Ini Waktu Terbaik Untuk Mempersiapkan Biaya Persalinan

0
443
Biaya Persalinan

Beberapa bulan belakangan banyak berita yang muncul terkait tingkat kehamilan yang meningkat drastis. Biasanya saat mendengar berita tersebut tentunya akan sangat senang sekali dikarunia oleh seorang anak, namun beberapa orang lainnya juga tentu memikirkan biaya persalinan.

Ya, memang seiring waktu biaya persalinan memang cenderung terus meningkat, terutama untuk mereka yang memilih ataupun disarankan untuk melakukan tindakan operasi SC untuk proses persalinannya, tentu biayanya akan lebih tinggi. Tidak heran jika banyak yang kepikiran dan mencari berbagai macam cara untuk mempersiapkan biaya persalinannya. Karenanya, di sini kita akan membahas lebih jauh bagaimana menyiasati untuk membayar proses persalinan dengan lebih baik dan penuh persiapan.

Waktu Terbaik Untuk Mempersiapkan Biaya Persalinan

Sebagian dari kalian mungkin ada yang mempersiapkannya di trisemester terakhir, ada juga yang mulai mempersiapkannya saat sudah melihat dua strip pada alat tes kehamilan. Namun, waktu terbaiknya adalah sedini mungkin. 

Maksud dari sedini mungkin adalah saat kamu siap untuk melanjutkan ke jenjang lebih jauh seperti pernikahan artinya kamu juga siap untuk membangun keluarga. Pada saat itu juga kamu sudah mulai mempersiapkan mulai dari biaya persalinan, biaya setelah persalinan, biaya anak sekolah hingga biaya biaya lainnya.

Dengan persiapan yang lebih lama tersebut membuat kita dapat memiliki ekstra waktu dan hasil yang lebih optimal sehingga jika memang diharuskan untuk dilakukan operasi yang pastinya akan memakan biaya lebih besar tentu kamu tidak lagi khawatir.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Saat Untuk Perkiraan Biaya Persalinan

Biaya yang perlu diketahui untuk para calon orang tua akan bergantung dari setiap tindakan yang akan dilakukan saat seperti :

  • Apabila dilakukan secara normal sudah pasti biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan SC. Tetapi, penting untuk mengetahui berbagai macam persalinan normal yang harus dijalani karena setiap tempat ataupun rumah sakit memiliki harga yang berbeda-beda. Perbedaan ini juga menyesuaikan dari tindakan yang dilakukan oleh tenaga medis. Seperti contohnya persalinan normal yang spontan akan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan persalinan normal dengan bantuan induksi, ILA, Vacuum dan lainnya.
  • Sedangkan untuk persalinan secara SC tidak memiliki perbedaan yang jauh mengingat proses dan tindakannya tidak jauh berbeda.
  • Pilihan kamar juga dapat mempengaruhi biaya persalinan. Tentu saja banyak orang menginginkan kamar yang nyaman, namun semakin bagus dan semakin nyaman kamar tersebut harganya akan semakin mahal. Oleh karena itu, kamu dapat memastikan dulu harga dari setiap tipe kamarnya.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Sudah Mendapatkan Mengetahui HPL (Hari Perkiraan Lahir)

  • Memanfaatkan Asuransi yang Dimiliki

Dengan adanya asuransi tentu akan sangat membantu sekali dalam proses ini. Saat kamu bekerja di sebuah kantor tentunya akan diberikan asuransi, namun apabila kantor kamu tidak menyediakan asuransi swasta, maka kamu juga dapat memanfaatkan BPJS. selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan asuransi yang dimiliki oleh suami.

Saat sudah memiliki asuransi, pastikan asuransi tersebut sudah mengcover biaya persalinan baik itu dari memastikan berapa plafonnya, persyaratannya dan lainnya. Hal ini penting untuk dipastikan agar kamu dapat memperhitungkan jika akhirnya harus membayar lebih. 

Apabila kamu menggunakan BPJS, maka kamu harus memastikan rumah sakit mana saja yang bekerja sama dengan BPJS untuk persalinan. Jangan lupa juga untuk mengetahui alur surat rujukan yang mesti diperoleh sebelum masuk rumah sakit. 

  • Berhemat

Salah satu hal terpenting saat mempersiapkan biaya persalinan adalah lebih bijak dalam melakukan suatu pembelian. Berhemat dari segala sisi, mulai dari mengurangi biaya pengeluaran bulanan yang sekiranya bukan menjadi prioritas. Seperti contoh, mengurangi biaya makan di luar dengan menggantinya dengan makan di rumah.

Sisihkan dana tersebut untuk ditabung dan digunakan hanya untuk kebutuhan yang sifatnya darurat.

Baca juga: 10 Cara Hidup Hemat Mudah Untuk Diterapkan

  • Membeli Kebutuhan Ibu dan Bayi

Biasanya hal ini yang paling menghabiskan biaya. Wajar, mengingat biasanya orang-orang tentu akan sangat senang dan tidak sabar untuk menunggu kelahiran sehingga akhirnya mempersiapkan segala kebutuhannya. 

Tetapi, ingat pastikan untuk membeli barang atau kebutuhan yang memang benar-benar berguna pada umurnya, karena biasanya banyak membeli kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membuat list apa saja yang ingin dibeli sehingga kita bisa mengkalkulasikan dana yang diperlukan untuk kebutuhan ibu dan bayi.

  • Mempersiapkan Biaya

Mereka yang sudah tidak sabar untuk menunggu kelahiran anaknya, tentu memiliki harapan terbaik untuk ibu dan bayi. Karenanya penting untuk mempersiapkan biaya dengan matang dan penuh persiapan. Banyak hal-hal yang di luar prediksi tanpa kita bisa tahu apa yang terjadi dan akhirnya memunculkan biaya yang tak terduga.

Ada baiknya kamu juga bisa mempersiapkan biaya yang tidak terduga di luar dari biaya persalinan yang juga sudah kamu persiapkan. Jangan sampai masalah keuangan ini malah membuat drop ibu dan akhirnya malah menyulitkan proses persalinannya.

Itulah semua hal yang diperlukan saat mempersiapkan biaya persalinan. Ingat penting juga untuk berkomunikasi satu sama lain agar dapat menyelaraskan keinginannya satu sama lain sehingga semuanya dapat berjalan lebih mudah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]