses pengajuan dari Bappebti (Badan Arbitrase Perdagangan Berjangka Komoditi), oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, dua situs resmi Binomo yakni Binomo.com dan Binomo.net diblokir oleh pemerintah. 

Ada beberapa alasan mengapa pemerintah melakukan penutupan akses untuk Binomo antara lain:

  • Tidak Memiliki Izin Operasional

Demi melindungi para investor di tanah air, pemerintah secara rutin melakukan penyisiran untuk menemukan situs-situs menawarkan produk investasi tanpa izin Bappebti karena dikhawatirkan akan merugikan masyarakat. Salah satunya adalah situs Binomo.

  • Menawarkan Keuntungan yang Tidak Wajar

Salah satu ciri-ciri investasi bodong adalah penawaran return yang terlalu tinggi di luar batas wajar. Entitas semacam Binomo menawarkan produk investasi dengan kedok pertukaran mata yang asing dengan fixed income yang besar. Kamu mungkin berpeluang mendapatkan keuntungan sebesar $1.000 dalam sehari seperti yang dijanjikan dalam iklan Binomo. Namun di saat yang bersamaan, kamu juga bisa kehilangan jumlah yang sama besarnya hanya dalam hitungan detik saja.

Baca juga: Cara Agar Terhindar dari Investasi Bodong

  • Iklan yang Manipulatif

Ketika pertama kali merambah melalui iklan Youtube, materi promosinya dinilai sangat manipulatif. Orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang investasi mungkin tidak akan tergoda. Namun dengan slogan, “Jutaan orang tidak menyadari bahwa mereka dapat menghasilkan $1.000 sehari tanpa meninggalkan rumah dan Anda adalah salah satu dari mereka” itu bisa membuai siapa saja yang masih awam dengan dunia investasi. Selain tidak menyebutkan tentang risikonya, iklan tersebut justru mengklaim bahwa bisnis Binomo lebih aman ketimbang berbisnis sendiri. Ini bisa memicu kesalahpahaman bagi mereka yang tidak paham.

  • Berkali-kali Kembali Meski Sudah Diblokir

Setelah dua situs awalnya diblokir oleh pemerintah, Binomo ternyata belum menyerah. Mereka kembali hadir dengan domain-domain baru untuk mengincar mangsanya. Walau sudah tidak bisa diakses secara langsung, Binomo bahkan sengaja mengarahkan calon korbannya agar membuka situs mereka dengan menggunakan VPN. Langkah ini seakan menjadi bukti bahwa Binomo memang tidak takut dengan larangan dari pemerintah.

Selama ini pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan dan Bappebti selalu melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap entitas-entitas yang meresahkan seperti Binomo. Agar tidak terjebak dalam produk investasi bodong, sebaiknya kamu tidak mudah percaya pada janji yang too good to be true. Hindari membeli produk investasi atau mempercayakan uang Anda pada broker komoditas maupun mata yang asing yang tidak berizin.

Berinvestasi itu memang penting. Namun kamu tetap harus memperhatikan instrumen serta tempat di mana kamu membuat investasi. Jangan tergoda dengan iming-iming keuntungan yang besar apalagi memilih aplikasi yang ilegal. Binomo adalah salah satu platform yang sebaiknya kamu hindari. Ayo tingkatkan literasi investasi kamu agar bisa mengambil pilihan terbaik untuk keuanganmu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]