Perkiraan Biaya Persalinan yang Harus Dipersiapkan

2
487
Perkiraan Biaya Persalinan yang Harus Dipersiapkan

Jika saat ini kamu dan pasangan sedang menantikan kehadiran buah hati atau sedang merencanakannya untuk masa depan, maka sebaiknya kamu mulai mempersiapkan biaya persalinan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Hampir setiap tahunnya biaya persalinan cenderung mengalami kenaikan. Oleh karenanya, penting bagi para calon orang tua untuk mempersiapkan biaya tersebut sedini mungkin. Lalu berapa kira-kira biaya persalinan yang harus disiapkan?

Persalinan Normal

Bagi ibu yang melahirkan secara normal biasanya hanya perlu menghabiskan waktu selama 2-3 hari di klinik atau di rumah sakit. Dengan ini, biaya persalinan bisa ditekan dengan durasi menginap yang terbilang singkat.

Perkiraan biaya bervariasi tentu saja tergantung dari pilihan rumah sakit, kelas kamar, kondisi bayi dan jasa pendamping yang dipilih. Rata-rata perkiraan dana yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 5 juta – Rp 30 juta.

Persalinan Operasi Caesar

Jika bayi lahir melalui tindakan operasi, biasanya sang ibu akan diminta untuk menghabiskan waktu lebih lama di rumah sakit supaya proses pemulihan tubuh pasca operasi bisa dipantau lebih seksama. Biasanya durasi menginap di rumah sakit pasca operasi adalah sekitar 4 hari.

Perkiraan biaya untuk persalinan Caesar juga bervariasi, tergantung pilihan rumah sakit dan kelas kamar. Dana yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 14 juta – Rp 49 juta.

Dalam proses persalinan, kadang diperlukan tindakan ekstra untuk memperlancar keluarnya bayi dari dalam rahim. Beberapa jenis tindakan yang biasa diterapkan:

– Induksi: Cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui infus untuk merangsang percepatan kontraksi pada Rahim. Perkiraan biaya: Rp 1 juta – Rp 3 juta

– ILA (Intrathecal Labour Analgesia): Obat penghilang rasa sakit yang diberikan dengan disuntikkan pada daerah punggung, biasanya diberikan ketika mencapai bukaan 5 ke atas. Perkiraan biaya: Rp 1 juta – Rp 3 juta

Perkiraan biaya persalinan ini biasanya akan mengalami kenaikan sebesar 5-15% per tahun. Jadi, kalau hari perkiraan lahir sang buah hati masih tahun depan, kamu harus melakukan penyesuaian terhadap perkiraan biaya-biaya ini.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

2 COMMENTS

Comments are closed.