Biaya Kualitas : Pengertian, Jenis, Komponen dan Cara Penerapannya

0
3707
Biaya Kualitas

Biaya kualitas alias cost of quality merupakan salah satu komponen pengeluaran yang harus dipersiapkan oleh perusahaan dengan perhitungan yang tepat. Di samping untuk merencanakan efisiensi pengeluaran, biaya ini juga membantu perusahaan untuk mengambil kebijakan manajemen dalam mempertahankan dan mengekspansi bisnis.

Apa Itu Biaya Kualitas?

Biaya kualitas adalah biaya-biaya yang timbul guna menangani kualitas produk yang dihasilkan, baik mempertahankan mutu maupun memperbaiki produk yang cacat atau tidak sesuai standar. 

Biasanya, biaya ini muncul karena adanya produk yang berkualitas buruk atau tidak mampu memenuhi standar mutu konsumen (disebut juga cost of poor quality atau COPQ). Adapun COPQ terjadi karena adanya biaya yang tersembunyi, biaya manajemen, biaya kehilangan aset, kerugian karena kehilangan proyek, dan kehilangan kepercayaan konsumen.

Mengapa Biaya Kualitas Penting Dipersiapkan?

Setiap bisnis mengharapkan keuntungan maksimal. Keuntungan tersebut diperoleh dengan kepuasan konsumen yang mendorong mereka untuk kembali membeli dan bahkan setia menggunakan produk tersebut.

Konsumen pun hanya akan merasa puas apabila kualitas produk yang diharapkan sesuai dengan standar. Apabila perusahaan tidak mampu menghasilkan mutu produk yang sesuai standar maupun berubah-ubah, maka konsumen pun enggan untuk melakukan pembelian (apalagi repurchase). Jika jumlah permintaan jauh lebih sedikit dari ketersediaan barang, tentu perusahaan tak akan mencapai tujuan bisnis yang diharapkan, bukan?

Dalam kata lain, COPQ perlu dipersiapkan untuk memperbaiki dan menjaga kualitas produk serta mengurangi komponen biaya lainnya. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan laba serta memiliki keunggulan untuk mampu bersaing dengan kompetitornya.

Jenis dan Komponen Biaya Kualitas

Biaya kualitas dikelompokkan menjadi tiga kategori, yakni biaya pencegahan, biaya penilaian, dan biaya kegagalan.

Biaya Pencegahan (Prevention Cost)

Seperti namanya, biaya ini digunakan untuk mencegah kesalahan yang mungkin terjadi pada kualitas sebuah produk. Biaya pencegahan dapat pula dinilai sebagai sebuah investasi. 

Meski angkanya mungkin tidaklah kecil, dampak yang dihasilkan cukup signifikan untuk meminimalkan terjadinya ketidaksesuaian kualitas produk. Dalam kata lain, biaya ini dapat menekan risiko pengeluaran yang lebih besar atas perbaikan yang harus dilakukan karena adanya cacat kualitas (meminimalkan perusahaan ‘bekerja atau mengeluarkan uang dua kali’).

Biaya Penilaian (Appraisal Cost)

Jenis biaya ini juga dimaksudkan untuk menekan kemungkinan buruknya kualitas produk. Seperti contoh, pengeluaran yang termasuk dalam komponen ini adalah biaya untuk inspeksi bahan baku, pengujian produk pada proses pembuatan barang jadi, dan sebagainya.

Biaya Kegagalan (Failure Cost)

Kegagalan dalam menghasilkan produk dengan kualitas standar dapat dibedakan menjadi dua jenis, yakni kegagalan internal dan eksternal.

  • Biaya Kegagalan Internal (Internal Failure Cost)

Biaya kegagalan internal terjadi jika ada ketidaksesuaian antara produk yang dihasilkan dengan kualitas yang diharapkan dan terdeteksi sebelum produk tersebut dikirim ke pihak luar (konsumen). 

  • Biaya Kegagalan Eksternal (External Failure Cost)

Biaya kegagalan eksternal terjadi ketika ketidaksesuaian antara kualitas produk yang dihasilkan dan diharapkan baru diketahui setelah produk tersebut berada di tangan konsumen. Ini adalah risiko yang paling besar dan membahayakan karena dapat menurunkan citra dan kredibilitas perusahaan sehingga berpotensi menurunkan pangsa pasar.

Baca juga: Apa Itu Biaya Overhead dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Contoh Penerapan 

Untuk memudahkan pemahaman, berikut adalah beberapa contoh penerapan biaya untuk menjaga dan memperbaiki kualitas produk.

Contoh Biaya Pencegahan

  • Pelatihan Tenaga Kerja

Sumber daya manusia yang berkualitas adalah kunci utama keberhasilan produk dengan kualitas yang bagus. Oleh sebab itu, perusahaan perlu memilih tenaga kerja yang mumpuni dan mendukung pemberian pelatihan untuk meningkatkan skill yang dimiliki tenaga kerja.

  • Riset Pasar

Sebuah produk harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen agar dapat diterima. Oleh sebab itu, riset pasar harus dilakukan guna mengetahui apa yang benar-benar menjadi keperluan dan keinginan pasar.

Contoh Biaya Penilaian

  • Audit Kualitas Produk

Sebelum dipasarkan, sebuah produk perlu melalui tahap pengujian kualitas. Audit bisa dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa dipasarkan.

  • Pemeliharaan Akurasi Peralatan

Kalibrasi peralatan pengujian juga perlu dilakukan sebagai salah satu tool untuk menentukan hasil kualitas produk. 

Contoh Biaya Kegagalan

  • Scrap

Scrap merupakan biaya untuk tenaga kerja, material, maupun overhead pada produk yang telah cacat secara ekonomis dan tidak dapat diperbaiki lagi. Scrap termasuk dalam jenis biaya kegagalan internal.

  • Jaminan

Biaya ini dikeluarkan untuk memperbaiki atau mengganti (baik sebagian maupun sepenuhnya) produk yang masih berada dalam jaminan garansi. Biaya jaminan merupakan jenis biaya kegagalan eksternal.

Biaya kualitas merupakan seluruh biaya yang perlu dipersiapkan dan dikeluarkan sebuah perusahaan untuk menjaga maupun memperbaiki kualitas produknya. Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh keuntungan maksimal dan mencapai tujuan bisnisnya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]